Indahnya Sunrise di Pantai Bolu Bolu

Malang tidak hanya terkenal dengan wisata buatannya atau gunung bromo. Malang ternyata juga mempunyai pantai yang  tak kalah indah dengan pantai pantai di Indonesia lainnya. Salah satu pantai yang masih belum terkenal di malang tapi memiliki keindahan yang menarik adalah Pantai Bolu Bolu. Pantai ini adalah salah satu alternative bagi anda yang sudah bosan dengan pantai balekambang, goa cina, atau kondang merak.
Pantai yang terletak di desa purwodadi, kecamatan tirtoyudo, kabupaten malang ini mempunyai pesona alam yang begitu indah. Pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih menjadi daya tarik pantai ini. Akan tetapi daya tarik utama pantai ini adalah terbitnya sang surya di pagi hari. Cahaya sunrise dapat dilihat dari bukit sunrise yang tidak jauh dari bibir Pantai Bolu Bolu. Momen seperti ini sangat sayang jika tidak di abadikan.
Selain itu pengunjung juga bisa snorkeling menikmati keindahan bawah laut Pantai Bolu Bolu, Terumbu karang dan biota laut yang menghiasi keinahan bawah laut pantai ini siap memanjakan mata anda. Sudah banyak wisatawan yang kagum dengan pantai ini, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara, biasanya wisatawan mancanegara melakukan kamping disini untuk melihat menikmati sunrise di Pantai Bolu Bolu.
Untuk menuju Pantai Bolu Bolu cukup sulit, karena jalannya yang berbelok belok dan sisi samping jalan ada jurang yang sangat curam serta tanjakan dan turunan yang tajam. kabar baiknya adalah kondisi jalannya sudah di aspal meskipun jalannya sempit. Selain itu adanya petunjuk jalan yang memudahkan pengunjung untuk sampai ke lokasi. Pantai Bolu Bolu masih satu kawasan dengan pantai lenggoksono jadi petunjuk arahnya mengikuti pantai lenggoksono.
Setelah sampai di pantai lenggoksono pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang. Pengunjung masih akan menempuh perjalanan sepanjang 5 kilo perjalanan darat yang sangat sulit. Melewati jalan yang disampingnya tebing curam dan sempit yang masih bisa dilewati oleh sepeda motor .  tetapi harus hati hati karena disamping jalan ada tebing yang curam.
Selain jalur darat anda juga bisa jalur alternative lain dengan menyewa perahu setempat.  Harga untuk menyewa perahu sekitar Rp 350.000. perahu ini bisa mengangkut sebanyak 8 – 10 orang. 
Selain ke Pantai Bolu Bolu, perahu bisa mengantarkan anda ke destinasi lain seperti teluk kletekan, air terjun banyu anjlok, dll. Perjalanan menuju Pantai Bolu Bolu jika anda menaiki perahu tidak terlalu lama, sekitar 15 menitan.
Satu pesan dari saya buat anda yang suka travelling ke mana saja. Agar keindahan wisata alam kita tetap terjaga dan bersih.
“do not leave anything but footprint!!
do not take anything but picture!!”

photos by @novrisha instagram

Indahnya Sunrise di Pantai Bolu Bolu | sirot | 4.5