Serunya Jalan Jalan ke Sukamade Banyuwangi

Memliki pantai yang indah dan masih asri, membuat banyuwangi didatangi oleh berbagai jenis penyu dan menjadi rumah bagi hewan bercangkang yang satu ini. Hampir setiap tahun penyu mendarat di bumi blambangan untuk bertelur. Bahkan di pantai yang ramai pun, penyu tidak segan bertelur disana seperti di pantai boom. Jarang jarang ada penyu yang mau bertelur di selat bali yang mempunyai arus ombak yang besar. Akan tetapi istana penyu sebenarnya berada di pantai sukamade. Dipantai iniliah penyu pelihara dan dilestarikan.
Pantai sukamade berada di Taman Nasional Meru Beriti dan menjadi salah satu triangle diamond. Setelah kawah ijen dan Pantai pelengkung. Jarak antara Banyuwangi Kota menuju pantai sukamade sangatlah jauh, sekitar 100 kilometer. Dan menghabiskan waktu sekitar 5 jam perjalanan.
Berada di Taman Nasional Meru Beriti membuat pantai sukamade satu kawasan dengan pantai rajegwesi, dan Teluk hijau. Anda bisa berkunjung ke pantai tersebut dahulu sebelum menuju ke sukamade. Yang Pertama adalah pantai rajegwesi yang merupakan dermaga bagi para nelayan untuk mengantarkan wisatawan ke teluk hijau. Dan yang ke dua adalah teluk hijau, surga  tersembunyi di banyuwangi, dengan warna air lautnya yang kehijauan.
Akses menuju Sukamade tidaklah mudah. sebaiknya jika anda kesana, gunakanlah kendaraan model offroad. Seperti mobil jeep. Jalan mulai rusak setelah anda melewati perkebunan. Jalur yang berlumpur dan bebatuan membuat adrenalin anda terpacu.
Jalanan berliku dan menanjak, bebatuan yang besar, serta tanah yang menjadi lumpur sengaja dibiarkan alami agar tidak mempermudah akses pencuri telur penyu. Dan agar pengunjung merasakan perjalanan yang mengasikkan. Anda akan melewati jalan seperti itu hampir 30 kilometer. Dan yang paling menegangkan adalah di 10 kilometer mendekati sukamade. Karena pengunjung akan melewati sungai yang kedalamannya 40 cm.
Setelah sampai di sukamade anda bisa beristirahat sejenak dan menikmati fasilitas yang ada di sukamade. Seperti cottage, camping ground,Shelter, jalan trail wisata, information centre, laboratorium dan pondok kerja. Anda harus menunggu hingga malam hari untuk melihat penyu bertelur. Ketika ingin melihat penyu bertelur pastikan tidak ada sorotan cahaya lampu, karena penyu akan menghindar melihat sorotan lampu.
Di pantai ini anda bisa melihat 4 jenis penyu dari 6 jenis penyu yang ada di Indonesia. Diantarantya adalah penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau dan penyu slengkrah. Penyu hijau merupakan penyu yang sering mendarat disini. Selain penyu, disini juga terdapat hewan hewan lain seperti harimau jawa, kijang, merak, macan tutul dan monyet. Sedangkan floranya ada Rafflesia zollingeriona dan Balanphora fungosa.

Puas dengan melihat penyu bertelur, anda bisa menikmati wisata lain yang ada di sukamade yaitu hutan mangrove, di hutan mangrove terdapat sungai yang bisa dipakai untuk mengamati berbagai jenis burung. Seperti elang laut, dara laut, burung rook-roko dan masih banyak burung yang bisa anda amati.
Serunya Jalan Jalan ke Sukamade Banyuwangi | Masgala | 4.5