7 Masjid di Indonesia yang Memiliki Misteri Keajaiban

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Tempat suci ini tersebar di seluruh penjuru tanah air dengan masing masing ciri khasnya yang berbeda beda. Selain arsitektiurnya yang menarik, ternyata ada kisah kisah yang tak biasa dibalik megahnya bangunan masjid ini. kisah kisah unik yang berkaitan dengan dunia supranaturalpun konon diyakini oleh masyarakat sekitar masjid. Inilah 7 masjid terunik di Indonesia

Masjid Tiban (Malang)

Yang pertama adalah masjid tiban yang berada di kota malang jawa timur. Selain megah dan berarsitektur unik , konon masjid ini di bangun oleh tentara jin dalam waktu satu malam. Masjid tiban berada di komplek pondok pesantren di turen malang jawa timur. Masjid ini dinamakan masjid tiban karena katanya muncul secara tiba tiba. Pada tahun 2008 masjid ini sempat heboh di kalangan warga dan wisatawan . saat itu tersiar kabar bahwa masjid tiban di bangun oleh tentara jin hanya dalam satu malam.

Namun anggapan ini dibantah oleh pihak pesantren. Para santri dan jamaah lah yang membangun masjid tersebut sedikit demi sedikit. Masjid ini mulai dibangun pada 1991 dengan 9 lantai complete dengan toko souvenir, makanan ringan, dan area satwa. Namun, meski demikian masih ada beberapa orang yang meyakini bahwa masjid tiban merupakan masjid supranatural.

Masjid Wapauwe (Maluku)

Dibagian timur Indonesia berdiri masjid tua yang bernama masjid wapauwe. Selain memiliki nilai sejarah, masjid ini juga diliputi keajaiban. Masjid ini juga merupakan masjid tertua di Maluku karena sudah ada sejak tahun 1414 masehi. Masjid wapauwe adalah satu satunya masjid yang dibangun dari pelepah sagu dan bertahan beradad abad.

Uniknya masjid wapauwe konon pernah pindah tempat sendiri. Awalnnya masjid ini bernama masjid wawane karena dibangun di lereng gunung wawane pernada jamilu yang merupakan keturunan kesultanan islam jailolo dari Maluku utara. Ketika belanda berkuasa, masyarakat pun memindahkan masjid ke kampung tehala yang berjarak 6 KM dari wawane .

Ada kisah magis yang beredar di kalangan masyarakat, Konon masjid wapauwe pernah pindah sendiri . saat itu masjid berada di dataran taehala, namun pada suatu pagi ketika masyarakat bangun dari tidurnya. Masjid secara ghaib telah berada di tengah tengah pemukiman penduduk di tanah taeon samaia. Lengkap dengan segala kelengkapannya.

Masjid yang awalnya bernama wawane ini kemudian berganti nama menjadi wapauwe yang berarti didirikan di bawah pohon mangga berabu. Uniknya lagi jika daun di sekitar tempat tersebut gugur, secara ajaib tak satupun yang jatuh diatasnya. Saat kerusuhan di ambon meletus di tahun 1999. Banyak bangunan hancur karena konflik agama tersebut. Sementara itu masjid wapauwe tetap beridiri kokoh tanpa gangguan sama sekali.

Masjid Agung (Cirebon)

Satu lagi masjid yang konon dibangun dalam waktu satu malam. Masjid yang berada di kota Cirebon ini bernama masjid agung sang cipta rasa. Masjid ini terletak tak jauh dari keraton kesepuhan Cirebon. Sejarah mencatat masjid ini dibangun pada tahun 1489. Masjid agung ini dibangun tanpa menara, beratap limas, dan tanpa hiasan di ujungnya.

Konon dahulu masjid ini memiliki hiasan atap. Namun hiasan diatap masjid yang dikenal dengan nama masjid agung kesepuhan ini berpindah ke atap masjid agung banten yang sekarang memiliki dua kubah. Karena cerita tersebut sampai sekarang setiap sholat jumat di masjid agung cipta rasa di gelar adzan pitu. Yakni adzan yang dilakukan secara bersamaan oleh 7 orang muadzin berseragam serba putih.

Yang paling menakjubkan dari masjid ini adalah kisah pembangunannya yang hanya memakan waktu satu malam. Sunan kali jaga yang menjadi arsiteknya konon memimpin pembangunan masjid sejak maghrib sampai subuh datang menjelang.

Masjid Al Muhajirin (Sulawesi Selatan)

Sekilas bangunan masjid yang berada di ujung desa lero kecamatan supa kabupaten pinrang Sulawesi selatan ini Nampak biasa saja. Namun masjid yang bernama masjid al- muhadjirin ini memiliki beberapa keunikan . rangka bangunan masjid yang memiliki luas 50 x 40 meter ini tak sedikitpun menggunakan besi. Masjid ini hanya menggunakan batu bata, karang, batu , dan semen.

Namun anehnya, masjid al muhadjirin justru selamat dari goncangan gempa hebat yang pernah terjadi di tahun 1970 an silam. Terpaan gempa dahsyat tak sedikitpun mengurangi kokohnya bangunan yang kini memasuki usia 57 tahun. Padahal beberapa orang pernah memprediksi bangunan masjid ini akan segera runtuh. Karena rangkanya tak menggunakan besi.

Masjid yang telah berdiri sejak tahun 1957 ini dibangun oleh kiai haji hasan alwi selama 8 tahun bersama warga setempat.

Masjid Gantarang (Sulawesi Selatan)

Di dusun gantaran pulau selayar Sulawesi selatan ada masjid tua yang sangat unik. Masjid yang dibangun pada abad 16 masehi ini memiliki tiang kayu yang konon terbuat dari batang pohon cabe raksasa yang dipercaya memiliki khasiat. Masjid tua gantarang lalang merupakan masjid tertua di semenanjung provinsi Sulawesi selatan. Masjid ini dipercaya sebagai masjid yang menjadi cikal bakal penyebaran islam di kepulauan selayar pada abad ke 16 silam.

Di dalam masjid yang pernah di renovasi pada tahun 1990 ini terdapat sebuah tiang yang unik karena menggantung di tengah tengah masjid. Tiang ini dipercaya berasal dari batang pohon cabe yang memiliki khasiat . untuk mendapatkan khasiat dari batang pohon kayu ini pengunjung diharuskan mengambil serpihan batang kayu dengan cara menggigitnya. Namun doa tetap dipanjatkan ke tuhan yang maha kuasa.

Keunikan lainnya adalah ketika sholat jumat. Khotib yang berkhotbah selalu membacakan naskah yang panjang mencapai 1,5 meter. sang khotib juga membawa serta sebuah pedang tua yang merupakan peninggalan seorang penyebar islam di Sulawesi selatan. Yaitu datok rebandang.

Masjid Jami’ Baitul Arsyi (Banten)

Masjid jami’ baitul arsyi ang terletak di kampung pasir angin, banten merupakan masjid kuno yang semua bangunannya terbuat dari kayu. Konon meskipun telah berdiri selama berates ratus tahun. Namun masjid ini tidak lapuk dan tak sedikitpun dimakan rayap. Masjid yang ada di kaki gunung karang ini konon juga tidak bisa direnovasi . melalui sholat istikhoroh, bangunan masjid baru bisa disambung dengan masjid baru tanpa merubah bangunan masjid yang lama.

Bangunan masjid tua ini kini berada tepat di belakang masjid baru. Dari beberapa sumber yang diperoleh, masjid yang dibangun menggunakan kayu hutan ini didirikan pada tahun 1600an oleh kesultanan banten. Masjid jami’ baitul arsyi dahulu juga digunakan sebagai tempat persembunyian warga dari serangan belanda. Beberapa bagian dinding masih berlubang yang diperkirakan merupakan bekas peluru senjata belanda.

Masjid Agung Keraton Buton

Dan yang terakhir adalah masjid agung keraton buton di Sulawesi tenggara. Masjid peninggalan kerajaan islam buton ini konon memiliki lubang yang langsung menuju mekkah. Masjid yang terletak di kota bau bau pulau buton ini juga disebut sebut sebagai masjid tertua di Sulawesi tenggara. Masjid yang juga dikenal dengan masjid agung waliyo ini memiliki arsitektur yang sederhana namun didalamnya terdapat pusena atau pusat bumi yang konon kisahnya sering terdengar suara adzan dari mekkah arab Saudi. 
Pusena ini memiliki lubang yang berada tepat di belakang mihrom. Masyarakat sekitar mempercayai kalau bekas kompleks kesultanan buton ini berada di atas pusat bumi. Lubang yang berada di dalam masjid ini pun diyakini sebagai goa bawah tanah yang bisa langsung menuju ke mekkah . selain dikenal sebagai pintu ke mekkah. Lubang tersebut juga memiliki mitos lainnya. Konon jika melongok ke lubang pusena kita bisa melihat orang tua atau kerabat yang sudah lebih dahulu menghadap sang khalik.
7 Masjid di Indonesia yang Memiliki Misteri Keajaiban | sirot | 4.5