Aneka Olahan Kulit Indonesia yang Mendunia Bagian 1

Keberadaan hewan yang bisa dikonsumsi, kini telah menjadi bahan makanan pokok dan menjadi sumber gizi bagi tubuh kita. Kita bisa memanfaatkan daging, tulang, sampai kulit dari hewan untuk kita konsumsi sebagai sumber energy untuk tubuh kita. Selama ini kita hanya memanfaatkan daging atau tulangnya saja. Banyak bagian bagian hewan yang terbuang dan menjadi limbah tak berguna, salah satunya kulit sapi. padahal kulit sapi dapat kita manfaatkan sebagai makanan bahkan anda bisa menyulap kulit sapi menjadi aneka kuliner yang lezat. Apa saja olahan kulit sapi yang bisa kita nikmati? Berikut ini aneka olahan kulit sapi yang bisa kita buat.

Kerupuk Kulit

Yang pertama adalah kerupuk kulit, beberapa daerah menyebut olahan ini rambak atau jange. Kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Karena telah diolah dan diberi bumbu rempah dan penambah rasa.

Kerupuk yang satu ini telah menjadi primadona yang tidak dapat dipisahkan dari makan siang hingga makan malam. Selain gurih kerupuk ini dapat menambah gairah selera makan anda. Apalagi setelah mendengar suara kriuknya saat menggigit kerupuk ini. ada juga yang memakan kerupuk ini sebagai cemilan ditemani sambel petis atau sambel kecap. Sensasi pedas manisnya menambah kekayaan rasa kerupuk ini.

Namun dibalik cita rasa yang gurih itu ternyata pengolahan kerupuk kulit ini cukup membutuhkan kesabaran. Karena bahan baku kulit sapi atau kerbau ini perlu dicuci berkali kali agar baunya hilang dan direbus hingga berjam jam lamanya. Setelah mengalami proses perebusan, kulit sapi atau kerbau ini di jemur 3 hari lamanya. Setelah benar benar kering, kerupuk digoreng hingga renyah.

Krecek

Yang selanjutnya adalah sayur krecek. Krecek adalah masakan yang bumbu bumbunya sama dengan bumbu sambal goreng. Bumbunya yang kuah cukup banyak . kuliner ini dapat kita temukan di jawa tengah dan biasa dikenal dengan goreng tempe dan campuran kerupuk kulit. Kerecek yang digunakan hampir sama dengan kerupuk kulit yang sering dijadikan cemilan dirumah. Hanya saja krecek teksturnya lebih keras dan renyah. Dimaksudkan saat dimasak nanti kerupuk ini tidak hancur. Sambel goreng krecek ini sangat gurih dengan kuah santan dan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan gudeg jogja atau sambel tumpah.

Sop Kikil

Selanjutnya ada sayur berkuah yang nikmat disantap saat musim penghujan tiba , yaa sop kikil. Tau kikil kan? Kikil adalah kulit pada kaki sapi atau kerbau. Kikil bertekstur Kenyal dan berwarna putih dan kekuningan. Sop kikil adalah makanan khas jawa timur. sama dengan sop pada umumnya, Namun sop ini berbahan dasar kikil yang menjadi ciri khas. Rasa kulit kikil akan bercampur dengan hangatnya kaldu sapi.

Anda tak perlu datang jauh jauh ke jawa timur untuk bisa menikmati sop kikil jika anda sendiri bisa membuatnya. Berikut ini cara membuat sop kikil. Pertama siapkan kikil yang telah dicuci bersih dan kemudian rebus kikil dengan daun salam, lengkuas, jahe, serai, dan garam hingga matang. Bila sudah matang, angkat kikil, potong potong dan buang airnya. Kemudian tumis bumbu halus dan serai sampai harum, tambahkan kikil dan aduk rata. Masukkan air, garam, gula pasir dan masak sampai matang. Sebelum diangkat tambahkan daun bawang untuk menambah sensasi harum pada sop kikil dan aduk rata. Akhirnya sop kikil pun siap disantap.

Gulai Kikil

Olahan yang terakhir adalah gulai kikil. Gulai kikil adalah kuliner bersantan dan banyak kita temukan di daerah Sumatra barat. Selain memiliki rasa yang gurih, gulai kikil juga memiliki rasa yang agak sedikit pedas. ini akan menambah selera makan kita. Untuk menikmati gulai kikil ini , anda pun tidak perlu pergi jauh jauh karena anda bisa langsung mencobanya.

Caranya pun tak kalah mudah, anda hanya perlu menyiapkan kikil yang telah direbus air hingga empuk . angkat kemudian tiriskan. Potong kikil dengan sesuai selera dan sisihkan. Campur santan dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, putih, kemiri, lengkuas, ketumbar dan daun salam. Jangan lupa tambahkan daun serai dan daun jeruk . masak kuah hingga mendidih dan masukkan kikil kedalam kuah yang telah direbus tadi.

Hanya memerlukan api kecil untuk memasak gulai kikil ini sampai santan mengental. Dan bila sudah mengeluarkan minyak, angkat gulai kikil dan gulai kikil anda siap disajikan . gulai kikil ini enak disantap dengan sepiring nasi hangat dan jangan lupa ditemani daun singkong rebus serta sambel hijau.

Ternyata kulit sapi, kerbau atau domba itu bisa juga diolah menjadi sesuatu yang menarik. Sifat kulit yang lentur, tahan lama serta bertekstur lembut ini memang bisa dijadikan aksesoris manusia. Jika dirawat dengan baik. Aksesoris ini bisa bertahan cukup lama .

Jaket Kulit

Salah satu aksesoris yang terbuat dari kulit adalah jaket kulit. Jaket adalah baju luar yang panjangnya hingga pinggang atau pinggul dan berguna untuk menahan angin, terlebih untuk musim hujan. Jaket biasanya dibuat dari kain tebal sering diberi bahan pelapis dan penghangat dibagian dalam. Seperti bulu bulu halus burung atau bulu angsa. Tidak seperti kemeja atau blues. Jaket tidak di buat untuk langsung bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu jaket tidak perlu dicuci atau sering dicuci. Sebagian jaket juga tidak boleh dicuci dengan sembarangan.

Bahan dasar jaket kulit terbuat dari kulit binatang. Yang paling populer digunakan adalah kulit domba, sapi, unta, dan kerbau. Sebelum dibuat jaket terlebih dahulu kulit harus melalui proses pengolahan. Salah satunya disamak dengan memberi beberapa zat kimia. Penyamakan ini berfungsi untuk menghilangkan lemak serta beberapa bagian kulit yang tidak berguna. Dalam proses penyamakan ini kulit juga bisa diberi warna sesuai dengan kebutuhan.

Sepatu Kulit

Dari tahun ketahun dunia fashion terus berkembang. Tidak hanya fashion, sepatu kulit juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dikarenakan butuh anakan beralaskan kaki berbahan kulit untuk menjadi sebuah prioritas kaum adam dan hawa. Sepatu berbahan kulit sepertinya menjadi koleksi yang harus dimiliki oleh para eksekutif muda. Model yang klasik dan elegan, menjadi ciri khas sepatu berbahan kulit.

Dahulu menggunakan sepatu berbahan kulit hanya populer dikalangan dewasa. Namun kini remaja hingga eksekutif muda pun tertarik menggunakan sepatu ini. sepatu berbahan kulit selain nyaman dipakai, bahannya yang alami tergolong awet. Oleh karena itu, sepatu berbahan kulit tidak pernah mati bahkan mengalami perkembangan yang cukup baik. Ada beberapa daerah nusantara yang menjadi sentra produksi sepatu kulit. Diantaranya kabupaten magetan, sidoarjo, dan cibaduyut di bandung. Sampai saat ini, daerah ini masih menghasilkan sepatu kulit terbaik.

Aneka Olahan Kulit Indonesia yang Mendunia Bagian 1 | Masgala | 4.5