Pesona Keindahan Pantai Klayar Pacitan yang Eksotis

Pantai Klayar adalah sebuah pantai yang memiliki banyak keindahan alam yang menakjubkan. disini anda bisa melihat fenomena alam yang mempesona. Seperti batu karang raksasa yang menyerupai Sphinx, air mancur alami setinggi 10 meter, hamparan pasir putih, serta bebatuan yang berbentuk unik hingga seruling laut. 

Warna air laut di Pantai Klayar masih jernih dan ombaknya cukup besar. Bahkan ada mahasiswa yang sempat meninggal karena tenggelam di Pantai Klayar. Para pengunjung yang ingin menikmati deburan ombak dan berenang di Pantai Klayar harus diharapkan berhati hati. Selain bisa bermain di hamparan pasir putih dan deburan ombak. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan Pantai Klayar yang indah dari atas bukit gardu pandang.

Secara geografis, Pantai Klayar pacitan terletak di Kecamatan Donorejo. Lebih tepatnya di desa kalak, kabupaten pacitan. Jika dari pusat kota berjarak 40 KM kearah barat dan memakan waktu satu jam perjalanan. Pantai ini juga masih segaris dengan pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata terlebih dahulu.

Meskipun Pantai Klayar masih sepi pengunjung namun pantai ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat jawa timur. Pantainya yang menawan sangat cocok untuk dimasukkan kedalam daftar liburan anda.

Akses menuju Pantai Klayar tidaklah mudah. Akan ada beberapa tantangan yang akan anda lewati. Tantangan ini sangat cocok bagi pecinta off road. Karena jalan yang harus dilewati cukup sempit dan ada yang belum di aspal. Di jalan yang beraspal pun masih ada yang rusak di beberapa bagian. Selain itu anda juga akan melewati jalan yang berbelok tajam dengan tanjakan dan turunan yang ekstrem. Selama perjalanan anda akan ditemani dengan keindahan pemandangan bukit dan lembah yang hijau .

Pantai Klayar tergolong masih sepi. Jika di hari hari biasa anda hanya akan menemui nelayan lokal yang sedang melakukan aktivitas menangkap ikan. Namun jika libur telah tiba, pantai ini akan ramai dipadati wisatawan lokal maupun mancanegara. Paling ramai pada saat lebaran.

Setibanya di pantai pacitan anda akan melihat 2 batu karang yang besar di sisi timur pantai. Batu karang inilah yang menjadi ikon Pantai Klayar pacitan. Di bagian belakang ada karang lain yang bolong karena sering di terjang oleh ombak laut selatan yang besar. Masih disisi timur. Anda akan menemukan air mancur alami yang berasal dari lubang batu karang tersebut. Ketinggian air mancur alami ini mencapai 10 Meter. Selain itu, air mancur ini juga dapat mengeluarkan suara seperti siulan sehingga disebut sebagai seruling laut. Masyarakat setempat juga percaya bahwa air yang dikeluarkan batu karang tersebut bisa membuat awet muda. Tergantung dari keyakinan anda masing masing.

Di waktu senja tiba, cahaya sunset yang menyinari Pantai Klayar begitu menakjubkan.
Untuk menuju lokasi anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Karena masih belum ada angkutan umum yang mengantarkan sampai ke Pantai Klayar. Jika anda dari Yogyakarta rute yang akan anda lewati adalah Yogyakarta-Wonosari-Wonogiri-Pacitan dengan jarak 110 KM dan memakan waktu 3 jam perjalanan.

Jika anda dari solo rute yang akan anda lewati adalah Kecamatan Pracimantoro – pertigaan giribelah belok kanan – perempatan kalak. Dari situ anda cuma membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke Pantai Klayar

Harga tiket masuk ke Pantai Klayar Cuma Rp 2 ribu belum termasuk dengan biaya parkir. Disini sudah banyak warung yang menyediakan makanan seperti pop mie, bakso, soto dll. Jika anda ingin menginap disini juga sudah ada penginapan berupa homestay dengan biaya Rp 100 ribu per kamar.

Pesona Keindahan Pantai Klayar Pacitan yang Eksotis | sirot | 4.5