5 Manfaat Buah Nangka Bagi Tubuh

Nangka adalah nama sejenis pohon sekaligus buahnya. pohon nangka umumnya berukuran sedang sampai sekitar 20 M tingginya. Walaupun terkadang ada yang mencapai 30 M. batang bulat silindris sampai berdiameter sekitar 1 meter tajuknya padat dan lebat kemudian melebar dan membulat apabila berada di tempat terbuka.

Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai. Buah nangka adalah buah berdaging serat dan memiliki bau dan rasa yang khas. Buah ini umumnya dikonsumsi di beberapa Negara asia seperti Indonesia, sri lanka, dan Bangladesh. Daging buah nangka memiliki zat tepung dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Karena dalam buah nangka terkandung vitamin A,C ,diamin, kalium, kalsium, zat besi, miasin dan seng.

Mengurangi Resiko Sakit Jantung

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita yang pertama adalah mengurangi resiko sakit jantung. Serangan jantung adalah terhentinya aliran darah meskipun hanya sesaat menuju jantung dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Penyakit ini sangat ditakuti oleh manusia di seluruh dunia, apalagi bagi mereka yang gemar merokok, mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi, kurang bergerak, malas berolahraga , stress, dan kurang istirahat.

Formula dalam buah nangka yang sangat berkhasiat untuk mengobati atau menghindari penyakit ini adalah kalium. Kandungan kalium dalam buah nangka diketahui mampu mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Buah nangka juga rendah sodium sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

Selain itu kandungan vitamin B kompleks dalam buah ini terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Sehingga resiko penyakit karena kolesterol seperti stroke, jantung coroner serta diabetes dapat diturunkan.

Mencegah Anemia

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah anemia. Anemia adalah keadaan tubuh yang melemah saat sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal. Nangka mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi atau sebanding dengan sayuran hijau lainnya. Kandungan zat besi tersebut secara effective dapat menaikkan kadar sel darah merah didalam tubuh.

Mengingat sel darah merah sangatlah penting, karena bila kita kekurangan sel darah ini gejala awal yang terjadi adalah kepala kita sering pusing dan tubuh kita menjadi mudah lelah. Dan itu merupakan salah satu gejala dari penyakit anemia.

Melindungi Teroid Sehat

Manfaat berikutnya adalah melindungi tiroid tetap sehat. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher sedikit dibawah laring. Kelenjar ini berfungsi sebagai mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energy, membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormone lainnya.

Mineral mikro dan temabaga dalam nangka juga effective untuk metabolism tiroid, hal ini sangat baik untuk memproduksi hormone dan penyerapan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Tulang atau kerangka adalah penopang tubuh. Tanpa tulang pasti tubuh kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan dan terus bertumbuh dan berlangsung terus sampai decade ke dua dalam susunan yang teratur.

Dan buah nangka juga mengandung sejumlah kalsium yang baik yang membantu memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang. Buah nangka juga mengandung kalium yang membantu mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal. Dengan kandungan yang demikian bagusnya bagi anda yang menderita gangguan tulang seperti osteoporosis tentu dapat menambahkan buah nangka kedalam menu harian anda.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah memperkuat system kekebalan tubuh. System kekebalan adalah system pertahanan manusia terhadap infeksi makro molecular atau serangan organisme seperti virus, bakteri, protozoa dan parasite. System kekebalan tubuh kita juga berperan sebagai perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada alto imunitas dan melawan sel yang terarberasi menjadi tumor.

Agar system kekebalan tubuh atau imun kita tidak menurun kita memerlukan asupan gizi khususnya buah nangka . buah nangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik sebagai anti virus dan anti bakteri. vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsinya. Karena system kekebalan tubuh yang sehat dapat melindungi anda dari penyakit dan infeksi.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita. Pola tubuh yang tak sehat dan jarang olahraga menjadi salah satu pemicu timbulnya berbagai penyakit. Jangan jadikan buah nangka sebagai solusi disaat terkena penyakit yang kami sebutkan tadi. Tetapi tetaplah membiasakan diri hidup sehat lewat pemilihan makanan yang bergizi dab berolahraga secara teratur. Semoga informasi tentang buah nangka ini dapat menambah wawasan anda mengenai pentingnya mengkonsumsi buah bagi kesehatan tubuh kita.

QUOTES :

“Segala Sesuatu yang baik akan keluar dari buah buahan yang masih orisinal .” –John Stuart Mill, filsuf –

5 Manfaat Buah Nangka Bagi Tubuh | sirot | 4.5