Filosofi Kopi

Bagi sebagian besar masyarakat indonesia maupun dunia, kopi sudah seperti menjadi teman hidup. Melewati hari tanpa menyeruput kopi rasanya seperti ada yang kurang. Urusan minum kopi juga merupakan hal yang sangat personal dimana masing masing orang memiliki kesukaan kopi sendiri. Ada yang suka kopi asli tanpa campuran susu atau kremer, dan ada juga yang sebaliknya.

Biji kopi sebagai minuman yang berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa eteupia sekitar 3000 tahun yang lalu. Atau 1000 tahun sebelum masehi. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini dan menjadi salah satu minuman populer di dunia. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi 400 ribu ton kopi per tahunnya yang kemudian di ekspor ke berbegai penjuru dunia.


Jenis Jenis Kopi

Yang pertama adalah Kopi Arabica yang merupakan jenis kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Tidak heran jika kopi yang biasa tumbuh di daerah sejuk dan dingin ini menguasai pasar kopi dunia yakni 70 % dari jumlah kopi yang beredar di pasaran. Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini. Arabica sendiri berasal dari etiopia dan sekarang sudah di budidayakan di berbagai penjuru dunia. Mulai dari amerika latin, afrika tengah, afrika timur, india serta Indonesia.

Arabika memiliki ciri ciri biji kopi yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Selain itu kopi arabika memiliki rasa dan aroma yang lebih nikmat, serta kandungan kafeinnya lebih rendah sehingga baik untuk dikonsumsi. Karena banyak memiliki keunggulan harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600 sampai 2000 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 3 meter bila kondisi lingkungannya baik, dimana suhu optimalnya sekitar 18 sampai 26 derajat celcius. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna merah gelap.

Kemudian jenis Kopi Robusta yang pertama kali ditemukan di kongo pada tahun 1898. Memiliki ukuran biji yang besar dan umumnya berbentuk besar. Robusta, dapat tumbuh di lingkungan sejuk maupun di lingkungan yang tergolong panas. Dimana jenis kopi arabika tidak dapat tumbuh. Kopi yang biasa tumbuh di Negara Negara beriklim tropis dan sub tropis ini memang tidak memiliki aroma dan rasa sebaik kopi arabika. Rasanya juga lebih pahit dan sedikit asam serta kandungan kafeinnya pun lebih tinggi. Jadi wajar saja kalau kopi ini dipatok dengan harga yang lebih murah.

Robusta berkembang biak di ketinggian 800 mdpl yang banyak ditemukan di afrika barat, tengah, asia tenggara serta amerika selatan.

Selanjutnya adalah Kopi Liberika, jenis kopi yang satu ini memang belum terlalu banyak beredar di pasaran dunia karena memang sangat sedikit produsen kopi yang mengembangkannya. Liberika memiliki ciri ciri biji kopi yang ukurannya lebih besar dengan kopi arabika dan robusta. Kopi yang berasal dari afrika barat tepatnya Liberia ini dapat tumbuh hingga 9 meter dan biasanya berkembang di dataran rendah dengan kualitas biji yang relative rendah.

Namun kopi liberika sempat berkembang di Indonesia dan masuk pada abad ke 19 sebagai pengganti kopi arabika yang terserang hama penyakit.

Teknik Menyeduh Kopi

Menyeduh kopi dapat dilakukan dengan berbagai cara, selain di seduh langsung ala kopi tubruk kopi bisa disajikan dengan berbagai macam teknik dan peralatan. Yang pertama adalah metode kopi tetes atau (Drip Method) yang sampai saat ini merupakan cara membuat kopi yang paling populer karena kesederhanaan dan efisiensinya. Untuk membuatnya, tuangkan air ke kopi bubuk yang diletakkan diatas kertas aring menuju bejana kopi. Untuk menyeduhnya panaskan bejana kopi tersebut dan kopi siap disajikan.

Berikutnya adalah method (French press), metode kedua ini mengekstrak paling banyak cita rasa terbanyak yang terdapat didalam kopi bubuk. Harga alatnya pun terjangkau dan mudah diperoleh. Untuk membuatnya tuangkan kopi secukupnya lalu tuangkan air mendidih yang telah didiamkan selama satu menit kedalam alat. Aduk kopi selama 30 detik sampai satu menit. Tekan kopi yang telah diaduk menggunakan French press secara perlahan dan tuangkan kedalam cangkir secara perlahan juga.

Kemudian (Arab Method) yang menghasilkan kopi dengan rasa yang sangat kuat dan pekat. Untuk membuatnya kopi digiling secara manual menggunakan lesung dan alung. Kemdian ditaruh kedalam bejana yang disebut ibrik bersama gula dan air. Campuran ini didihkan selama tiga kali sebelum dituangkan kedalam cangkir.

(Espresso), dapat dikatakan bahwa mesin espresso adalah salah satu mesin kopi yang paling canggih karena hampir semua elemen seperti pengaturan suhu dapat diatur secara otomatis. Namun tak dapat dipungkiri, tangan seorang baristalah yang menentukan sebuah rasa dari secangkir kopi yang dilahirkan.

Apakah anda pernah mendengar (Metode Vacum)? Metode ini cukup unik dan membutuhkan kesabaran untuk menghasilkan secangkir kopi tanpa ampas. Caranya tempatkan bubuk kopi ke tabung paling atas dan air pada bagian bawah, air bagian bawah yang telah dididihkan akan menguap dan dimasukkan kedalam tabung atass yang berisi kopi melalu selang penghubung antara tabung atass dan tabung bawah. Setelah semua air berada di tabung atas, hentikan proses mendidihkan air dan tunggu air menjadi dingin. Selanjutnya kita menunggu air di tabung atas kembali ke tabung bagian bawah.

Ada juga Metode (Vietnam Drip) yang sering kita temui di kedai kopi. Vietnam drip sangat sederhana yaitu terdiri hanya saringan bawah, cangkir, saringan atas, dan penutup. Saringan atas sendiri berfungsi untuk menekan kopi sehingga ketika terkena air panas, sari kopi akan keluar. Caranya lenteng saringan ditaruh diatas cangkir kemudian masukkan bubuk kopi yang digiling kasar kedalam cangkir saringan. Letakkan saringan atas diatas kopi kemudian tuangkan air panas dan kopi akan menetes sedikit demi sedikit kedalam gelas. Jika mengikuti cara Vietnam, sebelum menyeduh kopi kedalam gelas sudah tertuang susu kental manis.

Karakter Berdasarkan Pilihan Kopi

Apa yang terlintas dipikiran anda ketika memasuki kedai kopi? Apakah sudah menentukan jenis kopi yang akan dipesan? Pada umumnya kita akan memesan kopi yang biasa dipesan yang merupakan kegemaran kita. Namun percayakah anda kita bisa melihat karakter kepribadian orang lain melalui jenis kopi yang mereka pesan.

Diawali dengan kopi hitam , biasanya orang yang sering memesan kopi hitam orangnya serius dan blak blakan. Mereka suka kesederhanaan serta bisa menjadi pribadi yang pendiam dan murung, terkadang meminum kopi hitam bisa menjadi orang yang spontan. Kopi hitam menggambarkan pribadi yang ambisius, focus, pekerja keras dan senantiasa dikejar target yang ia tetapkan sendiri. Mengenai asmara peminum kopi hitam adalah pragmatis, sehingga butuh ekstra keras untuk memunculkan sisi romantic mereka.

Selanjutnya adalah Capuccino, penggemar kopi dengan tambahan ekstra busa seperti cappuccino biasanya obsesif dan pemegang kendali. Minum cappuccino juga perfeksionis dan memiliki orientasi pada hal detail. Cappuccino mencerminkan pribadi yang menyukai segala sesuatu yang bernilai estetika dan juga kepribadian yang ceria.

Berikutnya adalah Late yang merupakan campuran kopi dan susu sehingga rasanya agak manis. Biasanya orang yang meminum late memiliki kepribadian ceria dan bersemangat. Mereka rela berkorban demi kesenangan orang lain namun kurang memperhatikan diri sendiri.

Kemudian Frappucino yang merupakan olahan kopi yang bercita rasa manis. Sajian kopi ini biasanya diidentikkan dengan orang yang memiliki jiwa social tinggi. Mereka sangat peka terhadap lingkungan sekitar, punya selera tersendiri dan berjiwa muda. Peminum kopi ini juga disebut trend center namun terkadang mereka cenderung sembrono. Frappucino juga memperlihatkan karakter petualang dan menikmati hidup. Mereka dipenuhi ambisi sehingga berenergi dan optimis. Bahkan pecinta frappucino tak segan mempertaruhkan segalanya sehingga mereka mudah sekali merasa bersalah karena terlalu membebani diri sendiri.

Lalu Espresso yang menunjukkan individu yang suka memimpin atau sosok yang membutuhkan kekuatan untuk memompa rasa percaya diri. Mereka adalah pekerja keras yang tak lantas menyerah hanya karena pernah gagal. Dalam urusan percintaan mereka adalah orang yang berpengalaman, selalu menarik di mata lawan jenis namun kesetiannya agak diragukan.

Penelitian terbaru Mengenai Khasiat Kopi

Meminum kopi di pagi hari menjadi ritual wajib bagi sebagian masyarakat di dunia. Kandungan kafein dalam kopi terbukti membuat tubuh menjadi segar dan rasa kantuk pun hilang. Selain itu kopi juga memiliki rangkaian manfaat untuk kecantikan serta kesehatan. Bagi kecantikan sebut saja mengangkat sel kulit, mengurangi selulit serta mempercepat pertumbuhan rambut.

Sedangkan untuk kesehatan diantaranya melindungi dari penyakit Parkinson dan outmere. Mengurangi resiko penyakit hati, menurunkan resiko jenis kangker kulit , meminimalisir kanker payu darah, meningkatkan kemampuan olahraga, dan sebagainya. Dari hasil peneliti yang baru baru ini meminum kopi dapat membantu indra penglihatan. Secara spesifik kandungan anti oksidan yang terdapat didalam kopi dapat memperbaiki degenarasi retina mata. Tim peneliti bahan makanan melaporkan bahwa kopi mencegah iritasi mata dan kemungkinan kebutaan dari degenarasi retina karena glokoma, penuaan beserta diabetes. Retina adalah jaringan tipis mata yang ditutupi oleh jutaan sel yang peka terhadap cahaya. Jaringan retina sangat aktif dan membutuhkan banyak oksigen sehingga membuatnnya rentan terhadap kondisi stress oksidatif dimana kondisi tersebut akan mengarah kerusakan jaringan dan kehilangan penglihatan.

Filosofi Kopi | sirot | 4.5