Kuliner Khas Malang yang Pedas, Sepedas Setan

Maraknya segala jenis kuliner, membuat para pelakunya harus mempu memiliki strategi pemasaran yang bisa menunjukkan dimana letak keunggulan komparatif jenis jenis kuliner yang mereka jual. Mengusung tema setan adalah salah satu strategi bisnisnya. Bukan hanya berlatar belakang bisnis semata, ternyata kuliner berikut memiliki alasan yang sama untuk penamaannya. Yaitu karena rasa pedasnya yang luar biasa. Tak usah menunggu terlalu lama, ini dia informasinya.

Ceker Setan


Ceker setan banyak diburu dikota malang. hal ini bukanlah sesuatu yang berhubungan dengan hal hal horror atau mistis melainkan merupakan kuliner yang sedang trend dikalangan muda malang. disebut ceker setan karena rasanya yang pedas dan luar biasa. Ceker ataupun bagian kaki ayamnya dimasak sedemikian rupa dengan menggunakan bumbu dan cabai yang super pedas. rasa pedas yang tak pada umumnya inilah yang banyak diburu penggila kuliner pedas.

Pedagang ceker pedas hanya menggunakan grobak sederhana untuk berjualan. Bangku bangkupun telah disediakan. Para pelanggan menikmati ceker setan sambil lesehan diatas tikar tikar di pinggir jalan. Namun kesederhanaan ini tak berpengaruh pada jumlah pelanggan, malah saking ramainya pedagang ceker pedas menerapkan system nomor antrian agar semua orang dapat terlayani dengan teratur.

Penasaran dengan pedasnya ceker setan? Silahkan anda mendatangi jalan Jakarta. Cari saja gerobak pedagang yang ramai dikerubungi orang orang. Itulah tempat membeli ceker setan.

Mie Setan

Menambah lagi keunikan di kota malang. mie setan merupakan kuliner masyarakat kota malang yang menyukai tingkat kepedasan yang abnormal. Berawal dari mulut ke mulut, kuliner ini menjadikan daya tarik tersendiri di kalangan masyarakat khususnya di kota malang. nama setan menghiperbolakan keadaan mie dengan tingkat kepedasan tertentu.

Selain menu utama tersebut, nama minuman yang disajikan di tempat inipun menyesuaikan menu utamanya seperti es pocong, es kuntilanak, es genderuwo dan juga es tuyul. Walaupun namanya sedikit aneh, tidak berarti isi minuman yang disajikan itupun sesuai dengan namanya. Justru sebaliknya, minuman yang disajikan terkesan istimewa dan berbeda.

Mie setan menawarkan level dengan tingkat kepedasan tertentu, dimulai dari level satu sampai level lima. Dimana level satu dengan 12 cabai hingga level 5 dengan 60 cabai. Bagi yang tidak menyukai pedas, ada pula mie angel yang disajikan tanpa cabai.

Harga satu porsi mie setan cukup terjangkau yaitu Rp 8000. Baik memilih level satu ataupun level lima harganya tetap sama yaitu Rp 8000. Kehadiran mie setan disambut oleh masyarakat, khususnya masyarakat kota malang. terbukti mie setan yang mulai buka pada 15.00 sampai pukul 24.00 itu selalu dipadati oleh pembeli yang meliputi para remaja dan juga dewasa. Mereka rela antri hingga berjam jam untuk mendapatkan menu ini.

Dalam seminggu mie setan buka selama enam hari dan libur pada hari selasa. Selain bakso malang sebagai makanan khas di kota malang, kini mie setan memberikan warna tersendiri dalam dunia kuliner kota malang. mie setan terletak di jalan bromo 1 A kota malang.

Ayam Rambut Setan

Mbah jingkrak sebuah kata yang memang nyeleneh, tapi sepertinya pas untuk mendeskripsikan menu warung mbah jingkrak yang identic dengan pedas. coba saja ayam rambut setan yang pedasnya serasa tak hilang di lidah. Buang jauh jauh tentang masakan jawa yang katanya dominan manis. Pasalnya rata rata masakan warung mbah jingkrak identic dengan rasa pedas. coba saja menu rambut setan yang dari namanya saja sudah cukup menyeramkan.

Ayam rambut setan tidak lain adalah ayam goreng yang sebelum dimasak diungkep terlebih dahulu. Selain bumbu masak tertentu, dalam menu ini dicampurkan daun bawang, kemangi, daun jeruk, bawang putih dan cabe rawit merah. Ayam yang digunakan adalah ayam jantan dengan pilihan bagian dada atau paha.

Setelah digoreng, potongan ayam baru akan dicampurkan dengan bumbu masak diatas. Jadi dalam tampilan di meja makan semuanya akan disertakan. Sehingga rasanya pun tak sekedar ayam goreng biasa. Tampilan di meja makan cukup menggiurkan, potongan daging ayam hampir tertutupi oleh daung bawang, daung kemangi dan cabe rawit merah. Daging ayamnya pun cukup empuk dan bumbunya terasa pas. Hanya saja rasa pedasnya yang kelewatan.

Bila menikmati ayam rambut setan, rasa pedasnya seperti tak mau hilang dari mulut. Inginnya jingkrak jingkrak seperti mbah jingkrak.

Lumpia Setan

Kuliner selanjutnya berjuluk lumpia setan. Tentu dari namanya saja sudah membuat anda penasaran bukan. Lumpia setan sendiri adalah olahan kuliner yang banyak digemari karena rasa dan sensasi pedas yang luar biasa. Masih terletak di alun alun kota batu. Lumpia setan ini buka dari jam 4 sore hingga tengah malam. Namun kebanyakan pembeli memlih malam hari untuk bisa merasakan lumpia setan yang pedas untuk menghangatkan diri dengan dinginnya kota batu.

Nama setan sendiri diambil karena banyak cabe yang digunakan saat menghidangkan lumpia. Jika biasanya anda memakan lumpia sehabis digoreng, berbeda dengan lumpia setan. Pertama lumpia digoreng hingga renyah, selanjutnya mencampur lumpia dengan sambel pedas ala warung setan. Lumpia goreng dipanaskan kembali kemudian disiram dengan kuah sambal.

Proses pemasakan ini tidak terlalu lama,yang unik saat memasak lumpia setan ini api menyala begitu besar sehingga menjadi atraksi tersendiri bagi para pengunjung disela menunggu makanan. Selain lumpia setan disini juga terdapat sejumlah olahan lainnya seperti ceker setan. Untuk satu porsi lumpia setan hanya dibandrol 16 ribu rupiah saja.

Kuliner Khas Malang yang Pedas, Sepedas Setan | Masgala | 4.5