Bangunan Serba Pertama di Indonesia

Berbicara tentang bangunan pertama dan tertua di indonesia mungkin monas atau Borobudur merupakan bangunan pertama yang terlintas di benak anda. Namun tahukah anda kalau Indonesia memiliki banyak bangunan bersejarah dari sabang hingga marauke. Selain memiliki nilai historis yang tinggi, bangunan bangunan tersebut memiliki arsitektur yang tinggi. Banyak dari bangunan bangunan tersebut yang masih digunakan dan difungsikan seperti awal pembangunannya. Namun demikian ada juga yang berpindah fungsi . berikut ini bangunan serba pertama di Indonesia

Kebun Binatang Pertama, Ragunan

Tempat wisata kebun binatang adalah sah satu tempat berlibur yang murah bersama keluarga. Namun tahukah anda kalau kebun binatang pertama di Indonesia adalah kebun binatang bernama Planten En Dierentuin yang mempunyai arti kebun dan binatang. Lokasinya berada di cikini Jakarta pusat.Nama terssebut adalah nama saat pertama kali dibangun dan saat ini dikenal dengan nama kebun binatang ragunan.

Saat awal pembukaannya, lahannya seluas 10 hektar. Itupun hasil dari pemberian pelukis ternama raden saleh. Waktu berlalu, namanya diganti menjadi kebun binatang cikini dan pada 1964, kebun binatang ini berpindah ke ragunan pasar minggu hingga saat ini.

Pada tahun 2005, tempat wisata ini pernah ditutup karena terdeteksi virus flu burung. Namun hal itu tidak berlangsung lama karena pada tanggal 11 oktober, kebun binatang ragunan ini kembali dibuka untuk umum sampai sekarang.

Stasiun Kereta Api Pertama (Tambak Sari)

Stasiun tambak sari adalah stasiun pertama yang ada di Indonesia. stasiun ini juga dikenal dengan nama stasiun ujung. Namun sayang pada tahun 1914 stasiun ini dibongkar habis karena aka nada rel baru menuju stasiun baru di tawang. Dan bekas bangunan stasiun tambak sari dijadikan gudang peralatan untuk stasiun tawang.

Sehingga tak salah jika orang mengira stasiun tawang adalah stasiun pertama di Indonesia. sementara itu, beberapa bangunan stasiun tambak sari masih digunakan untuk gedung. Oleh karena itu stasiun ini dikenal dengan nama stasiun semarang gudang tambak sari.

Mall Pertama di Indonesia (Sarinah)

Mall ini adalah pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia dengan nama sarinah mall. Mall ini juga disebut gedung pencakar langit pertama di Indonesia dengan ketinggian 15 lantai. Ide pembangunan ini pertama kali di lontarkan oleh presiden soekarno.

Mall sarinah dibuka pertama kali dan disahkan pada tanggal 17 agustus 1962. Uniknya, nama mall ini diberikan oleh soekarno untuk membalas jasa kepada orang yang merawatnya dahulu saat beliau kecil yaitu sarinah. Mall yang terletak di MH Thamrin Jakarta ini masih berdiri dan aktif hingga kini.

Museum Pertama, Museum radya pustaka di surakarta

Museum radya pustaka adalah museum pertama di Indonesia yang terletak di Surakarta. Museum ini didirikan pada masa pemerintah pangku buwono IX oleh kanjeng adipati sosro diningrat IV didalam pepatihan pada tanggal 28 oktober 1890. Kanjeng raden adipati sosro diningrat IV pernah menjabat sebagai patih pangku buwono IX dan X.

Museum ini kemudian dipindahkan dilokasinya sekarang ini. gedung radya pusaka di jalan selamet riyadi Surakarta pada 1 januari 1913. Kala itu gedung museum merupakan rumah kediaman seorang warga belanda bernama yohanes muslav. Ketika memasuki museum anda akan disambut sebuah patung bernama rangga wasita, seorang pujangga keraton purwakarta termashur pada masanya.

Selain itu koleksi yang dimiliki museum ini terdiri dari berbagai benda kuno seperti archa, pusaka adat , wayang kulit dan buku buku kuno.

Bandara Pertama, Kemayoran

Banyak orang salah mengira bahwa bandara pertama di Indonesia adalah soekarno hatta. Namun nyatanya bandara pertama yang ada di Indonesia adalah bandara kemayoran yang dibuka untuk penerbangan internasional. Bandara ini dibangun tahun 1934, dan tahun 1940 bandara ini telah resmi digunakan.

Pesawat pertama yang mendarat disana adalah DC3 Dakota milik perusahaan penerbangan hindia belanda. Dan pesawat ini diterbangkan dari lapangan udara cililitan. Namun pada tahun 1984, bandara ini berhenti beroperasi dan dipindahkan ke bandara halim perdana kusuma untuk sementara.

Sebagai pengganti bandara kemayoran, dioperasikanlah bandara internasional soekarno hatta yang dikenal hingga saat ini. seluruh penerbangan internasional kemudian dipindahkan ke bandara baru. Sementara bandara halim perdanakusuma digunakan untuk pangkalan militer serta penerbangan khusus lainnya.

Kemayoran juga pernah menjadi tempat pertama diselenggarakannya acara kedirgantaraan yaitu pada 1940. Lalu pernah menjadi tuan rumah air show pertama pada 1984.

Stadion Pertama, Stadion Sriwedari

Stadion sriwedari yang berganti nama pada 2003 menjadi stadion R. Maladi adalah stadion pertama kali di kota Surakarta dan merupakan stadion tertua di Indonesia yang menjadi tempat berlangsungnya pekan olahraga nasional atau PON pertama pada tanggal 9 september 1946.

Sekarang stadion ini menjadi monument PON pertama. Saat ini stadion ini digunakan sebagai arena pertandingan sepakbola dan juga konser music. Stadion sriwedari terletak di jalan bhayangkara atau sekitar 3 KM sebelah selatan dari stadion Manahan solo.

Stadion sriwedari dibangun pada 1932 oleh sri susuhunan paku buwono X. stadion sriwedari adalah stadion pertama yang dibangun oleh bangsa Indonesia. karena saat itu stadion stadion lain masih dibangun oleh orang orang belanda. Proses pembangunan stadion ini memakan waktu 8 bulan dan dikerjakan kurang lebih 100 pekerja.

Peresmian stadion sriwedari dilakukan oleh Peresmian Stadion Sriwedari dilakukan oleh G.P.H Hargopalar atas nama Sri Susuhunan. Namun saat ini diketahui nama stadion R. Maladi dikembalikan menjadi nama asli menjadi stadion sriwedari pada peringatan hari olahraga nasional atau HAORNAS 9 september 2014.

Bank Pertama, BNI

Bank Negara Indonesia atau BNI 46 berdiri sejak tahun 1946 dan merupakan bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah Indonesia. bank Negara Indonesia mulai mengedarkan alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan pemerintah Indonesia yakni ORI (Uang Republik Indonesia) pada malam menjelang 30 oktober 1946 Hanya beberapa bulan sejak pembentukannya.

Bank ini pertama kali bertempat di gedung BNI 46 di jalan tripora nomer 1 kota Jogjakarta hingga saat ini. menurut sejarah, gedung BNI 46 di Jogjakarta dulunya adalah kantor asuransi. Namun seiring perkembangannya, bangunan megah ini beberapa kali berganti fungsi. Pada jaman pendudukan jepang digunakan sebagai kantor radio jepang kosokiyoku selanjutnya pada jaman revolusi gedung ini dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai kantor radio republic Indonesia. lalu diawal kemerdekaan gedung ini sempat dimanfaatkan sebagai studio siaran radion mataram yang dikenal dengan nama MAFRO.

Gedung BNI 46 dirancang oleh arsitek jawa R. Sendi tomo pada 1923. Dan pada perang dunia 2, digunakan oleh pasukan pendudukan jepang sebagai markas. PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI diresmikan oleh wapres Moh. Hatta dan merupakan bank yang cukup tua karena hanya terpaut 1 tahun oleh kemerdekaan bangsa. Kelahiran bank ini dibidangi oleh margono joyo hadikusumo pada 5 juni 1946. Walaupun oleh pemerintah baru diresmikan pada 17 agustus 1946. Hingga kini tanggal 5 juni diperingati sebagai hari bank nasional.

Bangunan Serba Pertama di Indonesia | sirot | 4.5