Manfaat Melamun Untuk Kesehatan Otak

Melamun adalah sebuah kondisi dimana ada waktu sesaat dimana fikiran terputus dengan lingkungan sekitarnya. Biasanya fikiran seseorang itu sebagiannya menjadi kabur dan sebagiannya lagi digantikan oleh khayalan visual oleh hal hal yang menyenangkan, harapan atau ambisi. Kondisi melamun ini biasa dialami dalam kondisi terjaga dan termasuk ke dalam suatu yang wajar.

Dan hal ini bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah kebiasaan seseorang. Menurut sebuah penilitian, orang menghabiskan sepertiga hingga setengah waktu hidupnya untuk melamun. Dan penelitian ini juga menunjukkan sebuah fakta dimana melamun adalah sebuah cara serius untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi seseorang. Berikut ini informasi manfaat melamun untuk kesehatan otak.

Empati

Manfaat melamun untuk kesehatan otak yang pertama adalah empati. Secara tidak langsung ternyata melamun itu bisa memunculkan perasaan impati. Banyak peneliti yang menunjukkan bahwa di era globalisasi ini orang mulai sulit berempati. Padahal menurut beberapa penelitian lainnya diungkapkan bahwa ada hubungan antara ingatan, imajinasi dan kemampuan orang untuk berempati.

Dengan membayangan scenario atau hal yang belum pernah dialami diri sendiri, seseorang dengan dapat mudah mengerti tindakan pihak lain. Dari pemikiran inilah akhirnya manusia akan memiliki perasaan empati terhadap orang lain.

Menajamkan Ingatan
Manfaat melamun untuk kesehatan otak yang selanjutnya adalah mampu menajamkan ingatan. Disaat diri kita melamun, ternyata beberapa memori muncul di ingatan kita. Dan menurut amerikan psylogical association, membayangkan sesuatu sampai memori muncul itu merupakan sebuah cara yang efektif untuk mengingat kembali informasi informasi secara spesifik.

Makanya tak heran jika melamun atau berimajinasi ini dapat membantu proses rehabilitas ingatan bagi mereka yang pernah mengalami gangguan ingatan akibat cedera otak.

Pemahaman Diri

Manfaat melamun untuk otak yang selanjutnya adalah pemahaman diri. Didalam kehidupan manusia, terkadang muncul pilihan pilihan hidup yang harus dipilih. Dan biasanya ini menjadi salah satu hal yang sulit bagi manusianya itu sendiri. Mengapa seperti itu? Biasanya mereka dikarenakan belum memahami diri sendiri.

Ternyata sifat belum mengenali diri sendiri ini dapat menggunakan melamun sebagai obatnya. Banyak ahli psychology yang mengeluarkan teori bahwa individu yang menyadari penuh potensi dirinya maka akan mampu membayangkan kemungkinan kemungkinan kemampuan diri lebih dari sebelumnya.

Seorang master psychology sweni pilai juga mengungkapkan bahwa berimajinasi ini dapat mengaktivkan wilayah otak yang secara tidak sadar dapat menunjukkan peta menuju kesuksesan hidup.

Meningkatkan Kreativitas

Tak hanya dapat meningkatkan pemahaman diri, melamun juga dapat meningkatkan kreativitas. Melamun dapat membawa otak ke sebuah format kreativitas tak terbatas. Fikiran yang tidak langsung seperti imajinasi atau khayalan dalam melamunlah yang dapat menuntun otak menemukan hasil creative.

Menurut beberapa penelitian, sebuah penemuan bermula hanya dari khayalan. Kerja otak dapat menulusuri kemungkinan kemungkinan khayalan tersebut. Para ahli mengatakan bahwa ini sangat berguna bagi kehidupan kerja seseorang. Tapi tentu saja melamunnya jangan saat bekerja.

Meningkatkan Suasana Hati

Dan manfaat melamun untuk kesehatan otak yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan suasana hati. disaat anda sedang melamun, tentu tidak hanya memikirkan hal yang berat, tapi ada juga waktunya seseorang memikirkan impian atau mengulang kejadian yang menyenangkan. Setelah melamun hal hal yang ringan dan positive pasti akan timbul rasa senang dan bahagia. Aura yang masuk kedalam diri anda pun akan menjadi hal yang positive.

Lainnya lagi, kesenangan yang anda rasakan ini pasti akan menular ke orang orang di sekitar anda. Dengan demikian, lingkungan pun dapat menjadi lebih positive.

Manfaat Melamun Untuk Kesehatan Otak | sirot | 4.5