13 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid bagi umat muslim merupakan bagian tempat tinggal dalam kehidupan beragamanya. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat melaksanakan ibadah semata, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan kegiatan perayaan hari besar, diskusi kajian agama, dan belajar al-quran juga sering dilaksanakan di masjid. Kali ini kami akan membahas 13 masjid terbesar di dunia. Berikut informasinya.

Masjid Al – Aqsha (Palestina)

Masjid al-aqsha mampu menampung 5000 orang jamaah. Masjid ini terletak di kota lama yerussalem. Masjid ini secara luas dianggap situs paling suci ke tiga dalam islam, karena umat islam percaya bahwa nabi Muhammad berangkat dari masjidil haram di mekkah ke masjid al-aqsha selama isra’ mi’raj atau perjalanan malam.

Masjid al-aqsha awalnya masjid kecil yang dibangun oleh umar bin khattab namun diperluas lagi oleh khalifah umayyah abdul malik Dan diselesaikan oleh putranya al-walid pada tahun 705 masehi. Setelah gempa bumi di tahun 746, masjid ini benar benar hancur dan dibangun kembali oleh khalifah abasiah al-mansur pada tahun 754. Kemudian dibangun lagi oleh penggantinya al-mahdi pada tahun 780.

Gempa lain juga menghancurkan al-aqsha ditahun 1033, tetapi 2 tahun kemudian khalifah fatimiyyah ali azh zahir membangun masjid lagi hingga berdirinya sekarang. Selama renovasi yang dilakukan secara periodic, berbagai penguasa dinasti ke khalifaan islam membangun tambahan atas masjid dan daerah sekitar. Seperti kubah, pasak, mimbar dan struktur interiornya.

Masjid Al-Fath (Bahrain)

Masjid ini dibangun oleh syeich isa bin salman al-khalifah pada tahun 1987, nama masjid ini berasal dari nama ahmad al-fatih salah satu penakluk Bahrain. Masjid al-fath juga dikenal sebagai Islamic center al-fath dan masjid raya al-fath merupakan salah satu masjid masjid terbesar di dunia. Dikatakan demikian karena masjid ini mampu menampung lebih dari 7000 orang jamaah sholat dalam waktu bersamaan.

Masjid al-fath sangat dekat dengan istana kerajaan Bahrain. Tempat tinggal raja Bahrain, hammad bin isa al-halifah. Kubah besar yang dibangun diatas masjid al-fath terbuat dari fiber glas murni. Beratnya lebih dari 60 ton dan terbuat dari fiber glass terbesar di dunia.

Masjid Sultan Ahmad (Turki)

Masjid ini mampu menampung 10 ribu orang jamaah, masjid sultan ahmad merupakan masjid nasional turki dan merupakan masjid bersejarah di Istanbul. Masjid ini lebih terkenal sebagai masjid biru karena keramik biru yang menghiasi dinding dan interiornya. Masjid ini dibangun antara tahun 1609 – 1616 M. selama pemerintahan sultan ahmad.

Masjid Id Kah (China)

Masjid id kah merupakan masjid yang berlokasi di kashgar, xinjiang, tiongkok. masjid ini merupakan masjid terbesar di china. Setiap jumat masjid id kah dipenuhi 10 ribu orang jamaah dan dapat menampung 20 ribu orang jamaah sekaligus. Masjid ini dibangun oleh ma zhongying kira kira pada tahun 1442 dan mencakup luas 16800 m.

Masjid Jami’ Delhi (India)

Kemudian ada masjid jami’ delhi. Masjid ini merupakan masjid utama di kota tua delhi di india. Masjid ini ditugaskan dibangun oleh kasiar mogul,syah jehan pendiri taj mahal. Ini merupakan masjid terbesar dan terkenal di india yang terletak di jalan raya yang ramai di kota tua delhi yaitu chadni chowk.

Halaman masjid jami’ delhi dapat menampung hingga 35 ribu orang jamaah. Masjid ini juga menyimpan beberapa relik dalam lemari di gerbang utara, termasuk manuskrip al-quran antic yang tertulis di kulit rusa.

Masjid Syeikh Zayed (Uni Emirat Arab)

Masjid terbesar lainnya ada masjid syeikh zayed di uni emirat arab yang didalamnya mampu menampung 40 ribu orang jamaah. Masjid syeikh zayed di abu dabi ini merupakan masjid terbesar di uni emirat arab dan masjid ke enam di dunia. Masjid ini dinamakan dengan syeikh zayed bin sultan al-nahyan pendiri dan presiden pertama uni emirat arab yang juga dimakamkan disini.

Masjid ini resmi dibuka pada bulan suci ramadhan tahun 2007 silam.

Masjid Badshahi (Pakistan)

Berikutnya ada masjid badshahi di Lahore,Pakistan yang mampu menampung 100 ribu orang jamaah. Masjid badshahi atau masjid kaishar, merupakan masjid terbesar kedua di Pakistan dan di asia selatan. Masjid ini juga merupakan masjid ke lima terbesar di dunia. Dikatakan demikian karena masjid ini mampu menampung 5 ribu jamaah di ruang sholat utama dan 95 ribu di halaman tengah serta portiko masjid ini dikatakan masjid terbesar di dunia selama kurun waktu 313 tahun dari tahun 1673 hingga 1986. Sebelum akhirnya dikalahkan oleh ukuran oleh masjid Faisal di Pakistan juga.

Masjid Faisal (Pakistan)

Masjid faisal di Islamabad ,Pakistan mampu menampung 300 ribu orang jamaah. Masjid faisal di islamabad adalah masjid terbesar di Pakistan dan asia selatan. masjid ini juga masjid terbesar ke 6 di dunia sejak tahun 1986 hingga 1993. Meskipun ditutupi ruang sholat utama lebih kecil daripada yang dari masjid hasan dua di kasablanka. Masjid faisal memiliki kapasitas besar untuk menampung jamaah pekarangan.

Nama dari masjid ini diambil dari nama almarhum raja faishal bin abdul aziz dari arab Saudi yang mendukung dan membiayai masjid ini.

Masjid Hasan 2 (Maroko)

Di urutan ke lima ada masjid hasan dua di kasablanka. Masjid ini merupakan masjid terbesar di maroko. Dan masjid terbesar ketiga di dunia setelah masjidil haram di mekkah dan masjid nabawi di madinah. Masjid ini dirancang oleh arsitek perancis Michael pinseau dan dibangun oleh bouygues. masjid hasan berdiri di sebuah tanjung menghadap ke samudra atlantik yang dapat dilihat dari lantai kaca raksasa. Menara masjid hasan juga merupakan yang tertinggi di dunia. Karena mencapa 210 meter dan memiliki kapasitas 25 ribu orang. Ditambah lagi dengan pelataran yang mampu menampung 80 ribu jamaah.

Masjid Istiqlal (Indonesia)

Selanjutnya ada masjid istiqlal di Jakarta, indonesia. masjid istiqlal atau masjid kemerdekaan di Jakarta ini merupakan masjid terbesar di asia tenggara. Luas total masjid beserta lapangannya mencapai 9,5 hektar. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Masjid ini mampu menampung hingga 250 ribu orang.

Masjid istiqlal juga memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer dan dihiasi ornament geometric dari baja anti karat. Bangunan utama masjid dimahkotai kubah besar yang berdiameter 45 meter dan ditopang oleh 13 tiang besar. Sedangkan ukuran menara tunggalnya mencapai 9,66 meter dan menjulang disudut selatan masjid.

Masjid Muhammad Ali Pasha (Meshir)

Di urutan yang ketiga ada masjid Muhammad ali pasha di kairo mesir. Masjid muhammad ali pasha atau dikenal juga dengan masjid alabasta adalah masjid yang terletak di dalam benteng kairo di mesir yang dibangun oleh Muhammad ali pasha antara tahun 1830 hingga 1848. Terletak di puncak benteng, masjid usmani ini dengan seluet animasi dan dua menara kembar merupakan masjid yang paling terlihat di kairo.

Masjid ini dibangun untuk mengenang tusun pasha, putra tertua Muhammad ali yang meninggal pada tahun 1815. Masjid ini bersama dengan benteng adalah salah satu landmark dan tujuan wisata di kairo dan merupakan salah satu fitur pertama yang akan terlihat ketika mendekati kota sisi manapun.

Masjid Nabawi (Arab Saudi)

Selanjutnya ada masjid nabawi di madinah arab Saudi yang mampu menampung 600 ribu jamaah. Dan pada musim haji bisa mencapai 1 juta jamaah. Masjid nabawi yang juga disebut masjid nabi ini adalah masjid yang terletak di kota madinah yang juga sebagai tempat peristirahatan terakhir dari nabi Muhammad. Salah satu fitur yang paling terkenal dari situs ini adalah kubah hijau di tengah tengah masjid tempat makam nabi Muhammad berada.

Masjidil Haram (Arab Saudi)

Dan masjid yang berada di urutan pertama adalah masjidil haram. Masjidil haram terletak di makkah arab Saudi. Masjidil haram mampu menampung sekitar 900 ribu jamaah dan pada musim haji meningkat menjadi 4 juta. Masjidil haram atau masjid suci ini adalah masjid terbesar di dunia. terletak di kota makkah, Masjid ini dibangun dengan mengelilingi ka’bah.

Masjid ini juga dikenal sebagai masjid agung. Struktur masjidil haram saat ini mencakup area seluas 400 m atau sekitar 99 hektar.

13 Masjid Terbesar di Dunia | sirot | 4.5