12 Tempat Wisata di Lombok yang Membuat Anda Tidak Ingin Pulang

Anda mencari tempat wisata alternative selain bali? Pulau Lombok lah jawabannya. Pulau yang terletak di sebelah timur pulau bali ini juga memiliki keindahan alam yang tak kalah bagus dengan pulau dewata. Bahkan turis asing pun mulai berbondong – bondong ke pulau Lombok karena di bali sudah terlalu mainstream. Pariwisatanya yang masih alami dan tidak terlalu banyak pengunjung menjadi alasan para turis untuk berwisata di pulau Lombok.

Pulau dengan luas mencapai 5.435 KM ini memiliki tempat wisata yang cukup unik, contohnya adalah gunung rinjani, gunung dengan ketinggian 3.726 Mdpl ini merupakan gunung tertinggi yang ke dua setelah gunung jaya wijaya, selain rinjani ada juga pantai dengan pasir yang berwarna pink. Dan masih banyak tempat wisata yang harus di kunjungi jika sedang berada di pulau seribu masjid ini. berikut ini 15 tempat wisata yang harus anda kunjungi agar tidak menyesal.

Pura Batu Bolong

Pura yang satu ini mengingatkan kita pada tanah lot di bali, namun bedanya disini adalah batunya yang memiliki lubang agak besar, itulah mengapa pura ini dinamakan pura batu bolong. Pura yang terletak di atas batu bolong ini masih berada di kawasan pantai senggigi. Anda bisa berjalan kaki dari pantai senggigi ke pura ini dengan memakan waktu sekitar setengah jam.

Di pura batu bolong anda bisa melihat kemegahan dari gunung agung yang berada di pulau bali, selain itu anda juga bisa menikmati keindahan sunset di sore hari yang tak boleh anda lewatkan. Untuk memasuki pura ini pengunjung tidak dikenakan biaya namun pengunjung harus memakai selendang berwarna kuning untuk menghormati umat hindu. Selain itu, bagi wanita yang sedang datang bulan tidak boleh memasuki area pura.

Pantai Senggigi

Pantai senggigi merupakan pantai yang sudah terkenal di Lombok, sudah banyak turis asing yang datang ke pantai ini. suasana di pantai senggigi hampir mirip dengan pantai kuta di bali, garis pantainya yang panjang membuat pantai ini menyerupainya. Namun yang menjadikan pantai senggigi lebih bagus dari pantai kuta adalah air lautnya yang jernih dan ombaknya yang tenang sehingga mendukung untuk kegiatan seperti snorkeling.

Keindahan bawah laut pantai senggigih masih alami, anda akan menemukan banyak terumbu karang yang masih bagus. Karena itulah pantai senggigi menjadi tujuan favorit untuk snorkeling. Kebanyakan para turis menghabiskan waktunya di pantai senggigi dengan berjemur, berenang dan snorkeling. Fasilitas di pantai ini juga sudah lengkap, mulai dari restoran, hotel, bar, dan lain – lain.

Gunung Rinjani

Gunung tertinggi ke dua di Indonesia ini merupakan tujuan terfavorit para pendaki, dengan ketinggian 3.726 Mdpl membuat para pendaki ingin menaklukannya. Selain tinggi, pemandangan di puncak rinjani sangat spektakuler, bakan terbaik se asia sehingga disini anda bisa bertemu dengan pendaki dari manca Negara. Bahkan para pendaki asing ini mampu memberi contoh yang baik bagi para pendaki Indonesia agar tetap menjaga alam dengan membawa kembali sampah yang dibawa selama perjalanan.

Keindahan gunung rinjani terletak pada kawahnya yang begitu luas serta adanya segara anak yang terdapat ikan didalamnya, sehingga anda bisa memancingnya. Masyarakat setempat berkeyakinan jika orang yang melihat segara anak ini terlihat luas maka orang yang melihatnya usianya masih panjang namun jika sebaliknya berarti usia orang tersebut pendek. Percaya atau tidak itu semua tergantung keyakinan masing – masing.

Untuk mencapai puncak gunung rinjani anda perlu waktu berhari – hari, jadi Persiapkanlah segala kebutuhan anda dengan matang.

Pantai Kuta

Ini bukan pantai kuta yang ada di bali, melainkan di Lombok. Mempunyai nama sama dengan pantai kuta bali tak membuat pantai kuta Lombok kalah pamor. Pantai kuta Lombok ini merupakan salah satu pantai terbaik di Lombok, dengan pasirnya yang putih dan halus seperti mericca membuat pantai kuta juga bisa disebut dengan pantai merica. Keindahan lain pantai kuta adalah adanya perbukitan yang mengelilingi pantai kuta.

Di pantai ini anda bisa melakukan olaharaga air seperti berselancar, jet sky atau wind surfer. Air lautnya yang masih jernih dan bersih bisa membuat pengunjung berlama lama bermain air disini. Ombak disini juga aman untuk berenang. Fasilitas di pantai kuta sudah lengkap seperti Hotel, payung teduh, bar dan lain – lain.

Gili Trawangan,Gili Meno dan Gili Air

Ketiga pulau ini merupakan tempat wisata yang eksotis di pulau Lombok, banyak turis lokal maupun mancanegara yang mengisi liburan mereka di ketiga pulau ini. ketiga pulau eksotis ini memiliki keunikan masing – masing tapi tetap memiliki keindahan yang sama yaitu pantai yang putih bersih serta air lautnya sangat bening.

Gili trawangan merupakan pulau terbesar sekaligus terjauh dari gili lainnya, pulau ini sangat cocok untuk anda yang menyukai pesta, serta dentuman music. Setiap malam di gili trawangan selalu digelar pesta hingga larut malam. Namun aktivitas yang paling sering dilakukan oleh wisatawan adalah snorkeling, scuba diving, berselancar dan bermain kayak. Selain itu disini anda juga bisa belajar berkuda mengelilingi pulau.

Gili Meno terletak diantara gili trawangan dan gili air, pulau ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan suasana yang tenang. Sedangkan gili air sangat cocok untuk wisata keluarga seperti bulan madu karena suasana disini sangat tenang. Di gili air anda juga bisa melakukan olahraga air seperti kitesurfing. Anda juga bisa melakukan snorkeling, jika anda beruntung anda dapat melihat kura – kura di berenang disini.

Dan yang paling unik dari ketiga pulau gili ini disini tidak diperbolehkan adanya kendaraan bermotor agar tidak mengganggu wisatawan yang mencari ketenangan. Jika anda ingin mengitari pulau anda harus menggunakan kuda atau speed boat.

Pink Beach

Pantai tangsi atau lebih dikenal pantai pink ini memiliki pasir pantai yang tak biasa, jika pada umumnya pasir pantai berwarna putih atau hitam, di pantai ini anda akan menemukan pasir pantai yang berwarna pink. Itulah kenapa pantai ini dijuluki pink beach. Didunia terdapat 7 pantai yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan dua diantaranya terdapat di Indonesia salah satunya di Lombok bagian timur ini.

Warna pink yang ditimbulkan ini akibat dari bercampurnya serpihan karang merah muda dengan pasir putih yang ada di pantai ini. selain itu bias dari sinar matahari ini semakin memperjelas warna pink yang ditimbulkan. Ombak di pantai ini sangat tenang sehingga pengunjung aman untuk bermain air disini.

Keindahan pantai pink ini masih alami dan terjaga karena letaknya yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota. Membutuhkan waktu 2 jam perjalanan untuk sampai ke pantai pink jika anda berangkat dari kota mataram. Baiknya anda membawa perbekalan yang cukup karena minimnya fasilitas di pantai ini.

Gili Nanggu

Selain ketiga Gili yang eksotis ternyata di Lombok juga terdapat Gili lain yang tak kalah bagus, salah satunya gili nanggu. Gili nanggu ini dikonsep seperti forest atau virgin island jadi wisatawan yang berkunjung disini akan berasa seperti liburan di pulau pribadi. Pengunjung juga tidak akan menemukan penjual asongan disini karena dari itu bawalah perbekalan yang cukup agar tidak kebingungan disana.

Keindahan gili nanggu terletak pada keasrian pantainya dan taman bawah lautnya yang luar biasa. Terumbu karangnya yang masih terjaga dan berwarna warni serta ikan – ikannya yang cantik membuat gili nanggu sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkeling maupun diving. Anda bisa melakukan snorkeling mulai pagi sampai sore hari, Namun waktu yang pas untuk snorkeling adalah di siang hari karena pada saat itu arus dan angina belum kencang.

Pantai Sekotong

Bagi anda yang mencari suasana pantai yang sepi dan jauh dari keramaian, di pantai sekotonglah anda akan menemukan jawabannya. Pantai yang terletak di Lombok barat ini memiliki potensi wisata yang bagus di Lombok. Pantainya yang berpasir putih dan ombaknya yang tenang membuat suasana di pantai ini menenangkan hati setiap pengunjungnya.

Keindahan bawah laut pantai sekotong juga tak kalah cantik, disini anda bisa melakukan diving. Biota laut di pantai sekotong cukup banyak karena di pantai ini terdapat balai budidaya biota laut, biota laut seperti lobster, ikan kerapu, ikan napoleon dapat anda temukan disini. Pantai sekotong dikelilingi oleh perbukitan jadi wisatawan bisa mendaki kesana untuk melihat keindahan pantai sekotong dari atas.

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile ini merupakan tempat persinggahan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendakian ke gunung rinjani. Sumber air dari air terjun ini berasal dari air gunung rinjani yang masih segar dan aman untuk diminum. Bahkan air disini dipercaya dapat membuat orang yang meminumnya lebih muda satu tahun dari umur sebenarnya.

Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 32 meter ini juga dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat mandi para bidadari ketika turun ke bumi. Suasana di air terjun sendang gile ini masih asri dan sejuk karena banyaknya tumbuhan yang ada disini. Untuk sampai ke air terjun ini anda harus menaiki 200 anak tangga terlebih dahulu.

Taman Narmada

Lombok tak hanya memiliki keindahan alam, Lombok juga punya sejarah yang masih terjaga dan indah. Taman Narmada merupakan sejarah dari kerajaan mataram yang masih awet hingga saat ini, taman yang dibangun oleh raja mataram Lombok pada tahun 1727 ini dulunya digunakan sebagai tempat upacara pekelem. Selain sebagai tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja disaat musim kemarau tiba.

Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, Taman Narmada ini juga memiliki keindahan yang menakjubkan. tamannya yang indah serta kolamnya yang menyejukkan membuat pengunjung yang datang kesini betah berada disini. Jika anda belum ke taman yang satu ini, wisata anda akan terasa ada yang kurang.

Pantai Sire

Bagi anda yang ingin wisata keluarga, pantai sire sangat cocok untuk anda masukkan kedalam list anda. Di pantai sire anda bisa melakukan aktivitas pantai bersama seperti voli pantai, bermain pasir dan lain – lain. Suasana di pantai sire juga sangat tenang, sangat bagus untuk anda yang ingin menghangatkan kembali hubungan anda dengan pasangan anda yang sempat rennggang karena kesibukan masing – masing.

Pantai sire merupakan tempat wisata favorit wisatawan domestic, pantainya yang masih alami dan tak jauh dari pusat kota mataram menjadi salah satu alasan wisatawan domestic gemar ke pantai sire. Bagi anda penggemar golf, disini juga terdapat lapangan golf yang bisa anda gunakan. Anda bisa bermain golf terlebih dahulu sebelum menikmati keindahan pantai.

Pantai Selong Belanak

Pantai yang satu ini selalu terlewatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Lombok, padahal pantai ini juga tak kalah cantik dengan pantai senggigi ataupun pantai kuta. Pasir pantai selong belanak sangatlah halus dan bersih, air lautnya berwarna biru kehijau – hijauan serta ombaknya yang tenang membuat wisatawan ingin segera berenang di pantai ini.

Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai sepanjang 1 KM dan membentuk lengkungan seperti bulan sabit, di setiap ujung pantai terdapat bukit. Pantai selong belanak berjarak sekitar 50 KM dari kota mataram dan membutuhkan waktu setidaknya 2 jam perjalanan. Jika dari pantai kuta, pantai selong belanak hanya berjarak 22 KM. fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai, mulai dari penginapan, warung makanan, hingga persewaan selancar sudah ada disini.

12 Tempat Wisata di Lombok yang Membuat Anda Tidak Ingin Pulang | sirot | 4.5