Cara Unik Merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia

Pada tanggal 17 agustus 1945 Indonesia secara resmi mengumumkan kepada dunia bahwa indonesia telah merdeka. Pada tanggal itu pula masyarakat Indonesia memperingati HUT kemerdekaan republic Indonesia setiap tahunnya. Berbagai upacara pun diselenggarakan di setiap pelosok negeri ini untuk menghormati para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah.

Pada umumnya upacara diselenggarakan di lapangan yang luas agar bisa diikuti oleh banyak orang. Namun berbeda dengan orang- orang creative berikut ini.

Upacara di Dalam Tanah

Pada saat Indonesia memperingati hutnya yang ke-66, lawalata IPB melakukan upacara bendera di bawah tanah sedalam 17 meter. mereka melakukannya di Goa Sibeusi, Desa Ciampea, Bogor. Kandungan oksigen yang lebih sedikit daripada di darat tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengibarkan sang saka merah putih di bawah tanah. Kondisi goa yang kurang akan cahaya dan gelap justru membuat suasana upacara yang terdiri dari 4 orang mahasiswa IPB ini lebih khidmad.

Upacara di Puncak Tertinggi Indonesia

Untuk pertama kalinya Polda papua menggelar upacara di sekitar Puncak Cartenz, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu, 17 Agustus 2013. Rencananya Polda Papua akan menyelenggarakan HUT RI yang ke-68 di puncak tertinggi asia tenggara namun berhubung cuaca buruk upacara pun dilaksanakan di Balicam. Hal ini dilakukan oleh polda papua untuk mendukung dan menjadikan puncak cartenz sebagai objek wisata sehingga bisa menambah pemasukan daerah dan provinsi.

Upacara di Dasar Laut

70 Peserta akan memeriahkan HUT RI yang ke-70 di dasar laut Perairan Pulau Badi, Desa Mattiro Deceng, Kecamatan Liukang Tupabbiring. Ke 70 peserta tersebut sudah termasuk komandan upacara, pengibar bendera, partisipan, dan cameramen. Selain melakukan upacara di dasar laut para peserta juga akan melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang. Rencananya upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut dilaksanakan pada Senin 17 Agustus 2015 pukul 11.00 Wita.

Upacara di Atas Kapal

pemandangan yang berbeda terlihat di waduk gajah mungkur, wonogiri, jawa tengah. kumpulan masyarakat yang terdiri dari petani ikan, nelayan, pencari batu dan pedagang melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di atas kapal. para anggota masyarakat yang menamakan dirinya sebagai MGM atau anggota masyarakat gajah mungkur ini melakukan kegiatan ini sebagai lambang patriotisme untuk merayakan HUT kemerdekaan RI ke – 67 sekaligus untuk mengangkat kearifan lokal masyarakat sekitar.

Upacara di Dalam Pasar

Para pedagang pasar tradisional di solo ini mempunyai cara unik untuk memperingati HUT RI yang ke-69. Mereka melakukannya didalam pasar, upacara digelar diantara lapak dan kios pedagang. Tak pelak jika di sekitar lokasi upacara terdapat beberapa makanan seperti tumpeng nasi kuning dan beberapa jajanan pasar tradisional. Upacara yang sederhana ini sering mendapatkan tertawaan dari pengunjung atau pedagang lain, ini dikarenakan para peserta upacara yang bingung dan lupa prosesi upacara. Meskipun begitu kita harus mengapreasiasinya karena telah melakukan upacara daripada tidak. Prosesi upacara diakhiri dengan potong tumpeng dan makan bersama.

Selain Upacara, Ada Juga Cara unik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Keliling Kota Menggunakan Onthel Setelah Upacara

Upacara unik dilakukan oleh salah satu komunitas di solo, mereka menyertakan sepeda ontelnya saat berupacara. Setelah upacara selesai, mereka berkeliling kota solo menggunakan sepeda ontelnya. Rute yang dilewati oleh Sepeda Ontel Lawas sOlo ini yaitu Laweyan, Tipes, Kemlayan, Gading, dan beristirahat sejenak di Keraton Surakarta Hadiningrat.

Pawai Obor

Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-69, ribuan warga banten mengikuti pawai obor yang di ikuti oleh TNI, Polri, Anggota Pramuka dan Warga. Banyaknya warga yang ikut pawai obor menjadikan malam pada saat itu menjadi terang dengan cahaya api kemerdekaan. Para peserta pawai obor ini memulai pawai dari Pendopo Lama Gubernur Banten dengan menempuh rute Jalan Brigjen Kyai Syam’un, Jalan Veteran, Jalan Ahmad Yani dan kembali lagi ke Pendopo Lama Gubernur Banten.

Atraksi Tarian Merah Putih

Untuk memeriahkan upacara HUT RI ke – 67 yang berlangsung di Buper, Waena, Jayapura, Papua. Mereka menyajikan atraksi tarian merah putih yang diikuti oleh ratusan pemuda-pemudi setempat. Setelah upacara selesai, ratusan penari yang adalah putra dan purti Sentani memasuki lapangan membawa bendera Merah Putih dari sisi kiri dan kanan lapangan.

Cara Unik Merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia | sirot | 4.5