Ingin Liburan Murah tapi Mengesankan, Ke Banyuwangi Aja

Sekarang ini liburan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang agar tidak melulu memikirkan tentang pekerjaan yang mengakibatkan stress berat. Dengan berlibur orang akan melupakan aktivitasnya sejenak dan menenangkan otak dari fikiran yang berat. Liburan memang tak harus travelling, berkumpul bersama keluarga, nonton TV, tiduran di kasur juga bisa disebut liburan. Namun apakah liburan seperti itu – itu saja yang anda inginkan? Hidup hanya sekali di dunia ini. kapan lagi anda bisa menikmati keindahan dunia secara langsung.

Liburan seperti travelling memang membutuhkan biaya yang cukup mahal jika anda travelling ke daerah yang sangat jauh seperti ke luar negeri. Kalau dompet lagi kering mending liburan didalam negeri saja, biayanya pun lebih murah dan pemandangannya pun lebih bagus dari luar negeri. Kalaupun mahal ya hitung – hitung nyumbang untuk negeri ini.

Kebanyakan orang berfikir kalau uang yang sedikit tidak bisa liburan, apalagi liburan yang mengasikkan. Namun di Indonesia, negeri yang kaya akan kekayaan alam ini ketidakmungkinan itu bisa terealisasi. Lalu di Indonesia sebelah mana yang pas untuk modal yang sedikit namun bisa merasakan liburan yang mengasikkan? Tentu banyak sekali. Namun yang akan saya bahas disini adalah kabupaten yang letaknya berada di ujung timur pulau jawa atau Banyuwangi. Kabupaten berjuluk The Sunrise Of Java ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa bahkan sudah mendunia. meskipun sudah mendunia namun biaya hidup dan liburan di banyuwangi bertarif lokal.

Transportasi untuk pergi ke Banyuwangi sudah lengkap, anda ingin lewat jalur darat, laut, bahkan udara sudah tersedia. Di Jalur darat anda bisa memakai transportasi umum seperti kereta api dan bus, harganya pun cukup terjangkau sekitar Rp 50.000 – 100.000. sedangkan jika lewat jalur laut anda bisa memakai transportasi kapal laut yang murah meriah harga tiket untuk pejalan kaki tanpa menggunakan kendaraan hanya Rp 6500. Jika anda ingin lebih cepat sampai di banyuwangi anda bisa lewat jalur udara dengan pesawat terbang namun harganya lebih mahal daripada kedua jalur lainnya.

Kawah Ijen

Sejak dipimpin oleh bupati yang sangat fenomenal yaitu bapak Abdullah Azwar Anas, Banyuwangi berubah menjadi rujukan wisata selain bali. Sebelum kepemimpinannya mungkin anda tidak akan bisa sampai ke kawah ijen lewat banyuwangi, anda harus lewat bondowoso karena jalan di bondowoso lebih bagus ketimbang di banyuwangi. Jika anda tetap ingin pergi lewat jalur banyuwangi anda harus menyewa jeep agar bisa melewati jalur yang terjal dan dipenuhi oleh bebatuan. Tentu saja harga menyewa jeep sangat mahal, dengan diadakannya event tour de banyuwangi ijen kondisi jalan berubah 180 derajat menjadi mulus dan bisa dilalui oleh kendaraan apapun.

Selain event tour de ijen, di ijen juga diadakan festival music yaitu jazz gunung. Artis – artis ternama pun diundang untuk memeriahkan acara music bertemakan jazz ini. dan acara ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Acara ini tidak diadakan di kawah ijen melainkan di paltuding, jika anda ingin naik ke kawah ijen dan melihat indahnya blue fire yang hanya ada dua di dunia anda masih melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 3 KM. kebanyakan pengunjung yang ingin melihat fenomena blue fire datang dini hari atau mendirikan tenda di pos paltuding. Sesampainya di puncak anda akan bertemu pengunjung yang datang dari penjuru dunia. Hampir setiap malam kawah ijen dikunjungi oleh turis asing dan tak pernah sepi. Bahkan admin pernah bertemu dengan turis asing yang telah 50 kali datang ke Indonesia, sungguh luar biasa. Para turis asing itu takjub dengan pemandangan kawah ijen bahkan mereka berkata “it look like in another planet”. Untuk menikmati keindahan yang begitu menakjubkan ini pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5000 – 7500. Murah kan, namun keindahannya tak kalah dengan luar negeri.

Selesai naik dan turun kawah ijen melihat blue fire biasanya pengunjung mengalami kelelahan yang berat karena hantaman asap belerang yang menyakitkan. Anda harus berhati – hati ketika pulang menggunakan sepeda motor, jika tidak kuat maka jangan paksakan karena sudah banyak terjadi kecelakaan karena ngantuk saat mengendarai sepeda.

Yang paling enak saat selesai naik kawah ijen yaitu menyantap pedasnya nasi tempong khas banyuwangi. Untuk memulihkan tenaga yang telah terkuras nasi tempong adalah solusinya. Dan nasi tempong yang paling enak di banyuwangi adalah nasi tempongnya mbok wah, letaknya juga searah dengan jalur ijen. Rasa manis sekaligus pedas menggoyangkan lidah anda ketika menyantap nasi tempong ala mbok wah ini. dengan harga Rp 15.000 anda sudah mendapatkan seporsi nasi tempong dengan lauk 2 ayam dan segelas es teh.

Kenyang menyantap nasi tempong anda bisa melanjutkannya dengan istirahat atau berkeliling kota banyuwangi. Di kota banyuwangi sendiri wisatanya hanya ada pantai boom, taman sritanjung, dan taman blambangan. Kebanyakan wisatawan istirahat setelah naik kawah ijen dan dilanjutkan keesokan harinya. Penginapan di banyuwangi sudah mulai menjamur, mulai dari hotel, losmen sudah banyak tersedia di banyuwangi dan harganya juga terjangkau.

Pagi hari telah tiba dan matahari pun mulai menunjukkan dirinya tuk menyinari dunia, panorama yang sempurna ketika pagi hari di banyuwangi. Pemandangan pantai dengan background selat bali dan cahaya sunrise bisa anda nikmati di kota banyuwangi. Itulah kenapa banyuwangi dijuluki the sunrise of java, masyarakat banyuwangi lah yang pertama merasakan cahaya sunrise di pulau jawa.

Setelah puas dengan sunrise, perjalanan selanjutkan akan terasa panjang karena jarak yang ditempuh begitu jauh. Namun anda bisa menikmati dua pantai terfavorit di banyuwangi yaitu green bay dan pulau merah. Jarak yang ditempuh sekitar 60 KM jika anda dari banyuwangi. Namun tenang saja untuk masuk kedua pantai tersebut harganya tidak mahal kok yaitu sekitar Rp 7.500 per pantai. Dari kedua pantai tersebut yang paling menguras tenaga adalah green bay karena jalan menuju kesana masih belum teraspal semua dan cukup rusak. Bagi yang pertama kali ke green bay pasti akan bertanya kapan nyampeknya?. Kondisi jalan yang cukup jelek membuat perjalanan terasa lama. Setelah sampai di parkiran sepeda pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 1 KM untuk sampai ke pantai, itupun jalannya tidak datar.

Pemandangan di green bay sudah tidak diragukan lagi bahkan teluk hijau merupakan salah satu yang terbaik di banyuwangi. Airnya yang hijau serta adanya air terjun yang langsung ke pantai membuat pantai ini berbeda dengan pantai lain yang ada di banyuwangi. Sepulangnya dari Teluk Hijau anda bisa mampir ke pulau merah karena pulau merah searah dengan Teluk Hijau dan jaraknya tidak terlalu jauh. Pulau merah sendiri sudah menjadi ikon di banyuwangi dengan pulaunya yang berada di bibir laut dan ombaknya yang bagus untuk berselancar membuat pantai selalu ramai akan pengunjung. Di pantai ini pengunjung juga bisa melihat sunset yang tak kalah bagusnya dengan sunrise.

Ke pantai rasanya tidak lengkap bila tidak melakukan olahraga air seperti snorkeling, anda bisa melakukan snorkeling di BUNDER atau Banyuwangi Under water. Cukup membayar Rp 35.000 anda bisa bersnorkeling sepuasnya. Anda juga bisa bermain di rumah apung yang menjadi tempat transplantasi terumbu karang. Disana juga terdapat kolam ikan hiu, anda bisa merasakan sensasi berenang dengan ikan hiu disana.

Dari ulasan diatas kebanyakan wisata pantai, namun jangan berfikir kalau banyuwangi itu hanya punya pantai. Di banyuwangi juga terdapat air terjun yang tak kalah bagus dengan air terjun di kota – kota lainnya di Indonesia, salah satu air terjun terbaik di banyuwangi adalah Air Terjun Lider. Air terjun ini memiliki ketinggian 60 meter dan menjadikannya sebagai air terjun tertinggi di banyuwangi, tiket masuknya pun gratis pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir sepeda. Selain air terjun di banyuwangi juga terdapat taman nasional yang terkenal angker yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Dibalik keangkerannya ternyata alas purwo juga memiliki keindahan yang menakjubkan. namun yang paling terkenal dan mendunia adalah Plengkung. Terkenal dengan ombaknya yang fantastis membuat 0mbak di plengkung paling dicari oleh surfer di dunia. Bahkan ombak di plengkung terbaik kedua setelah hawai.

masih banyak lagi wisata di banyuwangi yang mengesankan. dan akan saya bahas di artikel selanjutnya. 

Ingin Liburan Murah tapi Mengesankan, Ke Banyuwangi Aja | sirot | 4.5