Lider Waterfall, Air Terjun Terbaik dan Tertinggi di Banyuwangi

Banyuwangi tak hanya memiliki pantai – pantai cantik namun juga memiliki wisata lain seperti air terjun dan kali ini asli Indonesia akan membahas air terjun terbaik yang dimiliki banyuwangi yaitu air terjun lider. Terletak di lereng gunung raung membuat air terjun ini sulit untuk dicapai karena belum ada akses jalan yang bagus untuk menuju air terjun lider. Secara geografis air terjun lider berada di dusun sragi, desa sumber arum, kecamatan songgon, Banyuwangi atau berjarak sekitar 45 KM dari kota Banyuwangi.

Air terjun lider memiliki pesona yang masih alami, itu terbukti dari sedikitnya pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. lokasinya yang tersembunyi dan berada di hutan belantara membuat suasana di air terjun lider sejuk. Air terjung setinggi 60 meter dengan ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut ini menjadikannya sebagai air terjun terbaik dan tertinggi di banyuwangi. Dengan ketinggian itu, anda harus berhati – hati jika ingin mandi di air terjun karena derasnya percikan air terjun yang bisa membuat tubuh anda kedinginan dan bisa – bisa sepulang dari air terjun anda akan merasakan sakit flu, demam ataupun sakit terlinga. Dinamakan air terjun lider dikarenakan air terjun ini terletak di blok lider.

Pesona air terjun lider tidak hanya itu saja, ada banyak hal yang bisa membuat anda terpesona. salah satunya adalah adanya empat air terjun kecil yang merupakan bagian dari air terjun utama, anda juga bisa pergi ke belakang air terjun utama karena dibelakang air terjun utama tempatnya masih luas. Namun untuk bisa kesana anda harus berhati hati agar tidak terluka. Selain itu, yang membuat tempat ini semakin eksotik adalah adanya tebing yang terlihat menggantung disisi kanan dan kiri air terjun.

Untuk mencapai air terjun lider medan yang akan dilalui lumayan ekstrim, setelah anda berada di lokasi parkiran sepeda di bawah pohon bringin anda harus berjalan kaki sampai ke air terjun. Jalannya pun tidak mulus dan datar, baru berjalan saja anda harus turun menuruni bukit sampai ke sungai. Setelah itu anda harus menyebrangi sungai dan melewati hutan belantara dan menyebrangi sungai lagi sebanyak 7 kali. Jika anda beruntung anda akan melihat penghuni setempat seperti kera, burung, kupu – kupu, dan lain – lain.

Sebelum anda sampai di lokasi anda akan menemui satu air terjun kecil di sebelah kiri jalan. jika anda sudah menemukan air terjun ini berarti anda sudah dekat dengan air terjun lider. Selama perjalanan jangan kaget jika anda selalu menemui daun yang dipenuhi oleh pasir ini dikarenakan erupsi gunung raung. Sisa – sisa pasir erupsi masih banyak karena belum terkena hujan.

Rute

Untuk menuju air terjun lider jalannya sudah mulai bagus dari rogojampi sampai ke sragi, namun medan akan terasa cukup berat ketika sudah memasuki kawasan perkebunan karena belum teraspal, hanya ada jalan dengan bebatuan yang lumayan besar serta berdebu. Lebih baik anda menggunakan sepeda motor yang bertipe off road agar perjalanan lebih nyaman dan tidak menyiksa diri.

Jika lokasi anda sekarang berada di banyuwangi atau arah banyuwangi sebaiknya anda lewat songgon. Jaraknya sekitar 45 KM dari kota banyuwangi, setelah itu anda ke arah desa sragi lalu melewati perkebunan sumberarum. Setelah sampai di sdn 4 sumber arum anda belok kanan dan ikuti jalan kecil jangan mengambil arah lurus karena anda akan melewati perkebunan dan akan di stop oleh satpam setempat. Anda tidak boleh lewat sana jika petani setempat sedang melakukan panen cengkeh.

Jika anda dari arah jember sebaiknya anda lewat genteng, selanjutnya dari genteng menuju sempu yang berjarak sekitar 7 KM, setelah itu anda harus melewati desa jambewangi menuju desa sumber arum yang berjarak sekitar 7 KM. sesampainya disini anda bisa mengikuti jalan seperti rute pertama tadi.

Tips

– Pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan yang prima untuk perjalanan yang ekstrim karena kondisi jalan yang belum bagus. Dan jangan lupa mengisi bahan bakar agar tidak kehabisan bahan bakar.

– Untuk menuju air terun lider memerlukan fisik yang lumayan karena perjalanan menuju lokasi yang cukup menguras tenaga.

– Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin karena medan yang dilewati adalah menyebrang sungai dan turun naik agar tidak terpeleset dan tidak sakit semua.

– Kondisi lingkungan yang lembab dan banyak sungai yang dilewati diharapkan anda berhati – hati dengan binatang seperti lintah atau pacet.

– Jangan lupa membawa bekal yang cukup untuk mengisi energy karena di air terjun tidak ada yang berjualan.

– Erupsi yang diakibatkan oleh gunung raung membuat lokasi dipenuhi oleh pasir jadi jangan sekali kali anda menggoyangkan pohon karena pasir yang menempel di daun bisa mengenai anda dan membuat tubuh anda gatal.

– Jika ingin mandi di air terjun sebaiknya jangan berlama – lama. Dengan ketinggian mencapai 60 meter tumpahan airnya sangat deras dan bisa membuat angin yang lumayan besar. mandi di air terjun terasa seperti mandi di hujan badai.

– Dan satu lagi yang terakhir dan suka dilupakan oleh pengunjung yaitu membawa kantong kresek untuk membawa kembali sampah yang dibawa.

Untuk berwisata ke air terjun lider tidak dikenakan biaya sepeserpun anda mungkin hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3000. Meskipun tidak dipungut biaya anda harus tetap menjaga lingkungan sekitar agar tetap lestari.

Galery

Lider Waterfall, Air Terjun Terbaik dan Tertinggi di Banyuwangi | sirot | 4.5