Bahan Dapur untuk Merendam Daging agar Empuk dan Lezat

Disaat hari raya idul adha biasanya sajian dengan berbahan dasar daging menjadi menu favorit yang wajib disajikan sebagai hidangan istimewa untuk keluarga tercinta. Namun mengolah menu masakan berbahan dasar daging ternyata tidaklah mudah, jika salah dalam mengolahnya daging bisa saja menjadi bau dan a lot atau sulit digigit dan dikunyah.

Untuk mendapatkan daging yang empuk biasanya daging dipotong dengan ukuran kecil – kecil dan direbus dalam waktu yang cukup lama. Namun proses tersebut justru dapat mengurangi kelembutan dari tekstur daging dan membuat daging menjadi kurang gurih. Cara lain yang dipercaya membuat daging menjadi lebih empuk adalah dengan memotong daging melintang dari seratnya, memukul permukaan daging dengan pemukul khusus daging.

Selain itu biasanya cara lain yang digunakan untuk membuat daging cepat empuk dan lezat adalah dengan merendam daging terlebih dahulu sebelum diolah menjadi sajian yang lezat. Anda juga bisa memanfaatkan bahan perendam daging untuk membuat daging lebih empuk dan siap diolah menjadi menu sajian istimewa. Apa saja bahan perendam daging tersebut? Berikut ini informasinya

Teh

Selain enak dijadikan minuman, teh ternyata juga dapat membuat daging lebih empuk dan lezat. Kandungan tannin yang terdapat didalam teh menjadi salah satu bahan alami yang dapat membuat daging lebih empuk.

Untuk membuat rendaman daging dari teh, buatlah 1 atau 2 cangkir teh hitam pekat, kemudian diamkan hingga suhu air menjadi lebih dingin. Setelah itu rendamlah daging yang hendak diolah kedalam teh tersebut. Setelah direndam beberapa menit barulah daging dapat diolah menjadi hidangan istimewa. Air teh juga dapat digunakan untuk mengasinkan daging sehingga daging terasa lebih enak.

Minuman Bersoda

Jika anda sedang terburu – buru ingin mengolah daging dan hanya tersedia minuman bersoda dalam lemari pendingin anda , jangan ragu menggunakannya sebagai bahan perendam daging agar daging lebih cepat empuk. Minuman bersoda ini ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan perendam daging.

Kandungan asam yang tinggi pada minuman bersoda dipercaya dapat melembutkan otot – otot daging sehingga daging menjadi lebih empuk. Untuk membuat daging dari minuman bersoda jenis kola caranya pun cukup mudah, yaitu dengan merendam daging dengan air bersoda tersebut kurang lebih 30 menit hingga 24 jam sebelum di masak.

Namun minuman bersoda yang dipakai baiknya jangan menggunakan jenis minuman diet, dan yang perlu diperhatikan kandungan asam dalam minuman bersoda tersebut cukup tinggi maka sebaiknya menggunakan wadah yang terbuat dari kaca dan hindari wadah yang terbuat dari steinless stell. Karena wadah yang terbuat dari wadah tersebut dapat bereaksi jika bersinggungan zat asam sehingga dapat mempengaruhi rasa daging.

Selain lebih empuk, daging yang direndam dalam cairan minuman bersoda juga akan memiliki cita rasa tersendiri.

Jahe

Bahan rempah yang satu ini memang banyak manfaat, termasuk untuk melunakkan daging. Dalam jahe terdapat kandungan proteolitik yang secara alami dapat memecah protein sehingga membuat daging lebih lembut.

Untuk membuat daging lebih empuk sebelum diolah lumuri daging dengan parutan jahe selama beberapa menit. Selain itu anda juga dapat menggunakan daun jahe kedalam rebusan daging agar bau yang ditimbulkan sedikit hilang. Olahan daging pun menjadi lebih nikmat.

Kopi

Banyak restoran ternama biasanya merendam daging dengan cairan anggur merah atau red wine, selain lebih empuk daging juga memiliki cita rasa tersendiri. Namun anda tidak perlu khawatir, anda tetap bisa membuat daging lebih empuk dengan bahan yang tidak mahal dan mudah didapat.

Buatlah satu cangkur kopi kental lalu dinginkan sejenak, rendam daging selama 24 jam hingga daging menjadi lebih empuk. Selain melembutkan tekstur daging, daging yang direndam dalam cairan kopi pun akan memiliki rasa yang sedikit unik dan tak kalah dengan daging yang direndam dengan cairan red wine.

Bahan Dapur untuk Merendam Daging agar Empuk dan Lezat | sirot | 4.5