10 Tempat Wisata di Padang yang Paling Keren

Ketika kita mendengar kata padang, pasti yang ada di bayangan kita adalah masakan padangnya yang begitu lezat. namun jangan salah, kota padang tak hanya memiliki kuliner yang enak tapi juga memiliki tempat wisata yang indah dan tak kalah keren dengan tempat wisata lainnya di indonesia. Mulai dari pantai, air terjun, musium, danau hingga lembah.

Bagi anda yang sedang berlibur atau orang padang asli maka sempatkanlah untuk berkunjung ke 10 Tempat wisata di padang yang keren ini.

Danau Singkarak

Tak hanya terkenal di indonesia, danau yang satu ini sudah terkenal di mancanegara. Ini dikarenakan diadakannya lomba balap sepeda Tour de Singkarak yang melewati danau ini. Danau terbesar di Sumatra Barat ini terletak diantara kabupaten Solok dan Tanah Datar. Di danau ini anda bisa melakukan kegiatan seperti berenang di airnya yang sangat jernih, memancing di tepi danau, berkeliling danau menggunakan perahu, atau ikut nelayan menangkap ikan, dan jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan camera masing – masing. Keunikan dari danau ini adalah adanya Ikan Bilih yang diperkirakan hanya hidup di danau ini saja.

Lembah Anai

Berkunjung ke padang anda harus berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, yaa lembah anai atau orang padang menyebutnya dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Lembah anai merupakan maskot dari kota padang sendiri bahkan Sumatra barat, keindahan alamnya bisa menyejukkan mata, fikiran lalu turun ke hati anda. Sangat cocok untuk anda yang ingin merilekskan jiwa atau ingin melepaskan kepenatan kerja yang selama ini anda rasakan. Terdapat 3 air terjun di lembah anai ini, salah satu yang terkenal adalah air terjun lembah anai yang letaknya berada di pinggir jalan. Sedangkan dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, sehingga masih banyak orang yang tidak tahu. Bagi wisatawan yang ingin ke dua air terjun ini anda harus berjalan terlebih dahulu sekitar 15 menit dari lokasi air terjun lembah anai.

Jembatan Siti Nurbaya

Padang terkenal dengan legenda siti nurbaya, karya dari sastrawan Sumatra Barat bernama marah rusli ini sangat fenomenal. Bahkan nama Siti Nurbaya di jadikan sebuah judul lagu oleh Dewa 19 dan juga nama Jembatan. Jembatan yang membentang sepanjang 156 meter ini menawarkan pemandangan yang berbeda – beda setiap pergantian matahari. pada siang hari jembatan ini akan dihiasi oleh kapal – kapal kayu yang berlalu lalang melewati jembatan, sedangkan ketika menjelang malam hari, jembatan ini akan terkena pancaran sinar sunset matahari yang indah, dan pada malam hari anda akan terkagum melihat gemerlapnya lampu – lampu yang berada di jembatan serta anda bisa menikmati wisata kulinernya. Jembatan ikonik yang menghubungkan kota tua padang dan taman siti nurbaya ini bagaikan jembatan di luar negeri yang bersih dan indah.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan salah satu pantai di padang yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan lokal. Aksesnya yang mudah dan jaraknya yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 14 KM menjadi alasan kenapa wisatawan menyukai tempat ini. Selain aksesnya yang mudah pantai ini juga tak kalah cantik dengan pantai – pantai lainnya. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai nirwana adalah pada saat sore hari karena pada saat itu anda bisa menikmati keindahan sunset, dan pada saat malam hari lampu sorot dari pelabuhan teluk bayur akan terlihat.

Musium Adityawarman

museum adityawarman

Jika dari tadi kita membahas tempat wisata alam maka kali ini kita akan membahas wisata budaya dan sejarah. Mengunjungi musium ini sangat penting karena didalam musium ini terdapat sejarah dan budaya kota padang, oleh karena itulah musium ini disebut juga taman mini ala Sumatra Barat. Musium yang dibangun pada tahun 1974 ini memiliki jumlah koleksi sekitar 6000, koleksi benda – benda bersejarah seperti cagar budaya minangkabau serta beberapa cagar budaya nasional ada didalam musium ini. Dan yang paling diminati pengunjung adalah peragaan pelaminan pernikahan adat minang.

Pantai Air Manis

pantai air manis

Selain legenda Siti Nurbaya, kota padang juga terkenal dengan legenda Malin Kundang. Anak yang durhaka kepada orang tuanya ini dikutuk menjadi batu, dan pantai air manis diyakini sebagai tempat dikutuknya malin kundang. Ini dikarenakan adanya batu malin kundang yang berbentuk seperti orang sujud. Pantai yang terletak di kecamatan padang selatan, Kota padang ini memiliki pasir berwarna cokelat yang sangat luas. Di pantai ini anda bisa melakukan olahraga pantai seperti surf atau berkunjung ke pulau pisang kecil yang letaknya tak jauh dari pantai air manis. Di pulau tersebut anda bisa menemukan banyak monyet yang berkeliaran.

Air Terjun Tiga Tingkat

Selain Air Terjun yang ada di Lembah Anai, di padang juga ada air terjun lainnya yang keren. Yakni air terjun tiga tingkat atau masyarakat sekitar menyebutnya Air Terjun Tigo Tingkek, dinamakan air terjun tiga tingkat dikarenakan air terjunnya terdiri dari tiga tingkatan. Untuk menuju ke tingkatan yang paling tinggi atau tingkat ketiga para pengunjung perlu kerja keras karena ketinggian dari air terjun ini mencapai 1080 meter. Selain tinggi, medan yang akan dilewati sedikit terjal dan licin jadi anda harus berhati – hati agar tidak terpeleset. Air terjun tiga tingkat terletak di kaki bukit barisan atau berjarak +22 Km dari arah selatan kota padang.

Miniatur Makkah

miniatur makkah

Setelah berwisata alam dan budaya, di padang juga terdapat wisata religi. Yaa miniatur makkah ini di buat untuk manasik haji. Karena dibuat untuk manasik haji, tempat ini dibuat sepersis mungkin sama yang ada di makkah.Miniatur makkah ini dibangun pada tahun 2010 dan masih tergolong baru. Di pintu gerbang terdapat tugu al-quran yang mirip dengan di makkah namun ukurannya lebih kecil, masuk kedalam anda akan menjumpai masjid narzukilullah dengan miniatur ka’bah didalamnya dan background hijaunya bukit.

Sitinjau Lauik

Bila anda ingin melihat pemandangan kota padang dari atas maka di Sitinjau Lauik lah tempatnya. Disini anda bisa melihat panorama kota padang dari dataran tinggi yang memiliki ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Selain itu, anda juga bisa membersihkan paru – paru anda dari udara kota yang kurang bersih dengan menghirup udara segar yang diberi tuhan secara gratis disini. Untuk mendapatkan view pemandangan yang bagus anda harus ke pos dua yang ditandai dengan adanya gazebo dengan atap khas arsitektur minang yang disebut sebagai scenic point. Sitinjau lauik ini terletak di kaki gunung talang atau berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota padang.

Pulau Sikuai

Pulau yang satu ini memiliki banyak keindahan yang bisa anda dapatkan. Mulai dari keindahan lautnya, alamnya yang asri, serta keindahan bawah lautnya yang luar biasa indahnya. Pulau yang terletak di sisi barat pulau sumatra ini merupakan salah satu dari 19 pulau yang masuk dalam administratif kota padang. Sejak tahun 1994 pulau ini dikembangkan menjadi objek wisata bahari, para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa melakukan beberapa aktivitas laut seperti snorkeling, diving, berenang dan memancing.

Itulah 10 Tempat Wisata di Padang yang paling keren menurut asliindonesia.net, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. #SalamIndonesia

10 Tempat Wisata di Padang yang Paling Keren | Masgala | 4.5