7 Keunikan dari Padang Sumatera Barat

Siapa yang tak pernah mendengar Kota Padang? Mungkin sebagian besar masyarkat Indonesia mengenal kota Padang dari kulinernya yang sangat maknyus seperti Rendang. Tapi dibalik kulinernya yang sangat lezat itu, Kota dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya ini memiliki keunikan yang berbeda dari kota – kota lainnya di Indonesia. Apa saja keunikan tersebut? Berikut ini informasinya

Tidak Ada Restoran Padang

Meskipun terkenal dengan kulinernya dan hampir di semua kota di indonesia terdapat restoran padang namun di padang sendiri tidak memiliki restoran padang. Di sepanjang jalan anda tidak akan menemukan warung atau restoran bernama restoran padang, masakan padang atau rumah makan padang. Yang ada adalah rumah makan sederhana, dll yang menyajikan masakan khas padang tentunya.

Memiliki Tempat Wisata yang Keren

Terletak di pantai barat pulau sumatera dan berada di dataran tinggi membuat Padang memiliki tempat wisata yang cukup komplit. Mulai dari pantai, air terjun, lembah,danau dan juga wisata religi. Beberapa diantaranya sudah mendunia seperti danau Singkarak, danau ini terkenal karena adanya lomba sepeda internasional yang melewati danau singkarak. Dan untuk wisata alam lainnya yang keren adalah Lembah Anai, Pulau Sikuai, dan Pulau Pagang.

Memiliki Angkutan Umum Paling Nyentrik di Dunia

Ketika berlibur ke kota padang anda jangan kaget melihat angkutan umum yang keren – keren. Hampir semua angkutan umum di kota padang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa menarik pelanggan sebanyak – banyaknya. Jika angkutan umumnya tidak dihias maka orang tidak mau menumpanginya. Bahkan jika ada siswa yang naik angkutan umum yang tidak dihias maka dia dicak tidak gaul oleh teman – temannya. Angkutan umum di kota padang dihias bak mobil modifikasi yang ada di TV, maupun majalah. Modifikasinya pun macam – macam, mulai dari yang menggunakan stiker unik, full musik dengan sound dimana – mana, hingga kerangkanya yang dirubah.

Anak Padang Sayang Mama

Anak – anak di padang sejak dari kecil mereka diceritakan legenda malin kundang yang durhaka kepada orang tuanya. Sebelum tidur mereka diceritakan dongeng tersebut agar kelak ketika mereka sukses mereka tidak melupakan ibunya yang telah melahirkan dan membesarkannya. Alhasil anak – anak di padang sayang sekali pada mamanya karena takut nantinya dikutuk menjadi batu. Hehe

Memiliki Jam yang Mesinnya Cuma Ada Dua di Dunia

Singgah ke padang tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke jam gadang yang merupakan icon dari sumatera barat. Tahukah anda jika mesin yang digunakan untuk menggerakkan jam ini hanya ada dua di dunia yaitu di Jam Gadang, padang dan di Big Ben di Inggris. Dan yang cukup unik adalah penulisan angka empat pada jam Gadang. Jika biasanya angka 4 dalam romawi di tulis IV maka di jam ini ditulis IIII.

Muda – Mudinya Sering Menjadi Perantau

Bagaikan air yang mengalir dan tidak menetap di suatu kubangan, yaa itulah yang dialami oleh muda – mudi padang. Mereka dituntut untuk merantau sejauh mungkin agar bisa sukses seperti air yang mengalir terus bukan air yang menetap di kubangan hingga menjadi keruh. Sebelum merantau, muda – mudi harus memiliki dua bekal yaitu bekal memasak dan goyang – goyang kaki (menjahit). Memasak adalah keahlian yang turun temurun diwariskan di keluarga minang.

Memiliki Gaya Arsitektur yang Khas

Rumah gadang merupakan rumah adat minangkabau yang merupakan rumah tradisional. Rumah gadang memiliki arsitektur khas yang terletak pada bentuk puncak atapnya runcing yang menyerupai tanduk kerbau. Karena keunikannya ini, gaya arsitektur rumah gadang menjadi inspirasi bangunan di berbagai dunia. Salah satunya adalah The House of The Five Sense yang berada di belanda, rumah ini tercatat di Guinness book of records karena atap jeraminya yang luas.

7 Keunikan dari Padang Sumatera Barat | sirot | 4.5