7 Robot Unik di Dunia

Category : dunia, unik
7 Robot Unik di Duniaby siroton.7 Robot Unik di DuniaDi era canggih seperti sekarang ini semakin beragam saja macam – macam robot yang diciptakan para ilmuan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai keperluan. Bahkan, tidak tanggung – tanggung robot tersebut ada yang diciptakan sesuai dengan bentuk aslinya. Dari yang hanya dipamerkan, membantu tugas manusia, hingga ada yang menciptakan robot berbentuk hewan. Dan berikut ini informasi […]

Di era canggih seperti sekarang ini semakin beragam saja macam – macam robot yang diciptakan para ilmuan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai keperluan. Bahkan, tidak tanggung – tanggung robot tersebut ada yang diciptakan sesuai dengan bentuk aslinya. Dari yang hanya dipamerkan, membantu tugas manusia, hingga ada yang menciptakan robot berbentuk hewan. Dan berikut ini informasi 7 robot terunik di dunia.

Robot Kertas


Robot terunik yang pertama adalah robot kertas, jika biasanya robot terbuat dari logam dan alat elektronik tidak dengan robot yang satu ini. Robot ini terbuat sebagai robot ramah lingkungan pertama di dunia yang terbuat dari bahan kertas karton.

Ide pembuatan robot ini pertama kali dicetuskan oleh perusahaan robot iger, berat robot ini tergolong ringan sekitar 6 KG dan hampir keseluruhan robot ini terbuat dari karton. Hanya ada 8 motor kecil yang digunakan untuk menggerakkan kerangka badan dan kerangkanya.

Karena robot diplus ropop ini terbuat dari karton jadi sangat mudah untuk didaur ulang, Dan bagian tubuhnya pun dapat digambari. Robot ini pernah dipamerkan di internasional robot exebition 2009 di tokyo, jepang dan dijual dengan harga 3 ribu pounds terling atau sekitar 40 juta rupiah. Target konsumen dari robot ini adalah perusahaan – perusahaan yang peduli akan lingkungan.

Robot Pramusaji

Banyak cara dilakukan restorant untuk menarik pengunjungnya, selain menu makananannya yang enak dan beragam sebuah restaurant jepang di thailand menggunakan robot sebagai pramusaji untuk melayani pengunjung. Para pengunjung yang datang dapat memesan makanan lewat layar sentuh kemudian robot yang memiliki mata besar dan berkostum samurai tersebut akan mengantar makanan disertai goyangan. Robot pramusaji ini bertugas menghidangkan makanan sekaligus mebereskan meja makan.

Menurut sang pemilik, yang diresturant ini berjumlah 4 robot dan langsung diimpor dari jepang. Harga satu robot pun dibandrol cukup mahal yaitu hampir 1 juta dollar amerika atau sekitar 9 miliar rupiah.

Robot Untuk Praktek Dokter Gigi

Melihat sosoknya yang menyerupai wanita muda, cantik dan memiliki tinggi 165 CM ini tidak ada yang menyangka bahwa ini adalah sebuth robot. Robot syroid buatan jepang yang dikembangkan oleh doktor nautake sigui dari nipon dentan university di tokyo jepang ini memang dirancang khusus untuk praktek calon dokter gigi.

Kehadiran robot ini digunakan untuk membantu calon dokter gigi untuk belajar memahami perasaan pasien dan berusaha untuk meningkatkan kemampuan serta memperlakukan pasien seperti manusiawi.

Robot syroid ini dapat menunjukkan eskpresi tidak nyaman dengan mengerutkan dahi bahkan robot ini dapat berkata itu sakit dan berteriak aw. Singkatnya jika dokter gigi tersebut melakukan sesuatu yang menimbulkan rasa sakit maka robot syroid ini akan memberitahukannya.

Robot Bartender

Dimasa depan tampaknya robot akan mengambil alih pekerjaan manusia, salah satunya robot bartming yaitu sebuah robot bartender yang bertugas untuk menggantikan bartender di bar atau klub malam. Robo bartming buatan jepang yang diberi nama mister assahi ini dapat melayani pembeli minuman bir berbagai takaran sesuai diminta oleh konsumen.

Robot ini juga dapat meracik minuman dalam waktu dua menit saja. Padahal jika manusia meracik membutuhkan waktu 10 menit. Selain itu robot assahi ini juga dapat membuka botol bir dengan menggunakan gelas tanpa ada yang tertumpah. Robot senilai 100 ribu pound sterling atau sekitar 1,3 miliar ini dikontrol melalui komputer dalam meracik sebuah minuman.

Selain itu keunggulan lainnya dari robot bartender ini adalah ia dapat bekerja secara cepat tidak perlu membutuhkan waktu istirahat dan dapat tersenyum ramah kepada tamu yang datang.

Robot Kucing

Bagi anda yang suka kucing tapi tidak dapat memeliharanya karena alergi pada bulunya kini ada solusinya. Sebuah perusahaan di jepang membuat robot kucing yang dinamakan the newmeneco smile, newmeneco smile adalah robot kucing yang unik dengan tinggi 13 inci dan memiliki berat 1 setengah pound.

Robot kucing ini dilengkapi dengan lima sensor yang tersembunyi dan bereaksi terhadap sentuhan, namun ia tidak dapat berburu tikus seperti kucing pada umumnya. Mata dari newmeneco ini bisa berkedip, menggerakkan mulutnya, leher, menaikkan bokongnya, tiduran, menekan buntutnya dan marah, bahkan ia dapat mengeluarkan suara mendengkur, meong, dan mendesis.

Prilaku dari newmeneco ini seperti kucing aslinya, jika ditinggal oleh yang punya ia akan tertidur, mendengkur dan terdiam.

Robot Pemain Musik

Berali ke robot selanjutnya yaitu robot yang dapat bermain musik, robot yang berwarna putih dan memiliki tinggi 150 CM ini dibuat oleh persuhaan terkenal di jepang. Kecanggihan dari robot ini adalah ia dapat meniup terompet dan menggesek biola. Disaat meniup terompet robot ini mengatur volume suara yang akan dikeluarkan dari mulutnya dan mengatur gerakan jari – jarinya sehingga ia mampu memainkan trompet.

Robot ini juga mampu bermain biola dan mampu memainkan beberapa lagu tanpa melakukan kesalahan, permainan musiknya pun tidak kalah dengan pemain musik yang profesional. Tujuan dari produsen pembuat robot ini adalah memberikan kontribusi terhadap masyarakat jepang terutama terhadap kamu lanjut usia.

Robot Menari dan Menyanyi

Robot terunik di dunia yang terakhir adalah robot yang dapat menari dan bernyanyi, salah satu robot humanoid buatan jepang ini didesain khusus untuk bisa menari layaknya manusia pada umumnya. Robot bersosok wanita berparas cantik ini dinamakan XRT-4C adalah salah satu robot tercanggih yang dibuat oleh ilmuan jepang dan dipasangi software vocaloid yang membuat robot ini dapat menghasilkan suara yang merdu.

Dalam sebuah pertunjukan, robot XRT ini menunjukkan aksi bernyanyinya bersama dengan penari manusia. Sekilas memang tidak terlihat yang menyanyi dan menari adalah seorang robot karena gerakannya yang menyerupai manusia.

Related Posts