7 Sumber Mata Air yang Sakti dan Ajaib

Manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup, dari 100 persen air di bumi, 97 persennya adalah air asin, Dan hanya 3 persen berupa air tawar yang lebih dari 2/3 nya berada dalam bentuk es glister di kutub. Air tanah yang tak membeku dapat ditemukan didalam tanah berupa air tanah dan hanya sebagian kecil hanya ada diatas permukaan tanah. Air ini keluar dari permukaan bumi mulai dari beragam bentuk air seperti sumur, sungai, danau dan lain sebagainya.

Sumber – sumber air ini terkadang memiliki keistimewaan tersendiri, dan dianggap ajaib oleh masyarakat. Entah karena bentuknya ataupun mitos yang mengikutinya. Berikut ini 7 sumber mata air ajaib

Mata Air yang Bisa Mengubah Segala Sesuatu Menjadi Batu di Inggris

Diawali dengan sumber mata air yang bisa mengubah segala sesuatu menjadi batu , mata air ini ditemukan di tepi sungai nit, neilsborg doncaser utara, inggris. Tak hanya benda mati, benda mati konon juga bisa menjadi batu apabila terkena air ini.

Masyarakat lokal percaya kalau sumber mata air ini telah dikutuk oleh syaitan sehingga setiap objek seperti daun, batang, bahkan unggas bisa menjadi batu setelah beberapa bulan. untuk membuktikan hal itu, beberapa petualang meninggalkan barang mereka disana. Meski terdengar mengerikan, seorang sejarawan bernama john lelon menyatakan bahwa mata air ini justru malah bisa menyembuhkan penyakit.

Ratusan tahun silam, banyak orang dengan berbagai macam penyakit datang ke mata air ini untuk berharap mendapat kesembuhan. Pada tahun 1600an seorang dokter yang meneliti air disana menemukan bahwa air tersebut memang ajaib untuk tubuh. Ilmuan tersebut menemukan bahwa air ini mengandung mineral sangat tinggi yang membentuk lapisan di permukaan objek, lapisan inilah yang akan mengeras menjadi batu dalam waktu lama.

Sumber Air Panas Raksasa di Wayoming, AS

Berikutnya adalah grand , kolam ini merupakan sumber air panas yang terletak di wayoming amerika serikat. Sumber air panas alami ini memiliki warna seperti pelangi, bagian tengahnya berwarna biru cerah, bagian luarnya hijau dan kuning sementara sisi luarnya berwarna merah jingga. Warna – warni ini terbentuk karena bakteri yang membentuk lapisan microbial di sekeliling danau. Suhu danau yang berubah – ubah juga mempengaruhi pigmen warna yang dihasilkan bakteri.

Saat musim panas, lapisan luar kolam cenderung berwarna oranye atau merah. Sedangkan saat musim dingin warnanya akan berubah menjadi hijau gelap. Sementara warna air di bagian tengah danau berwarna biru jernih karena di bagian tersebut suhunya sangat tinggi.

Boiling Lake, Danau Air Mendidih di Dominika

Boiling Lake atau danau mendidih ini terletak di dominika, jika biasanya danau memiliki air dingin maka air danau disini terkenal karena mendidih atau panas. Kepulan asap yang tebal akan terlihat dari kejauhan ketika ingin menyambangi danau ini. suhu air di danau ini berkisar antara 89 – 91 derajat celcius.

Dengan keunikannya ini, boiling lake menjadi situs warisan dunia. Pada tahun 2007, seorang pembuat film bernama George coronis berhasil menyebrangi danau mendidih ini. seketika itu juga danau ini begitu tersohor ke seluruh dunia.

Yanar Bulaq, Mata Air Ajaib yang Bisa Terbakar di Azerbaijan

Air dan api merupakan dua zat yang berlawanan, namun ternyata ada air yang bisa menyala jika terkena api. Inilah yanar bulaq, atau burning spring yang terletak di astara Azerbaijan, air mengalir dengan pipa logam yang berdiri di sebuah paviliun kecil. Memang tak Nampak ada anehnya dengan mata air ini, namun ketika menyalakan korek api dan mendekatkannya pada air maka seketika air ini akan terbakar.

Ternyata hal itu terjadi dikarenakan air ini mengandung kandungan gas metana sangat tinggi sehingga dapat dengan mudah terbakar. Penduduk sekitar percaya bahwa air menakjubkan ini memiliki sifat perbaikan atau penyembuhan. Meskipun api masih menyala pada air ini, mereka sering mengambilnya untuk diminum.

Tak hanya penduduk setempat, orang – orang dari luar pun saat musim semi sering datang ke sumber mata air ini untuk mengambil airnya.

Chinoike Jigoku, Kolam Air Neraka dari Jepang

Berikutnya adalah chinoike jigoku, atau kolam air darah yang terletak di jepang. Mata air panas ini adalah satu dari delapan sumber air panas terkenal yang bernama 8 raka bego. Namun chinoike jigoku memiliki keistimewaan berupa airnya yang berwarna merah darah. Tak hanya airnya, uap yang keluar dari permukaan kolampun berwarna kemerahan.

Air panas di kolam darah ini dipercaya memiliki khasiat kesehatan, disini pengunjung bisa membeli salep khusus yang terbuat dari tanah liat di sekitar kolam. Sumber air panas warna darah ini tercipta karena konsentrasi tinggi garam besi di daerah tersebut. Suhu air panas ini mencapai 90 derajat celcius, karena itulah penduduk menyebut air panas ini sebagai neraka.

Sumber Air Panas di Pantai Selandia Baru

Selandia baru dikenal memiliki banyak sumber air panas, namun yang paling unik adalah sumber air panas yang keluar di pantai timur temenanjung karamendel. Di pantai bernama hot water beach ini terdapat sumber air panas alami, banyak orang berdatangan untuk berendam di sumber air panasnya, mereka akan menggali pasir pantai untuk menampung air yang keluar dari permukaan bumi. Semakin dalam menggali maka suhu yang didapat akan semakin hangat. Bahkan suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 64 derajat celcius.

Asik – Asik, Air Terjun Keramat Mampu Sembuhkan Penyakit di Filipina

Air terjun asik – asik adalah sumber mata air ajaib berikutnya, air terjun yang terletak di kota bato, Filipina ini sangat unik karena airnya tidak mengalir dari sungai dataran tinggi. Di bukit yang terletak diatas air terjun ini tidak terdapat sungai atau mata air yang mengalir, sebagian tanahnya bahkan sudah dijadikan lahan pertanian. Tetapi entah bagaimana air terjun ini bisa mengalir dari retakan – retakan tepian tebing yang ditutupi tanaman hijau.

Jadi jika dilihat sepintas tampak seolah – olah air terjung keluar secara ajaib dari sela – sela tumbuhan. Sumber dari air terjun asik – asik ini pun masih misterius, air terjun yang dibuka untuk umum pada tahun 2012 silam ini dianggap keramat oleh penduduk lokal. Mereka percaya air terjun asik – asik memiliki khasiat penyembuhan. Disini pengunjung dilarang untuk mengambil tanaman atau benda apapun yang ada di air terjun, konon benda tersebut akan membuat hidup sang pencuri tidak tenang.

7 Sumber Mata Air yang Sakti dan Ajaib | sirot | 4.5