7 Legenda Hantu di Indonesia yang Mengerikan

Sebagai masyarakat indonesia pasti sudah akrab dengan cerita legenda tradisional. Cerita dan mitos seperti sosok kuntilanak, tuyul atau genderuwo mungkin sering di dengar oleh masyarakat indonesia pada umumnya. Namun selain itu ternyata masih banyak mitos dan legenda dari daerah tertentu yang didasarkan atas kepercayaan masyarakat setempat dan jarang terdengar oleh masyarakat luas yang juga terkenal mengerikan. Berikut ini kisah – kisah dalam 7 legenda hantu mengerikan di indonesia.

Batitong di Tana Toraja

Terdapat legenda hantu batitong di tanah toraja, konon batitong adalah roh jahat yang berasal dari perempuan yang telah meninggal saat bersalin dan menggunakan manusia untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Menurut cerita, sosok ini keluar pada suang dan malam hari dan sering dijumpai di tempat berair seperti sawah, selokan, sungai dan rawa-rawa.

Untuk mengusirnya masyarakat percaya dengan menggunakan kayu palang atau kayu pohon jarak dalam bahasa toraja maka sosok tersebut akan hilang. Selain itu, cara lain untuk mengusirnya adalah dengan mendirikan sebuah bambu pada pintu masuk kampung dimana tabung bambu tersebut diisi daun pasake dan daun kabuni yang merupakan tumbuh – tumbuhan yang tumbuh di toraja. 

Begu Ganjang di Tapanuli Utara

begu ganjang
Pada masyarakat batak toba terutama di tapanuli utara terdapat sebuah legenda bego ganjang yang menurut bahasa setempat artinya hantu panjang atau roh panjang. Oleh sebagian masyarakat, begu ganjang dikisahkan sebagai sosok mahluk yang tumbuh tinggi yang dilihat lebih dekat akan semakin tinggi, Dan konon dapat mencekik orang yang dapat melihatnya.

Namun sebagian lagi percaya bahwa begu ganjang adalah sosok berambut panjang yang suka berdiam diri di pucuk – pucuk pohon yang tinggi. Sosok begu ganjang juga disebut – sebut sebagai roh yang dipelihara seseorang untuk melaksanakan tujuan khusus dengan memberikan tumbal. 

Antu Banyu di Sungai Musi, Palembang

Ada sebuah legenda hantu populer di kalangan masyarakat di palembang, sumatera selatan yakni antu banyu. Antu banyu atau yang berarti hantu sungai diceritakan secara turun temurun, disebut – sebut berada di sungai musi dan muara dua. Sosok antu banyu digambarkan berambut panjang dan keras, rambutnya seperti satang atau bulu yang panjang serta berat dan tajam.

Karena itu, konon apabila rambut tersebut berada diatas kapal atau perahu maka itu pertanda antu banyu singgah dan kapal tersebut bisa – bisa tenggelam. Ada pula yang menyebut bahwa antu banyu sebenarnya mahluk purba, konon jika mahluk tersebut muncul saat kita menyentuh air maka air dipermukaan akan terasa hangat.

Suanggi di Papua

Suanggi, merupakan kisah urban yang sangat menakutkan di tanah papua dan juga maluku. Menurut cerita, suanggi dikenal sebagai penyihir atau orang yang memiliki kemampuan ilmu hitam tinggi. Ada pula yang mengisahkan jika sosok suanggi sangat menakutkan dengan mata yang merah dan memiliki gigi yang tajam.

Konon sosok ini sangat ditakuti karena bisa menyebabkan korbannya menderita penyakit aneh hingga berujung kepada kematian. Ketika sosok tersebut mengincar korbannya, dia akan terbang menggunakan pelepah daun dan menyelinap masuk ke rumah korbannya.

Suanggi juga diketahui bisa berubah wujud menjadi binatang apa saja, umumnya berubah menjadi cicak sehingga mudah memasuki tempat tinggal korbannya.

Lada di Goa Belanda dan Goa Jepang Bandung

Salah satu mitos yang ada di masyarakat sekitar tempat peninggalan sejarah goa belanda dan goa jepang yang ada di taman hutan raya insinyur haji juanda, Bandung, Jawa Barat yakni kita dilarang menyebut kata lada. Dalam bahasa sunda lada artinya adalah pedas, konon masyarakat setempat percaya bahwa siapapun yang menyebut lada ketika berada di tempat tersebut maka akan mengalami berbagai peristiwa menyeramkan.

Kabarnya kata lada itu merupakan sebutan atau nama dari salah satu leluhur di daerah tersebut yang sangat dihormati dan namanya pun di sakralkan oleh masyarakat setempat. Konon ada mitos jika seseorang melanggar maka orang tersebut akan mengalami kesialan dan tak jarang ada yang kerasukan.

Sosok Kisut di Pacitan

Legenda hantu kisut dikenal di daerah pacitan, jawa timur. Menurut cerita sosok hantu kisut berwujud sebuah bayangan tubuh yang selalu mengikuti, jika bayangan pada umumnya akan berukuran panjang dan pendeknya sesuai dengan cahaya yang mengenai tubuh, konon hantu kisut akan memiliki ukuran yang sama dan terus mengikuti gerak – gerik orang yang diikuti meskipun ada tidaknya cahaya, bayangan akan selalu sama mengikuti pola karakteristik tinggi tubuh.

Konon katanya ada sebuah mitos dimana sosok hantu kisut menghantui pendatang baru. Masyarakat setempat percaya bahwa bayangan mistis dan tak biasa ini adalah wujud hantu kisut yang ingin jahil kepada pendatang baru tersebut.

Sosok Kambe di Kalimantan

Didaerah kalimantan, ada sebuah legenda hantu mengerikan yang berwujud setengah kambing setengah manusia, sosok tersebut dikenal dengan sebutan hantu kambe. Ada beberapa versi cerita menggambarkan sosok hantu kambe ini, ada yang menyebutkan bahwa kambe ini berbadan manusia dengan rambut panjang dan memiliki kaki kambing, ada juga yang menyebutkan bahwa kambe berwujud seperti kambing tapi memiliki sura yang panjang.

Dikisahkan sosok ini merupakan siluman bertubuh kerdil yang biasanya mengganggu kambing, kehadirannya biasanya diikuti suara kambing ribut yang diyakini disebabkan sosok ini mengikuti menyusuri padang rumput kambing.

7 Legenda Hantu di Indonesia yang Mengerikan | sirot | 4.5