8 Permainan di Dunia yang Mirip dengan di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, salah satu keberagaman budaya di tanah air yang menjadi warisan budaya adalah permaianan tradisionalnya. Sayangnya permainan tradisional ini kini jarang ditemui atau dimainkan oleh anak – anak. Dampak kemajuan jaman rupanya membuat permaianan tradisional ini mulai terlupakan, melihat asal – usul dan sejarahnya permaianan tradisional ini ternyata tidak hanya dimainkan di indonesia saja. Ada beberapa permainan di dunia yang mirip dengan permaianan tradisional tanah air, meski sedikit memiliki perbedaan inilah 7 permaianan dunia yang mirip dengan permainan tradisional di indonesia.

Gostra, Panjat Pinang di Malta


Permainan pertama adalah gostra, gostra adalah sebuah permainan tradisional dari republik malta. Sepintas permaian ini mirip dengan permaianan panjat pinang yang populer di indonesia, permainaan gostra sendiri biasa dilakukan ketika hari minggu terakhir di bulan agustus. Para pemuda pemberani akan bersaing merebut bendera yang berada di puncak tiang.

Permainan gostra dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap St Jossep dan St Julian. Jika pada panjat pinang tiang yang ditancapkan berbentuk vertikal maka tiang pada permaianan gostra ini dipasang miring dengan kemiringin 45 derajat. Perbedaannya lagi jika panjat pinang dimainkan dengan memanjat maka gostra dilakukan dengan cara berlari diatas tiang ataupun bergelantungan di tiang sampai mencapai diujung tiang. Tujuannya adalah mengambil bendera yang ditancapkan, yang membuatnya mirip dengan panjat pinang adalah dalam permaianan ini tiang yang diguanakna sama – sama diberi pelicin.

Gostra menjadi daya tarik tersendiri di akhir bulan agustus bagi masyarakat malta dan wisatawan.

Bo Taoshi, Panjat Pinang Ekstrim dari Jepang

Satu lagi permaianan yang mirip dengan panjat pinang di tanah air, kali ini berasal dari jepang bernama bo taoshi. Bedanya permainan ini jauh lebih ekstrim dibandingkan dengan panjat pinang, pemain dibagi menjadi dua tim, yang masing – masing beranggotakan puluhan orang. Salah satu tim ditugaskan untuk memasang tiang dan mempertahankannya. Sementara tim lainnya menyerang untuk mengambil tiang tersebut, proses perebutan inilah yang menjadi ekstrim dan berbahaya. Kedua tim saling jegal demi menguasai tiang.

Kegiatan bo taoshi dimulai sejak tahun 1954 hingga 1955, awalnya tim penyerang hanya menurunkan tiang kayu pada sudut 45 derajat. Tetapi pada tahun 1973, aturan dimodifikasi hingga menurunkan tiang 30 derajat. Pemain penyerang hanya mempunyai waktu 2 setengah menit untuk menurunkan tiang.

Kabaddi, Olahraga Mirip Gobag Sodor

Selanjutnya adalah kabaddi dari india, sepintas permainan ini mirip dengan gobag sodor di negeri kita. Perbedaan yang sangat mencolok terletak pada cara bergulatnya yang ada pada kabaddi, tentu saja gobag sodor tidak memerlukan bergulat. Kabaddi sendiri sudah dimainkan sejak 4000 tahun yang lalu.

Awalnya kabaddi dimainkan oleh rakyat jelata dan dimainkan oleh penduduk di desa – desa india, permainan olahraga ini merupakan perpaduan antara rugby dan gulat. Kabaddi sangat populer di india, nepal, bangladesh, sri lanka, jepang dan pakistan. Kabaddi dimainkan dua tim beranggotakan 7 orang. Kedua tim bertempur untuk memperoleh nilai tertingg, setiap tim berusaha mempertahankan daerahnya dan membuat lawan melakukan kesalahannya.

Dalam pertandingan, setiap tim mengirimkan seseorang untuk menuju ke garis lawan. Ia harus mampu menembus benteng lawan demi memenangkan pertandingan, jika gagal ia harus keluar lapangan. Hampir mirip dengan pertandingan gobag sodor, bedanya dalam pertandingan gobag sodor jika seseorang tidak berhasil melewati daerah lawan ia akan menjadi tawanan pihak lawan.

Kini kabaddi telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan di oimpiade.

Hopscotch, Engklek/ sunda manda dari eropa

Selanjutnya adalah hopscotch, hopscotch adalah sebuah permainan tradisional anak yang hampir dikenal di seluruh dunia. Permainan ini bisa dibilang sama persis dengan permainan tradisional tanah air yang bernama engklek atau sunda manda.

Dalam permainan ini seorang pemain akan menggunakan batu atau pecahan pot bunga, pemain akan melempar batu miliknya dan melompat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Permaianan hopscotch ini di duga sudah berusia sangat tua dan dimulai sejak kekaisaran romawi.

Ada dugaan nama permianan ini berasal dari zonda manda yang berasal dari belanda dan menyebar ke nusantara pada jaman kolonial. Di eropa sendiri permainan tradisional hopscotch sangat populer di kalangan anak perempuan pada masa perang dunia.

Mancala, Permainan congklak

Selanjutnya adalah mancala, melihat bentuknya langsung mengingatkan kita pada permainan tradisional indonesia congklak. Nama mancala sendiri diyakini berasal dari bahasa arab nacala yang berarti bergerak, mancala tersebar di seluruh bagian dunia dengan nama berbeda – beda. Diantaranya adalah baula kiswaili yang populer di afrika timur, disana permaianan ini dikenal sangat sulit karena peraturannya yang sangat rumit. Di amerika serikat dan eropa, permainan ini dikenal dengan nama cala, berbeda dengan caribia permainan ini dinamakan koare.

Meski memiliki nama dan peraturan yang berbeda – beda, pada dasarnya mancala atau congklak dimainkan dengan papan dan beberapa buah biji sebagai alatnya. Pemain akan mengambil dan memindahkan biji bijian tersebut secara berurutan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Agwan Base, Permainan Bentengan dari Filipina

Selanjutnya adalah agwan base, permainan tradisional anak – anak filipina. Sekilas permaianan ini mirip dengan bentengan yang ada di tanah air. Cara dan peraturannya pun tak jauh berbeda, ada dua kelompok dengan jumlah pemain yang sama, masing – masing kelompok ini mempunyai markas masing – masing yang harus dijaga.

Untuk memenangkan permainan ini kita harus bisa menyentuh markas lawan. Jika kita tersentuh oleh lawan maka kita harus berpindah ke kelompok lawan. Dalam agwan base dikenal sistem point, kelompok yang berhasil menyentuh markas lawan 5 kali dalam permainan maka dialah yang menang.

Foot – Volleyball dari Brazil Mirip Sepak Takraw

Foot- volley atau voli kaki merupakan permainan bola yang terkenal di brazil, sebagian orang mengatakan foot volley merupakan kolaborasi antara sepak bola dan voli. Sepintas permianan foot volley ini mirip dengan sepak takraw. Bedanya tentu saja terletak pada bolanya, dimana sepak takraw menggunakan bola yang terbuat dari rotan.

Keduanya memiliki aturan yang sama dimana para pemain tidak bole menyentuh bola dengan tangan, selain itu bola juga dilarang keras menyentuh lapangan. Apabila bola menyentuh lapangan maka lawan akan mendapatkan point.

Petak Umpet di Dunia

Sementara petak umpet merupakan permainan tradisional yang telah berusia sangat tua yaitu ratusan bahkan hingga ribuan tahun. Tidak jelas kapan permainan ini ditemukan dan dimainkan. Di berbagai tempat di dunia permainan petak umpet memiliki nama berbeda – beda sesuai dengan daerah di masing – masing.

8 Permainan di Dunia yang Mirip dengan di Indonesia |Masgala |4.5 |