Perubahan Warna Pada Lidah Anda Mengindikasikan Adanya Penyakit

Tubuh kita selalu mempunyai cara untuk menunjukkan situasi dan kondisi yang kita rasakan, apakah kita dalam keadaan bahagia, sehat atau sedang dalam keadaan sakit. Dan salah satu organ tubuh yang dapat mengetahui kondisi keadaan tubuh kita adalah lidah, lidah kita adalah kumpulan otot rangka pada bagian rantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan.

Lidah dikenal sebagai indra pengecap yang memiliki struktur tunas pengecap, lidah juga membantu dalam tindakan berbicara, dan membolak – balikkan makanan dalam mulut. Bila kita memeriksakannya sendiri ke rumah sakit hal pertama yang dilakukan dokter adalah mengecek kesehatan kita dengan melihat warna lidah kita. Karena bila terjadi perubahan warna, tekstur dan kelembaban lidah berarti ada juga perubahan dalam kesehatan tubuh kita. Berikut ini informasi kesehatan dilihat dari warna lidah.

Merah

Kesehatan dilihat dari warna lidah yang pertama adalah lidah yang berwarna merah, merah berarti menunjukkan adanya panas pada jantung. Sementara itu apabila merah ada di ujung kanan atau kiri lidah bisa jadi ada masalah di ginjal dan kandung empedu. Warna merah terjadi di lidah dikarenakan suhu tubuh atau panas abnormal yang meningkat dalam tubuh kita. Sehingga dapat menimbulkan warna merah muncul dan akan terlihat sedikit membengkak.

Beberapa penyakit yang menyebabkan warna merah di bibir diantaranya kekurangan vitamin, demam berdarah, dan penyakit kawasaki yang biasa menyerang balita. Penyakit kawasaki adalah penyakit yang dapat menyebabkan inflamasi pada dinding pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyakit ini biasa menyerang balita yang berusia 9 bulan hingga 1 tahun.

Untuk mengatasi agar tubuh kita sehat dan lidah kita tidak berwarna merah disarakan untuk mengkonsumsi zat besi, vitamin B12 dan vitamin B3. Zat besi dapat anda temui dalam telur, daging sapi, dan ikan. Sementara makanan yang mengandung B12 adalah kerang, sereal dan ikan herring. Dan vitamin B3 adalah buah mangga, asparagus dan kacang – kacangan serta biji – bijian.

Hitam

Berikutnya adalah warna lidah yang berwarna hitam, lidah yang berwarna agak kehitaman dikenal dengan beberapa nama yakni vury tongue, blackhary toungue, dan melano glosia. Keadaan lidah berwarna hitam disebabkan oleh beberapa hal seperti penggunaan anti biotik, inveksi jamur, radiasi pada mulut, dan pada orang dewasa dapat disebabkan oleh rokok.

Warna lidah hitam biasanya juga menyerang balita, namun bagi anda yang mempunyai balita tak perlu panik. Karena warna hitam pada bayi biasanya tidak disertai rasa sakit atau tidak nyaman. Karena kondisi ini juga dapat disebabkan kekurangan bebeberapa zat gizi, Bila ini penyebabnya pemberian makanan dengan nutrisi seimbang dengan suplement tertentu dapat mengembalikan warna lidah.

Kegiatan yang biasa kita lakukan ini juga dapat menyebabkan lidah kita berwarna hitam, diantaranya tidak membersihkan kebersihan mulut, penggunaan obat kumur, perubahan bakteri normal setelah pengobatan bakteri, menggunakan tembakau atau rokok, dan minum kopi atau teh terlalu banyak.

Untuk mencegah agar warna lidah kita tidak menjadi hitam lakukan pembersihan pada mulut anda secara rutin dan teratur. Terutama setelah makan dan sebelum tidur, berkumurlah dengan hidrogen proxyda encer. Jika masalah terus berlanjut segera konsultasikan ke dokter gigi anda.

Ungu

Selanjutnya bagaiaman jika warna lidah kita menjadi ungu? Lidah berwarna ungu berarti menunjukkan pasien mengalami demam dan kelainan darah atau sirkulasi darah tidak lancar. Bila keseluruhan warna lidah menjadi ungu berarti menunjukkan suhu panas yang tinggi pada organ. Jika lidah kita berwarna ungu terang berarti terdapat masalah pada jantung dan hati kita.

hal ini dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti broncitis cronis, kadar kolesterol tinggi dan seringnya kita mengonsumsi makanan dan minuman dingin. Untuk menghilangkan warna ungu pada lidah anda perlu mengkonsumsi bawang putih dan jahe dengan takaran yang cukup. Sehingga dapat mengembalikan warna lidah anda. Kemudian untuk organ tubuh anda yang bermasalah segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Putih

Berikutnya kondisi permasalahan apakah yang terjadi bila lidah kita berwarna putih? Orang dengan lidah berwarna putih biasanya terlihat pada pasien dengan demam tivoid, demam tivoid adalah panyakit inveksi akut yang disebabkan oleh kuman selama terjadi inveksi, kuman tersebut bermultiliplasi dalam sel vagositik, mononuklir dan secara berkelanjutan dilepaskan ke aliran darah.

Lidah berwarna putih juga mengindikasikan pencernaan kita yang bermasalah atau terganggu dan gejala influenza. Karena jika warna lidah kita berwarna putih tipis berarti kita kekurangan darah, bila putih tebal berarti anda mengalami gejala penyakit kelamin. Untuk mencegah perubahan warna lidah anda harus mengkonsumsi air putih dan membersihkan mulut anda secara teratur setiap hari.

Coklat

Yang terakhir adalah warna lidah berwarna cokelat, para ahli kesehatan menyebutkan jika warna lidah kita berwarna cokelat kita harus waspada. Karena disinyalir kita mengidap tahap pertama kanker kulit yang disebut melanoma. Apalagi bila lidah anda terdapat bintik cokelat yang perlahan – lahan menjadi gelap disarankan untuk segera memeriksa kondisi tubuh anda pada dokter.

untuk mencegah resiko kanker kulit ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko kanker kulit, Apalagi jika kita telah melihat gejalanya di lidah yang berwarna cokelat, yang pertama adalah mengonsumi 8 gelas air setiap harinya, yang kedua tambahkan bawang putih kedalam makanan anda, batasi penggunaan ponsel, pilih warna pakaian yang tepat saat keluar ruangan karena warna tertentu pakaian dapat melindungi kulit anda dari sengatan langsung sinar matahari, kelima kurangi makanan yang dibakar atau dipanggan.

Perubahan Warna Pada Lidah Anda Mengindikasikan Adanya Penyakit | Masgala | 2017