Coban Tundo, Air Terjun Yang Masih Jernih dan Alami di Malang Selatan

Satu lagi air terjun di malang yang patut anda kunjungi, yaitu Coban Tundo. Air terjun yang satu ini masih belum diketahui banyak orang karena minimnya informasi tentang Coban Tundo. Coban yang memiliki 4 air terjun ini berbeda dengan kebanyakan coban lainnya yang ada di Malang. Di Coban Tundo anda bisa berenang dan melompat dari atas lalu nyebur di kolamnya.


Wisata Coban Tundo ini terletak di desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang atau sekitar 134 Kilometer dari kota Malang. Kondisi jalannya pun mulus beraspal sehingga tidak membuat anda merasakan kecapekan. Selama perjalanan pun mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah.

Rute yang akan anda lewati yaitu kecamatan Bululawang, Turen, kemudian Sumbermanjing Wetan mengikuti arah ke Sendang Biru. Anda juga bisa lewat 2 jalur alternative lainnnya, pertama lewat desa kendung banteng, kedua lewat desa klepu dan desa sukodono, kecamatan dampit. Jika anda ingin berlibur ke Coban Tundo sebaiknya anda menggunakan sepeda motor yang tidak matik dikarenakan jalannya yang cukup terjal, selain itu mobil tidak bisa masuk hingga ke lokasi wisata, jadi harus dititipkan ke rumah warga yang memiliki halaman luas.

Setelah memarkirkan mobil, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalur setapak yang jaraknya lumayan jauh. Namun jika anda mengendarai sepeda motor anda lanjutkan saja perjalanan hingga ke tempat parkir motor. Bagi pengunjung yang malas untuk jalan karena takut kecapekan, pengunjung bisa menyewa jasa ojek yang siap mengantarkan anda ke Coban Tundo hingga pulang kembali ke parkiran mobil, harga yang ditawarkan sekitar Rp 30-50 ribu.

Setibanya di area parkir motor, pengunjung masih berjalan kaki ke lokasi selama 5 menitan melewati kebun kopi hingga Coban Tundo 1. Di Coban Tundo 1 anda bisa berenang di bawahh air terjun karena cekungan yang ditimbulkan memiliki kedalaman hingga 2 meter. Pohon besar melindungi pengunjung dari sengatan sinar matahari sehingga membuat pengunjung tek perlu khawatir kulit gosong ketika berenang di Coban Tundo 1.

Dibawah Coban Tundo 1, terdapat Air terjun lagi yaitu Coban Tundo 2. Dari Coban Tundo 1 kita harus berjalan kaki naik dan turun bukit selama 10 menitan. Di dekat cekungan terdapat sebuah tangga yang tingginya sekitar 3 meter, disanalah anda harus menuruni tangga tersebut. Sama seperti di Coban Tundo 1, di Coban Tundo 2 anda juga bisa berenang. Namun kedalaman disini lebih dalam yaitu sekitar 7 meter. Bagi yang tidak bisa berenang jangan coba – coba untuk berenang disini, atau anda bisa menyewa ban yang disewakan. Harganya sewa ban cukup murah yaitu Rp 5000.

Dan dibawah Coban Tundo 2, juga terdapat air terjun lagi yaitu Coban Tundo 3. Coban yang satu ini adalah yang paling tinggi daripada coban lainnya. Dari Coban Tundo 2 anda harus menuruni bukit sekitar 10 menitan. Cekungan (kolam) di Coban Tundo 3 sangat kecil namun sangat dalam, disini tidak ada yang mengawasi jadi anda harus berhati -hati.

Bagi yang tidak membawa perbekalan dari rumah anda bisa membeli makanan di Coban Tundo 2.

Coban Tundo, Air Terjun Yang Masih Jernih dan Alami di Malang Selatan | sirot | 4.5