Goa Coban Perawan, Goa yang Masih Perawan di Malang Selatan

Pernah melihat Goa Pindul yang ada di Jogja? Goa yang didalamnya bisa digunakan untuk tubing ini ternyata di Malang juga ada. Goa Coban Perawan namanya, mungkin namanya belum familiar di telinga masyarakat malang karena memang goa ini benar – benar perawan atau jarang orang yang menjamahnya. 

Goa Coban Perawan ini terletak di perbatasan antara dusun Bajulmati dan dusun Umbulrejo kecamatan Gedangan atau berjarak 75 KM dari kota Malang ke arah selatan. Untuk rute perjalanan termudah anda bisa mengikuti arah Malang -> Turen -> Sendangbiru -> Bajulmati. Untuk menuju goa anda harus menyewa pemandu setempat agar tidak tersesat dan menghindari kejadian buruk. Karena keberadaan goa ini masih terselubung dan belum banyak orang yang tahu.
Pada awalnya Goa ini hanya dinamakan Goa Coban namun di pertengahan tahun 2013 goa ini dinamakan dengan Goa Coban Perawan, adanya stalagtit dan stalagmit yang berbentuk aneh akhirnya dinamakan seperti itu. Menurut sejarah, goa ini sudah ditemukan puluhan tahun yang lalu, namun karena pada saat itu belum ada media sosial jadi yang tahu hanya masyarakat sekitar. Dan setelah sekian lama akhirnya ada sekelompok tim ekspedisi yang menelusuri goa ini lagi, dan sejak saat itu wisatawan mulai berdatangan bahkan wisatawan dari luar negeri seperti swis dan jepang.

Panjang Goa Coban Perawan sekitar 200 M, cukup panjang untuk menguras energi kita karena medan yang akan dilalui berupa sungai. Maka dari itu untuk menyusuri goa ini pengunjung diharuskan memakai perlengkapan seperti helm dan pelampung standart, peralatan tersebut bisa kita sewa dengan membayar uang Rp 35.000 /orangnya harga tersebut sudah termasuk dengan pemandu. Bagi anda yang tidak bisa berenang santai saja karena sang pemandu akan membimbing kita selamat sampai tujuan.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk masuk kedalam Goa Coban Perawan yaitu kita harus melewati Goa Jenggot. setelah melewati Goa Jenggot, Pengunjung langsung diarahkan ke Goa Coban Perawan, didalam Goa pengunjung diharuskan berenang karena sepanjang goa merupakan jalur sungai dari Coban Perawan. Goa ini masih sangat alami jadi pengunjung harus berhati – hati karena banyaknya kayu dan batu yang runcing. Setelah sampai di ujung Goa Coban Perawan kita akan menemukan Goa Klenteng dan sumur yang sangat jernih, kita bisa berendam di sumur tersebut sepuasnya namun kedalaman dari sumur tersebut mencapai 5-6 meter.

Itulah sedikit penjelasan tentang Goa Coban Perawan, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Goa Coban Perawan, Goa yang Masih Perawan di Malang Selatan | sirot | 4.5