Pantai Watu Leter, Pantai Favorit Penyu untuk Bertelur di Malang

Tak jauh dari pantai goa cina, terdapat sebuah pantai lainnya yang tak kalah bagus yaitu Pantai Watu Leter. Suasana pantai yang sepi serta gulungan ombak yang agak tenang bisa anda rasakan di pantai Watu Leter.

Pantai Watu Leter terletak di desa Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang atau berjarak 60 KM dari kota Malang dan menghabiskan waktu 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Rute yang akan anda lewati jika dari kota malang yaitu ke Arah Selatan ke Sumbermanjing Wetan dan ikuti arah ke Sendangbiru. Ketika sampai di pertigaan yang terdapat papan penanda ambil yang ke arah Pantai Goa Cina dan Bajul Mati.
Karena letaknya yang bersebelahan dengan pantai Goa Cina, anda akan melewati Goa Cina dulu. Selain itu anda juga akan melewati jembatan bajul mati yang khas, anda bisa berfoto – foto terlebih dahulu disana.

Akses menuju pantai Watu Teler sangat sulit, itu dikarenakan jalannya yang sempit sehingga mobil tidak bisa masuk. Pengunjung akan melewati hutan bakau dan jalan bebatuan yang cukup tajam. Setelah melewati jalanan berumput maka anda akan sampai di Pantai Teler untuk memarkir sepeda karena untuk mencapai pantainya, kita harus turun dari gundukan tanah yang tingginya sekitar 1,5 meter. Pengunjung juga bisa lewat jalur alternative lain yaitu lewat pantai Goa Cina dan medannya tidak terlalu sulit. Jika sudah berada di pantai Goa Cina anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke arah barat yang jaraknya kurang lebih 100 meter dan menghabiskan waktu 25 menit.

Suasana pantai di Watu Leter ini hampir mirip dengan Goa Cina namun bedanya disini suasananya lebih sepi, sehingga tampak lebih bersih dan tampak lebih tenang ombaknya. Selain itu Pantai Watu Leter juga terlihat lebih hijau dibandingkan dengan Goa Cina. Air pantai disini jauh lebih tenang dan dingin daripada air pantai di Goa Cina, Pasirnya pun putih dan lembut. Di biri pantai terdapat bebatuan yang cukup tinggi sehingga membuat pantai ini terlihat lebih indah. 

Selain keindahan pantainya, pantai Watu Leter ini menjadi tempat pendaratan penyu untuk bertelur. Ada juga sungai yang disisi kanan dan kirinya ditumbuhi oleh tanaman mangrove, anda bisa menyusurinya menggunakan perahu. 

Menurut masyarakat setempat, diberi nama Pantai Watu Leter dikarenakan adanya sebuah tebing di bagian ujungnya yang berbentuk datar atau dalam bahasa jawanya leter. Tebing datar tersebut terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan tebing lainnya, itulah kenapa pantai ini dinamakan pantai Watu Leter.
Karena pantainya yang masih sepi akan pengunjung serta masih bersih, pantai Watu Leter dijadikan tempat pelestarian penyu dan ekowisata, biasanya penyu yang dilepaskan adalah penyu abu – abu. Jika pelestarian penyu ini berhasil, pengunjung bisa melihat kehidupan penyu ketika akan bertelur di pasir pantai, namun dengan jarak yang tidak terlalu dekat serta menjaga kebersihan.

Pantai Watu Leter, Pantai Favorit Penyu untuk Bertelur di Malang |Masgala |4.5 |
Foto siluman,bunga yang bisa mengeluarkan racun,resep dan cara membuat nasi kelapa,jalan paling angker di lampung,akibat orang yang menghina tuhan yesus,penyalit penyakit yang bisa sembuh karna puasa,penemuan mahluk aneh,surga tersembunyi,Misteri keajaiban allah di indonesia,legenda pulau pulau,kisah persahabatan mqnusia dg jin,jadwal acara tv selama bulan ramadhan 2017,kejadian aneh saat haji,masjid yang tiba2 ada sendiri,filosofi kopi,kumpulan foto artis 80,dedaunan yang bisa memabukan,negara bebas tanpa busana,mitos pantai payangan jember,penemuan aneh di indonesia,ciri mata air asli,alat membangunkan sahur lucu banget,surat kartini asli,Penyakit yg dpt sembuh dng puasa,telur ikan palsu,pantai tanjung sirap,acara tv ramadhan 2017,misteri jalan paling angker,benda ajaib kebesaran allah,hafidz quran wanita,cerita waduk bajulmati banyuwangi,mayat perempuan cantik korban pembunuhan,sunset pantai modangan,alas purwo,3 laki laki penghafal al quran yang bersuara indah asal indoneaia,jual minuman puasa,Jalan2 yg angker,orang paling aw,rumah angker di muncar,khasiat air 7 sumber,ular terbe,terorisme,kejadian manusia yang menghina alla,fakta unik presiden RI,coban tundo,pemandian air panas,cerita aneh saat naik haji,makam kramat yg ada di tuban,es unik untuk ramadan,misteri yg belum terpecaj
alas purwo,pantai tanjung sirap,pasangan suami istri teraneh di dunia,kejadian aneh saat haji,penemuan aneh di indonesia,masjid yang tiba2 ada sendiri,acara tv ramadhan 2017,wagini,surat kartini,koleksi yang terbuat dari minion,pantai klayar,pemandian air panas pacet,curban tundo,suku selayar#spf=1,rujak soto,Foto siluman,pantai telanjang,sasana pantai prigi,candy law,daftar artis bollywood yang beragama sikh,cara piknik murah ke banyuwangi,tempat wisata paling serem di lombok,10negara terkejam di dunia,tanda tangan presiden,Dermaga Cinta Banyuwangi,wisata pantai watu letter,pasangan beuty and the beast,manfaat melamun,jeritan hati anak sekolah di daerah terpencil,negara terkejam,doa mandi wajib setelah berhubungan,sun rise di kota banyuwangi,ular terbesar di indonesia asli,manusia langka tanpa kepala di belanda,manusia punya ke ajaiban menemukan hartakarun,acara ramadhan 2017,panati banyu wanggi,kisah alas purwo jawa timur,tanaman memabukan di indonesia,wisata tanjung raung di mana,pucuk kayu sapat bisa bikin mabuk,cara membuat makanan kucing sendiri,contoh tari kelompok dari banyuwangi,apakah ahok akan menang,school psk d i dunia sma,keajaiban allah swt photos,lihat danaw yang indah yang dipenuhi hewan buaya,air terbaik di indonesia,lafas allah alami,remaja putra penghafal quran