4 Spot Snorkeling Terbaik di Banyuwangi dan Sekitarnya

Banyuwangi, kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Semua wisata alam ada disini, mulai dari gunung, air terjun, bukit, dan pantai. Namun yang paling menonjol adalah wisata pantai karena Banyuwangi berada di samping selat Bali. Keindahan pantainya pun tidak hanya pada wajahnya saja, didalamnya pun tidak kalah cantik. Pemandangan terumbu karang, ikan yang warna – warni serta air lautnya yang masih bening akan anda temui saat snorkeling di spot – spot berikut ini, inilah 4 spot terbaik di Banyuwangi dan sekitarnya :

snorkeling banyuwangi

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan ini terletak diantara Pulau Bali dan Jawa tapi masih masuk dalam kawasan Bali. Meskipun masuk kawasan Bali, Pulau Menjangan bisa dijangkau lewat Banyuwangi dengan menyewa perahu di Bangsring Under Water.

Keindahan bawah laut Pulau Menjangan sudah tidak diragukan lagi, bahkan keindahannya menjadi salah satu yang terbaik di Bali pilihan wisatawan asing. Anda akan dibuat kagum oleh terumbu karang yang masih alami, ikan hias yang berwarna – warni seperti di film Nemo, serta tumbuhan laut lainnya.

Teluk Biru

Masih banyak masyarakat Banyuwangi yang belum ke tempat wisata ini dikarenakan lokasinya yang sulit untuk dijangkau, itulah mengapa Teluk Biru disebut sebagai surga tersembunyi di Banyuwangi. Jika anda ingin kesini anda harus menyewa kapal terlebih dahulu di pelabuhan muncar.

Birunya air laut yang ada di pantai Teluk Biru menandakan tempat ini jarang terjamah dan anda bisa melihat keindahan bawah lautnya dari atas. Terumbu karang disini sangat terjaga karena dikelolah oleh Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku), anda bisa menemukan macam – macam terumbu karang serta ikan hias yang unik. Ombak disini pun sangat tenang jadi sangat cocok untuk snorkeling.

Bangsring Under Water

BUNDER (Bangsring Under Water) atau masyarakat lebih mengenalnya dengan rumah apung merupakan salah satu pantai di Banyuwangi yang memiliki keindahan bawah laut yang keren. Lokasi BUNDER terletak di desa Bangsring atau berjarak 9 KM dari pusat kota Banyuwangi.

Meskipun pantainya tidak terlalu bagus dan pasirnya berwarna hitam, hal itu tidak membuat keindahan bawah laut BUNDER menjadi kurang bagus. Malah keindahan sebenarnya dari BUNDER terletak di bawah lautnya. Banyak terumbu karang yang tumbuh indah dan besar karena pantai ini dikelola sejak lama. Selain terumbu karang, disini juga terdapat 500 jenis ikan hias yang menari – nari di atas coral yang ada disini.

Selain snorkeling, di Bunder anda bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berenang bersama ikan Hiu di Rumah Apung atau menyewa Banana Boat.

Pantai Bama

Pantai yang terletak di Baluran ini memiliki keunikan tersendiri dari pantai – pantai lainnya. Disini anda akan menemui banyak sekali monyet yang berkeliaran, jadi anda harus berhati – hati dengan barang anda agar tidak diambil oleh monyet. Monyet disini cukup ramah – ramah jika anda tidak mengusiknya atau mengganggunya.

Ketika pagi hari tiba anda bisa menjumpai sunrise di Pantai Bama, setelah puas menikmati sunrise anda bisa langsung snorkeling di Pantai ini karena pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas seperti Snorkeling. Spot untuk snorkeling di Pantai Bama masih lumayan jauh dari bibir pantai jadi anda harus menyewa perahu dahulu agar bisa menuju ke spot pertama yang jaraknya 300-400 meter dari bibir pantai. Di spot pertama ini pemandangannya kurang bagus karena cukup banyak terumbu karang yang rusak dan tak terawat, namun masih lumayan bagus untuk dilihat. Jika anda bisa ke tengah lagi anda akan menemukan keindahan bawah laut yang bagus.

4 Spot Snorkeling Terbaik di Banyuwangi dan Sekitarnya |Masgala |4.5 |