Bukit Banyu Mulok, Tebing yang Dipenuhi Pelangi

Tulungagung memiliki banyak pantai yang unik dan indah, setiap pantainya memiliki keunikan tersendiri, ada yang memiliki pasir dan ada juga yang tidak memiliki pasir dan hanya berupa tebing dan laut. Pemandangan inilah yang akan anda jumpai di Bukit Banyu Mulok, Bukit ini merupakan pantai yang tidak ada pasirnya dan berupa tebing yang memiliki padang rumput yang hijau.

Bukit Banyu Mulok
Source : maringetrip.com
Bukit Banyu Mulok berada di sebelah kanan Pantai Coro atau lebih tepatnya di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung. Jarak antara Banyu Mulok dengan Pantai Coro tidak terlalu jauh, jika ditempuh dengan berjalan kaki hanya membutuhkan waktu 15 menit, tergantung kecepatan jalan. Pengunjung harus memutari pantai terlebih dahulu lalu menaiki bukit yang lumayan tinggi.

Banyu Mulok jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti Air yang Naik, diberi nama begitu karena pantai ini berhadapan langsung dengan samudera hindia sehingga ombaknya sangat besar sehingga ketika ombaknya menghantam tebing maka air lautnya akan naik ke atas.

Bukit Banyu Mulok
Source : maringetrip.com
Pemandangan di Bukit Banyu Mulok ini sangat istimewa, disini anda dapat melihat luasnya laut dan pebukitan. Selain itu, jika anda beruntung anda akan melihat pelangi serta ombak yang naik hingga ke atas bukit. Hamparan padang rumput yang hijau akan menambah keindahan tempat wisata ini. Foto anda akan lebih keren dengan background luasnya laut yang dipadu dengan hamparan padang rumput.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah di siang hari menjelang sore hari karena disaat itu ombak disana sedang besar – besarnya sehingga anda bisa melihat pemandangan ombak yang naik ke atas. namun kekurangannya adalah panas dari terik matahari yang begitu panas dan dapat membuat kulit kita menghitam. Jika anda datang di pagi hari anda dapat melihat sunrise disini dan pengunjungnya pun masih sepi. Disini pengunjung dapat mendirikan tenda dan bermalam di Bukit Banyu Mulok menikmati keindahan jutaan bintang yang terbentang di angkasa.

Wisata di Sekitar Banyu Mulok

Berkunjung di Bukit Banyu Mulok anda bisa mendapatkan tambahan tempat wisata karena disekitar sana terdapat beberapa tempat wisata lainnya seperti Pantai Coro dan Reco Sewu. Selain itu disebelah timur Banyu Mulok terdapat Pantai Dadap dan Omben Banteng.

Fasilitas

Untuk fasilitas seperti toilet, warung, musholla masih belum dibangun disini, fasilitas tersebut bisa anda dapatkan di Reco Sewu. Sebaiknya anda mempersiapkan segala kebutuhan dari rumah atau di Reco Sewu agar di Banyu Mulok nanti tidak kesusahan.

Rute

Untuk menuju Bukit Banyu Mulok rutenya sama dengan Pantai Coro :

Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau mobil karena kondisi jalannya sudah lumayan bagus sampai ke Pantai Popoh namun setelah itu kondisi jalannya sudah mulai kurang bagus. Dan jarak antara gerbang Pantai Popoh dengan Banyu Mulok yaitu sekitar 15 KM. Jika pengunjung ingin menggunakan kendaraan umum, masih belum ada yang mengantarkan langsung ke Banyu Mulok. Pengunjung hanya bisa sampai ke Pantai Popoh dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Ojek ke Pantai Coro.

Kota Tulungagung -> Campurdarat -> Pantai Popoh -> Reco Sewu (Pantai Coro) dari Pantai Coro anda tinggal mendaki bukit yang terdapat di sebelah kiri pantai, bukitnya tidak terlalu curam.

Galery :

Bukit Banyu Mulok

Bukit Banyu Mulok

Maps

Bukit Banyu Mulok, Tebing yang Dipenuhi Pelangi | sirot | 4.5