Pantai Coro, Surga Tersembunyi di Selatan Tulungagung

Pantai Coro merupakan salah satu pantai eksotis yang terletak di pesisir selatan Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Popoh yang sudah terkenal sejak dari dulu, lebih tepatnya di sebelah timurnya. Namun kalau ke Pantai Popoh jalannya sudah bagus, maka untuk mencapai Pantai Coro dibutuhkan sedikit perjuangan.

Pantai Coro terletak di desa Gerbo, Kec. Besuki, Tulungagung. Dinamakan Pantai Coro, sebenarnya tidak ada asal – usul yang pasti akan penamaan pantai ini, Masyarakat sekitar hanya suka – suka saja dalam menamakan pantai ini. Dalam bahasa jawa “Coro” berarti hewan kecoa, namun ketika anda kesana anda akan melihat pantai yang indah dan jauh dari kata Coro yang identik dengan hewan yang menjijikkan.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan karena di pantai terdapat pedagang makanan serta minuman yang mendirikan tenda kecil – kecilan. Karena jalannya yang cukup sulit, biasanya para pecinta trail berkendara di sepanjang jalan Pantai Coro. Pada akhir pekan pantai ini ramai dikunjungi wisatawan lokal, tak jarang wisatawan bermalam di pantai dengan mendirikan tenda.

Seperti yang dikatakan di awal tadi, untuk menuju Pantai Coro anda ikuti saja arah ke Pantai Popoh karena kedua pantai ini jaraknya berdekatan. Jika anda sudah sampai di Pantai Popoh, selanjutnya anda menuju ke Reco Sewu. Jika masih ragu anda tanya saja ke warga sekitar atau petugas disana lokasi Panta Coro. Pantai ini terletak di desa Gerbo, Kecamatan Besuki, Tulungagung.

Dari Reco Sewu, pengunjung harus memarkirkan mobil jika menggunakan mobil namun jika menggunakan sepeda motor anda bisa melanjutkan perjalanan. Carilah parkiran yang agak dekat dengan pantai agar perjalanan kaki anda tidak terlalu jauh, karena jarak antara parkiran dengan pantai kurang lebih 2 KM. Pengunjung akan melewati perkebunan dan ladang milik warga setempat.

Sesampainya di Pantai Coro, rasa jijik anda karena nama pantai yang agak aneh akan hilang karena disuguhi oleh pemandangan yang menawan. Pantai ini masih asri dan sepi, sehingga bisa membuat suasana hati anda tenang, hembus angin yang sepoy – sepoy serta desiran ombak yang lumayan besar akan menemani pengunjung bersantai di pantai Coro.

Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Coro adalah di pagi hari karena pada saat itu pos penjagaan masih belum ada penjaganya sehingga anda bisa masuk secara gratis, namun jika terjadi sesuatu maka pihak setempat tidak bertanggung jawab. Di pagi hari juga lautnya masih surut, jika sudah masuk siang maka air laut mulai naik dan pasang.

Tidak disarankan untuk pengunjung berenang di pantai Coro dan pantai – pantai lainnya di Tulungagung karena ombaknya yang besar dan ganas. Resikonya sangat tinggi karena sewaktu – waktu bisa menyeret pengunjung ke laut.

Pantai Coro, Surga Tersembunyi di Selatan Tulungagung | Masgala | 4.5