Pantai Ngalur, Dreamlandnya Tulungagung

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak pantai eksotik, selain Kedung Tumpang dengan ciri khas kolam renang alaminya ada juga pantai yang tak kalah eksotiknya yaitu Pantai Ngalur. Pemandangan di pantai ini cukup cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta birunya air laut. Selain itu disini juga terdapat spot – spot bagus untuk foto seperti ranting pohon yang meranggas layaknya di hutan mati.

pantai ngalur
Lokasi Pantai Ngalur ini berada di Desa Jenglungharjo, Kecamatan Tulungagung. Dari pusat kota jaraknya tidak terlalu jauh yaitu sekitar 25 KM. Lokasi Pantai ini juga berdekatan dengan Patuk Gebang dan Pantai Sanggar.

Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dengan pusat kota, akan tetapi akses menuju Pantai Ngalur hanya bisa dijangkau dengan trekking alias jalan kaki. Akses yang paling mudah yaitu lewat sebelah kiri Pantai Sanggar melewati bukit atau anda bisa lewat dusun Pantai Sanggar. Namun untuk rute yang kedua masih minim papan penunjuk jalan sehingga disarankan mengikuti rute yang pertama saja karena anda juga bisa menikmati Pantai Sanggar.

Pantai Ngalur sudah cukup terkenal akhir – akhir ini, hanya saja karena jalurnya yang cukup sulit membuat kebanyakan traveller mengurungkan niatnya untuk kesana dan lebih memilih menikmati Pantai Sanggar. Perlu stamina yang kuat dan perbekalan yang cukup untuk bisa menaklukkan jalur ke Pantai Ngalur.

Ombak di Pantai Ngalur ini cukup ganas, tidak dianjurkan melakukan aktivitas laut seperti berenang. Cukup nikmati saja suara desiran ombak dan hembusan angin pantai agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang dibawa untuk menjaga keasrian dan kebersihan pantai.

pantai ngalur
Tidak ada tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan Pantai Ngalur alias gratis, anda cuma dikenakan biaya parkir di Pantai Sanggar yang tak lebih dari Rp 5000.waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah di pagi hari dan non – weekend karena pantainya sangat sepi dan lautnya masih surut. Anda serasa berada di pantai pribadi, tidak ada yang mengganggu anda dalam menikmati keindahan pantai.
pantai ngalur

pantai ngalur

Peta

untuk saat ini peta ke Pantai Ngalur belum ada. adanya masih Pantai Sanggar yang dekatnya berdekatan dengan Pantai Ngalur.

Pantai Ngalur, Dreamlandnya Tulungagung | sirot | 4.5