Pantai Sanggar,Pantai yang Masih Asri di Tulungagung

Pantai Sanggar adalah salah satu pantai di Tulungagung yang menjadi tujuan para wisatawan saat ini, karena ketika berkunjung kesana wisatawan dapat menikmati keindahan dua pantai lainnya yaitu Pantai Ngalur dan Patuk Gebang yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya. Jadi pantai Sanggar adalah bonus untuk mereka yang berwisata ke dua pantai tersebut.

Pantai Sanggar
Keindahan Pantai Sanggar sendiri tidak kalah dengan kedua pantai yang berdekatan dengannya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih, batu karang di sebelah kanan, dan ombak yang lumayan besar. Suasana di pantai ini terbilang sangat panas karena hutan disana ditebangi dan dibakar sehingga cahaya matahari langsung ke pasir tanpa terhalang oleh pepohonan.

Pantai Sanggar terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung.

Ketika berkunjung di Pantai Sanggar, wisatawan akan melihat beberapa penduduk sekitar memancing. Mereka menggunakan pancing yang besar dan memancing di sebelah kanan pantai yang berdekatan dengan karang, mereka memancing disana karena suhu disana tidak terlalu panas karena masih banyak pepohonan disisi kanan pantai. Di pantai ini ikannya lumayan banyak, apalagi di sore hari saat laut sedang surut, anda bisa mencari kerang dan kalau beruntung anda bisa menemukan lobster.

Pantai Sanggar berhadapan langsung dengan samudera hindia sehingga ombak disini lumayan besar. Jadi jangan coba – coba untuk berenang disini karena bisa membahayakan diri anda. Namun santai saja, besarnya ombak masih bisa dinikmati dengan cara lain yaitu dengan pergi ke sisi kanan pantai dan berpose di batu karang, karena disana deburan ombak akan menghantam karang lalu terbang ke atas. Sehingga bisa membuat foto anda keren seperti foto dibawah ini.

Untuk saat ini transportasi yang bisa digunakan masih kendaraan pribadi berupa motor, sedangkan kendaraan umum masih belum ada serta mobil tidak bisa masuk ke area pantai karena jalannya terlalu sempit dan hanya bisa dilewati oleh satu kendaraan motor. Apabila ada kendaraan yang berjalan dari sisi berlawanan maka salah satu dari mereka harus berhenti dan membiarkan satunya jalan terlebih dahulu. Kondisi jalannya pun cukup ekstreme karena masih berupa tanah dan naik turun melewati bukit, disamping jalannya pun berupa jurang. Bagi pengunjung yang membawa mobil, anda harus memarkirkan kendaraan di desa terakhir dan melanjutkan perjalanan dengan menyewa ojek atau berjalan kaki. Disarankan menggunakan jasa ojek karena jarak antara desa dengan pantai masih jauh.

Rute yang bisa anda tempuh jika anda berada di kota yaitu Kota Tulungagung -> Campur Darat -> Tanggunggunung -> Jengglungharjo. Jika anda masih kebingungan anda gunakan GPS atau bertanya ke penduduk setempat. Waktu tempuh dari Kota Tulungagung ke Desa Jengglungharjo biasanya memakan waktu 1 jam 20 menit. Disarankan berangkat di pagi hari karena cuacanya masih belum panas.

Bagi wisatawan yang tidak membawa perbekalan tidak usah khawatir karena di Pantai Sanggar sudah banyak orang yang berjualan dengan mendirikan warung. Warga sekitar juga menawarkan jasa ojek yang bisa mengantarkan anda ke Patuk Gebang.

Untuk tiket masuk tidak ada karena pantai ini masih dikelolah oleh warga setempat, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5000.

Galeri

Map

Pantai Sanggar,Pantai yang Masih Asri di Tulungagung | sirot | 4.5