11 Pemandian Air Panas yang Berkhasiat di Jawa

Bila anda bosan berwisata ke pantai atau gunung, sudah saatnnya mencoba wisata yang bisa merelaksasi tubuh anda yaitu wisata pemandangan air panas. Dengan berendam di air panas, tubuh akan kembali bugar dan terbebas dari penyakit kulit. Di indonesia sendiri terdapat banyak sekali pemandian air panas, hususnya di pulau Jawa. Banyaknya gunung di pulau Jawa memunculkan lokasi – lokasi pemandian air panas, berikut ini 11 Pemandian air panas yang berkhasiat di Pulau Jawa :

1. Padusan Pacet

wisata air panas Padusan terletak di Pacet, Mojokerto atau dua jam perjalanan dari kota Surabaya. Disini terdapat 5 kolam air panas yang memiliki tingkat kepanasan yang berbeda – beda, mulai dari yang hangat hingga panas. Selain kolam air panas, disini juga terdapat pemandian kolam renang, wisata outbond dan flying fox. Harga tiket masuk wisata padusan yaitu 12.500/orang.

2. Cangar Batu

wisata pemandian air panas yang kedua ini terletak di kaki gunung welirang, tepatnya di dusun Cangar, Sumber Brantas, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Disini juga terdapat kolam yang memiliki tingkat kepanasan yang berbeda, mulai dari hangat, agak panas dan panas. Air panas disini mengandung belerang yang mana dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain menikmati pemandian air panas, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan pegunungan yang hijau serta menelusuri goa peninggalan jepang. Harga tiket masuk wisata cangar yaitu 5.500/orang.

3. Ciater Subang

Wisata pemandian air panas Ciater ini terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di Jl. Raya Ciater Subang, desa Ciater, kec Ciater, Subang Jawa Barat. Lokasi wisata air panas Ciater hanya berjarak 7 Km dari wisata Gunung Tangkuban Perahu atau 15 menit perjalanan. Selain berendam di pemandian air panas, ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan bersama keluarga anda diantaranya adalah bersepeda, berenang, memancing, mini golf, voli, tenis, basket, berkuda, gokart dan arung jeram. Harga tiket masuk wisata Ciater yaitu 15.000 s/d 20.000 tiap orang.

4. Tiris

satu lagi wisata pemandian air panas alami di Jawa Timur yaitu Tiris, tepatnya berada di kabupaten Probolinggo. Pemandian air panas Tiris lokasinya tak jauh dari danau Ranu Segaran. konon air panas yang yang dihasilkan berasal dari gunung Bromo, Suhunya pun bisa mencapai 40 derajat celcius.

5. Baturaden

wisata pemandian air panas Baturaden terletak di Purwokerto atau disebelah selatan gunung selamet. Karena letaknya yang berada di kawasan pegunungan, membuat hawa disekatar lokasi wisata menjadi sejuk. Disini terdapat dua pemandian air panas yaitu pancuran pitu dan pancuran telu, dinamakan pancuran pitu dikarenakan air panas yang dikeluarkan melalui tujuh pancuran sedangkan pancuran telu melalui tiga pancuran. Suhu air panas di pancuran telu bisa mencapai 60 – 70 derajat celcius. Harga tiket masuk ke pancuran telu yaitu Rp 10.000/orang.

6. Guci

Wisata pemandian air panas Guci terletak di desa Guci, Bumijawa, Tegal. Air panas yang dihasilkan di pemandian ini juga berasal dari gunung slamet. Di kawasan pemandian air panas guci terdapat 3 pancuran yaitu pancuran 13, pancuran 7, pancuran 5, serta 10 air terjun dan mata air. Fasilitas disini juga cukup lengkap mulai dari penginapan, wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang, hingga tempat perkemahan pelajar. Harga tiket masuk pemandian air panas Guci yaitu Rp 5.000 s/d 7.000 tiap orang.

7. Tirta Sanita

Wisata pemandian yang satu ini terletak di Jl. Cogreg, Desa Bojong Indah, Kec Parung, Bogor. Sumber air panas yang dihasilkan berasal dari gunung kapur yang mengandung belerang dan garam alami. Disini anda akan menjumpai batu belerang yang sangat besar dan berwarna putih, selain itu disini juga terdapat gunung kapur yang diatasnya diselimuti oleh endapan kapur berwarna putih seperti salju. Harga tiket masuk wisata Tirta Sanita yaitu Rp 12.000/ orang (hari Libur) & Rp 10.000/orang (hari Biasa).

8. Gunung Pancar

pemandian air panas gunung pancar sama dengan pemandian tirta sanita yaitu sama – sama terletak di Bogor, tepatnya berada di kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Sumber air panas disini dipercaya dapat mengobati segala macam penyakit kulit karena mengandung kadar mineral 100.8 dan kalsium 70.3 . selain itu disini anda dapat mencoba masker lumpur mineral yang khasiatnya dapat mengobati jerawat serta menghilangkan kulit mati. Harga tiket masuk wisata Gunung Pancar yaitu Rp 10.000/orang.

9. Candi Umbul

pemandian air panas candi umbul serat akan sejarah. Konon pada zaman dahulu, para permaisuri raja mataram mandi di pemandian ini, Disini juga terdapat situs candi umbul. Terdapat dua kolam berukuran besar di pemandian candi umbul, kolam yang satu berair dingin dan yang satunya lagi berair panas. Para wisatawan yang datang ke wisata ini berbeda – beda tujuan ada yang hanya terapi di pemandian, ada yang berjiarah dan ada yang kedua – duanya.

10. Cisolok

pemandian air panas cisolok terletak di daerah sukabumi, jawa barat atau sekitar 10 KM dari pantai pelabuhan ratu. Pemandian air panas Cisolok ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki pemandian air panas lainnya, dimana sumber air panasnya menyembur dari bebatuan. Terdapat tiga titik sumber air panas yang suhunya mencapai 80 derajat celcius, pengunjung tidak dianjurkan untuk mendekati tiga titik tersebut karena bisa membahayakan keselamatan pengunjung.

11. Gonoharjo

pemandian air panas gonoharjo terletak di desa Gonoharjo, kecamatan Limbangan, kabupaten kendal. Pemandian air panas Gonoharjo juga dilengkapi dengan kolam renang, kolam pancing, taman bunga, outbond dan kebun binatang mini. Selain menikmati pemandian air panas, pengunjung juga bisa berkjunjung ke air terjun Gonoharjo yang letaknya tak jauh dari pemandian air panas karena masih satu lokasi. Penduduk sekitar menyebut wisata air panas dan air terjun Gonoharjo dengan sebutan “Nglimut”.

11 Pemandian Air Panas yang Berkhasiat di Jawa |Masgala |4.5 |