Aneka Kuliner Indonesia Berbahan Ketupat

Sebentar lagi umat muslim di Indonesia merayakan hari raya idul fitri. Dan makanan yang khas dari hari raya idul fitri adalah ketupat dan disetiap daerah di Indonesia berbeda – beda dalam menyajikan ketupat. Berikut ini aneka kuliner berbahan ketupat asli Indonesia :

Ketupat Tahu Khas Bandung

Kuliner khas bandung ini sering dijadikan santapan di pagi hari, kuliner yang terdiri dari potongan leupet (lontong) kenyal, tahu kuning, taegu serta disiram dengan bumbu kacang ini cukup untuk membuat anda bersemangat dalam menjalankan aktivitas di pagi hari. Apalagi jika ditambah dengan kerupuk gendar yang sangat renyah. Bumbu kacang yang digunakan bertekstur kenyal dan berwarna merah.

Ketupat Tahu Khas Magelang

Ketupat yang satu ini hampir sama dengan Ketupat tahu khas bandung, namun ada perbedaan diantara keduanya. Selain perbedaan nama, bumbu yang digunakan juga berbeda namun bahan utamanya tetap sama yaitu Leupeut (Lontong) kenyal, tahu dan disiram dengan bumbu kacang.

Kupat Glabed Khas Tegal

Ketupat khas Tegal ini merupakan ketupat yang cukup sederhana, karena hanya ketupat yang disiram oleh sayur tempe yang dimasak kuning kental serta ditaburi dengan bawang goreng, remukan kerupuk mie kuning dan yang terakhir sambal cabai tumis merah. Untuk cita rasa tak usah ditanyakan lagi, langsung saja dicoba.

Ketupat Sayur
Untuk ketupat yang satu ini sudah menjadi makanan wajib saat lebaran tiba, ketupat yang disiram dengan kuah sayur serta diberi tambahan opor ayam dan telur ini selalu menjadi santapan disaat hari raya idul fitri.

Gado – Gado

Kuliner yang satu ini sudah sering kita jumpai di seluruh daerah indonesia karena memang rasanya yang cukup lezat dan simple. Gado – gado sendiri merupakan makanan dari cina yang meniru belanda yang karakteristiknya berupa saus kacang. Namun cita rasa dari gado – gado sendiri terletak dari segarnya sayuran yang direbus serta gurihnya saus kacang.

Coto Makaasar
Kuliner ketupat yang tearkhir berasal dari daerah sulawesi selatan dan sekitarnya yaitu Coto Makasar. Coto makasar sendiri hampir sama dengan soto pada umumnya namun yang membuat beda adalah racikan bumbu khas makasar yang membuat lidah selalu ingin mencicipinya. Coto makasar sendiri sering dijadikan makanan sehari – hari, acara pernikahan, dll.

Aneka Kuliner Indonesia Berbahan Ketupat | sirot | 4.5