Sisi Lain Kawah Ijen yang Jarang Diketahui Wisatawan

Kawah Ijen merupakan salah satu gunung yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Hampir setiap hari, Kawah yang beraada di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi ini selalu didatangi oleh wisatawan. Karena keindahan bluefire dan kawahnya yang unik dan hanya ada satu di Indonesia membuat wisatawan tak bosan menikmati keindahannya, bahkan ada wisatawan yang sudah datang berkali – kali.

Baca Juga : Kawah Ijen dan keindahan Api Birunya

Namun tahukah anda, meskipun ada wisatawan yang sudah datang berkali – kali masih ada sisi lain dari Kawah Ijen yang tidak diketahui oleh wisatawan. Berikut ini sisi lain Kawah Ijen yang jarang diketahui oleh wisatawan:

Terdapat Bendungan

Tahukah anda bahwa terdapat sebuah bendungan di bagian barat kawah. Bendungan yang dibuat pada jaman belanda ini berfungsi untuk menghindari meluapnya air kawah. Saat ini, bendungan yang terbuat dari beton itu sudah tidak difungsikan. Bendungan ini bisa menjadi alternative wisatawan untuk mengambil foto yang tidak terlalu mainstream dari Kawah Ijen. Namun untuk bisa ke bendungan, jalannya sangat sulit untuk dilewati.

Ada Kawah Lagi di Kawah Ijen

Dibalik keindahannya yang memukau, ternyata ada sebuah kawah lagi yang tak banyak orang mengetahuinya yaitu Kawah Bulan Sabit. Kawah Bulan Sabit ini terletak dibalik kawah ijen dan untuk bisa kesana tidak ada jalur yang tentu jadi wisatawan harus mencari rutenya sendiri atau bisa menyewa guide untuk menuntun sampai kesana. Namun, kawasan Bulan Sabit merupakan kawasan terlarang untuk wisatawan dan untuk bisa kesana wisatawan harus meminta ijin kepada pihak setempat.

Jalan Rusak Berat

Saat ini wisatawan dengan mudah pergi ke Kawah Ijen, namun tahukah anda bahwa pada jaman dulu atau sebelum diadakannya lomba Tour de Ijen, tidak ada satu kendaraan pun yang bisa sampai ke pos paltuding dikarenakan jalannya yang rusak parah dan menanjak. Jadi salah satu cara untuk bisa sampai ke pos paltuding adalah dengan jalan kaki mulai dari kampung terakhir.

Ada Sosok Mahluk Halus di Tanjakan yang Curam

Kita tahu bahwa dulu Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang dikenal dengan kota santet dan dipenuhi dengan kemistisan. Dan hal itu tak serta merta hilang begitu saja, masih ada sosok mahluk halus di hutan – hutannya yang angker. Dan salah satu hutan yang ada mahluk halusnya adalah hutan kawah ijen tepatnya di tanjakan curam, diketahui sosok yang ada disana adalah kuntilanak. Menurut pengakuan teman saya yang pergi ke Ijen diwaktu subuh, dia melihat sesosok kuntilanak yang berbaju putih diam. Karena ketakutan teman saya langsung pergi cepat – cepat.

Sisi Lain Kawah Ijen yang Jarang Diketahui Wisatawan |Masgala |4.5 |
pemimpin terkejam di dunia,pulau harta karun,narkoba baru yang membuat menjadi zombie,makanan yang harus dihindari saat sahur,pantai klayar,pemandangan desa banyuwangi,bugil pantai,tanaman halusinogen asli indonesia,cara unik membangunkan sahur,aamir khan puasa,air terjun jagir kemiren,asal usul alas purwo,hewan kecil hitam penghisap darah,makam wali di tuban,Pidato sokarno paling terkenal,Kekuasaan allah,contoh teks patrol sahur,facebook bule tinggal di indo,bunga memabukan,hafiz quran tercantik,keajaiban di tanah buton,#################,cara membangunkan orang sahur,kumpulan facebook bule,cara meracik bunga terompet untuk mabuk,cara membuat makanan kucing di rumah,bukti kekuasaan allah swt,duel akbar erik moralles,apa ada jenglot di banyuwangi,cerita mitos di indonesia,berpuasa di tempat minoritas,nama dan gambar dedaunan yang dapat membuat udang pingsan,Cerita angker alas purwo,program sahur 2017,kumpulan makhluk aneh di indonesia,pidato sukarno yang terkenal,Goa teraneh di dunia dan terdapat benda berharga,kasiat mandi tengah malam,muka hantu bertubuh besar hitam,wisata batu leter malang,Kisah anak berwajah aneh jadi penghafal Al-Quran,hutan belantara di indonesia,negara bebas tanpa busana,buah beracun di hutan,mobil mini hindari macet,fakta unik tentang minions,cara membuat gigi sehat tanpa sikat gigi,ilmuan indonesia terkenal internasional,legenda sungai sungai angker dunia,artis2 india yg berpuasa
Kekuasaan allah,penemuan aneh di indonesia,alas purwo,pasangan suami istri teraneh di dunia,sejarah pulau sumatera,pantai tanjung sirap,acara tv ramadhan 2017,Www jalan tol yg terangker di indonesia,pemimpin terkejam di dunia,cara membuat makanan kucing di rumah,masjid yang tiba2 ada sendiri,bugil pantai,kejadian aneh saat haji,guo lowo trenggalek,tanaman yang memabukan di indonesia,Pantai ngalur,tempat misterius di indonesia yang belum terpecahkan,negara bebas tanpa busana,snorkling Banyuwangi,alat membangunkan sahur lucu banget,surat kartini asli,pulau harta karun,jual minuman puasa,3 laki laki penghafal al quran yang bersuara indah asal indoneaia,sunset pantai modangan,Penyakit yg dpt sembuh dng puasa,mayat perempuan cantik korban pembunuhan,cerita waduk bajulmati banyuwangi,telur ikan palsu,misteri jalan paling angker,benda ajaib kebesaran allah,hafidz quran wanita,artis india yang berpuasa di bulan ramadhan,pemandian belerangjawatimur,Nenek2 paling tua bgl,hafidz terkenal,miateri yang tak terpecahkan di indonesia,tempat paling angker di lombok,teks pidato terbaik di dunia,Minta gambar kota banyuwangi,masakan menggunakan te,kawah ijen,daftar hafiz quran remaja di indonesia,misteri yg belum terpecaj,es unik untuk ramadan,makam kramat yg ada di tuban,cerita aneh saat naik haji,pemandian air panas,coban tundo,fakta unik presiden RI