4 Sumur Sakti yang Memiliki Banyak Khasiat

Sumur adalah tempat dimana orang mengambil air untuk kebutuhannya sehari – hari, banyak orang yang menggali tanah untuk mencari sumber air dan menjadikannya sumur. Akan tetapi, di jaman sekarang membuat sumur tidaklah semudah jaman dahulu apalagi berada di kota urban. Namun tahukah anda jika di tempat – tempat berikut ini terdapat sumur sakti yang memiliki banyak khasiat. Sumur – sumur ini merupakan peninggalan orang sakti pada jaman dahulu, penasaran? Berikut ini 4 sumur sakti yang ada di Indonesia :

1. Sumur Sri Tanjung di Banyuwangi

Sumber detik.com
jika anda liburan ke Banyuwangi, sempatkanlah mampir ke kampung wisata temanggungan karena disana terdapat sebuah sumur yang dianggap sakti oleh masyarakat sekitar. Sumur yang memiliki kaitan erat dengan putri sritanjung dengan patih sidopeksa ini konon mampu menyembuhkan penyakit.

Letak sumur ini berada sekitar 50 meter dari gapura kawitan dan berada di dalam rumah warga bernama rusman. Rusman selaku juru kunci mewarisi sumur ini dari mertua dan almarhum istrinya, menurutnya sudah banyak tamu asing yang datang ke sumur ini karena ditemui putri cantik bernama Sri Tanjung.

selain berkhasiat, sumur ini juga sesekali mengeluarkan bau wangi dan ketika mengeluarkan bau wangi maka akan ada peristiwa penting.

Rusman mewajibkan kepada setiap pengunjungnya untuk melakukan wirid terlebih dahulu kepada Allah SWT, karena menurutnya yang memberi kesembuhan bukanlah sumur melainkan Allah melalui perantara sumur ini.

2. Sumur Keramat di Lombok

Sumur Sakti di Lombok
Di Lombok Nusa Tenggara Barat tepatnya di Komplek Masjid Nurul Falah, Jempong terdapat sebuah sumur yang dipercaya sakti dan bisa menyembuhkan penyakit oleh masyarakat sekitar. Pembuatan sumur yang telah berusia 60 tahun ini berbeda dengan sumur – sumur biasanya, banyak doa – doa yang dipanjatkan selama proses pembuatan sumur ini.

proses pembuatan sumur ini berlangsung selama satu tahun dan dilakukan oleh dua pekerja. Sampai saat ini masyarakat Jempong masih mempercayai sumur ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

pernah ada anak yang sakit panas dan tak kunjung sembuh, setelah mandi dari sumur ini anak tersebut langsung sembuh. Sumur ini juga tidak pernah kering meskipun di Jepong sering terjadi kekeringan.

3. Sumur Gadjah Mada di Mojokerto

Dulu di Mojokerto terdapat sebuah telaga yang kini menjadi sumur, Konon di telaga itulah patih gadjah mada sering menggunakan airnya untuk mandi. Karena itulah sumur ini dinamakan sumur gadjah mada.
saat ini sumur yang terletak di desa beloh, kecamatan Trowulan ini digunakan untuk kebutuhan ritual. Seperti ritual mandi, namun untuk melakukan ritual tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya adalah bunga setaman.

setelah melakukan ritual mandi, orang tersebut tidak boleh pulang di jalur yang sama melainkan harus mencari jalur yang baru. Hal ini melambangkan bahwa setelah mandi kita dalam keadaan bersih dan tidak menoleh masa lalu lagi.

4. Sumur Pencari Jodoh di Cirebon

berbeda dengan ketiga sumur diatas, sumur yang berada di keraton kasepuhan memiliki khasiat dapat mempermudah seseorang dalam mencari jodoh. Air didalam sumur ini tidak berlumut meskipun sumur agung ini sudah berusia ratusan tahun.

menurut penjaga sumur, air di sumur ini seperti air zam – zam dan tidak boleh di rebus, karena kalau di rebus maka khasiat dari air akan sirna. Adapun khasiatnya berupa memperlancar rizki, jodoh dan menyembuhkan penyakit.

sumur yang dibuat pada tahun 1430 ini sering digunakan para wali jaman dahulu untuk berwudlu dan mandi.

4 Sumur Sakti yang Memiliki Banyak Khasiat | sirot | 4.5