Buah Kepel, Salah Satu Tanaman Langka di Indonesia yang Memiliki Banyak Khasiat

   
    Buah Kepel merupakan jenis tanaman langka di Indonesia dan mungkin belum banyak orang yang mengenalnya. Buah ini memiliki varian nama tergantung daerah masing- masing sepertu cindul, turalak, dan simpol. Konon buah kepel dijadikan identitas oleh Provinsi Istimewa Yogyakarta, dikarenakan putri keraton sangat menyukainya pada jaman dahulu.
     Buah yang memiliki nama latin Stelechocarpus buraho ini, selain menjadi identitas maupn lambang kesatuan mental dan fisik keraton di Jawa, ia memiliki khasiat yang luar biasa dibidang kecantikan. sehingga para putri keraton menggunakannya sebagai penghilang bau badan sementara rakyat biasa tak berani menanam buah ini karena takut kualat dan beranggapan bahwa buah kepel hanya dapat ditanam dilingkungan keraton. Hal tersebut jugalah yang membuat buah Kepel menjadi langka hingga kini.
      Tinggi pohon kepel mencapai 25 m dengan diameter batang 40 cm. Bentuk daunnya meruncing dengan warna hijau agak gelap. Bunga berkelamin tunggal dan buahnya berbentuk bulat kecoklatan. Daging buahnya berwarna kuning hingga kecoklatan dan memiliki rasa yang manis. Adapun khasiat buah kepel, yakni sebagai berikut :

Mencegah terjadinya batu ginjal

Buah kepel dipercaya dapat membersihkan batu ginjal dan memperlancar air seni. Selain itu dengan mengkonsumsinya air seni yang keluar akan memiliki bau yang harum

Menurunkan Kolesterol

Memanfaatkan daun pohon kepel untuk lalapan atau sayur dapat menurunkan kolestrol karena dalam daunnya mengandung flavonoida dan polivenol.

Radang Ginjal

Untuk mencegah radang ginjal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah kepel setiap hari dengan jumlah minmal satu buah.

Asam Urat

Buah kepel juga dipercaya dapat menyembuhkan asam urat jika daunnya direbus dengan air panad dan diminum sebanyak dua kali sehari (masing-masing satu sendok makan).

Buah Kepel, Salah Satu Tanaman Langka di Indonesia yang Memiliki Banyak Khasiat | sirot | 4.5