Kerambit, Senjata Paling Mematikan Di Dunia Asli Indonesia

Kerambit, Pisau genggam kecil dengan bentuk melengkung ini dinobatkan sebagai senjata paling mematikan di Dunia. Senjata asli indonesia yang berasal dari tanah Minangkabau ini mampu menyayat dan merobek anggota tubuh lawan dengan sekejap dan tidak terdeteksi.

Kerambit, Senjata Paling Mematikan Di Dunia Asli Indonesia
Dalam bahsa Minang, kerambit disebut kurambiak/karambiak sedangkan orang barat menyebut senjata kecil ini dengan sebutan karambit. Meskipun berasal dari minang, namun penyebaran senjata ini sampai ke seluruh Nusantara hingga ke Negara – Negara tetangga seperti Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar dan Thailand. Hal ini dikarenakan para perantau minangkabau yang membawa dan menyebarkannya ke berbagai wilayah.

Bentuk Kerambit yang melengkung terinspirasi oleh cakar harimau yang pada saat itu banyak berkeliaran di Sumatra dan hal ini sejalan dengan falsafah Minangkabau yang berbunyi Alam Takambang Jadi Guru.

Buku sejarah Eropa mengatakan bahwa tentara Indonesia pada saat itu menjadikan Kerambit sebagai senjata terakhir ketika tombak dan keris tidak ada. Menggunakan kerambit saat bertarung membuat sang pemakai terlihat pemberani karena senjata ini dipakai untuk pertarungan jarak pendek. Para pendekar Minang, terutama yang beraliran silat Harimau sangat handal menggunakan senjata ini, selain itu para pendekar Bugis, Sulawesi juga dapat menggunakan senjata ini sebagus pendekar Minang.

Pada tahun 2005, perusahaan asal amerika seperti Emerson Knives dan Strider Knives memproduksi kerambit dalam jumlah yang besar. dan saat ini senjata ini telah banyak dimodifikasi oleh dunia barat karena dunia barat mewajibkan tentaranya menggunakan kerambit.

Meskipun populer di dunia barat dan digunakan oleh personel US Marshal, namun di Indonesia sendiri senjata ini kurang begitu populer. Jika dulu para pejuang Indonesia menggunakan senjata unik ini sebagai senjata terakhir maka TNI sekarang tidak menggunakannya karena tidak adanya upaya pemerintah untuk melestarikannya.

Senjata yang kerat kaitannya dengan seni bela diri ini pernah dijadikan senjata utama oleh pemeran assassin di film The Raid 2 : Berandal. Adegan yang memperlihatkan senjata ini adalah ketika jawara bela diri yang diperankan oleh Cecep A. Rahman melawan sang jagoan, Iko Uwais. Meskipun sang Jagoan tersayat dua kali oleh assassin namun sang jagoan bisa memenangkan duel karena salah satu kerambit assassin diambil olehnya.

Kerambit, Senjata Paling Mematikan Di Dunia Asli Indonesia

Meskipun bentuknya kecil, tetapi Kerambit memiliki banyak kelebihan seperti mudah disembunyikan, sulit untuk dilucuti saat bertarung karena menyatu dengan tangan, serangan yang dilakukan lebih cepat Karena ringan, dan bisa untuk dua serangan dalam satu gerakan tangan.

Perkembangan zaman yang cepat membuat Kerambit mengalami banyak modifikasi, di Indonesia sendiri senjata ini dibagi menjadi dua yaitu Kerambit Jawa Barat dan Kerambit Minang. Ciri khas dari Kerambit Jawa Barat adalah memiliki lengkungan yang membulat, sedangkan Kerambit Minang memiliki lengkungan siku.

Adapun jenis – jenis Kerambit yang beredar di Nusantara adalah sebagai berikut :

– Kerambit Sumbawa, Pulau Sumba

– Kuku Hanoman, Jawa Barat

– Kuku Alang (kuku elang), Sumatra Barat

– Kuku Bima, Jawa Barat

– Kerambit Lombok, Lombok

– Kuku Harimau, Sumatra Barat

Kerambit, Senjata Paling Mematikan Di Dunia Asli Indonesia |Masgala |4.5 |