7 Kopi Indonesia yang Go Internasional

Hari ini, pada tanggal 1 Oktober 2016, para pecinta kopi di dunia merayakan hari kopi internasional. banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari spesial tersebut mulai dari menyuguhkan kopi gratis atau memulai hari dengan menikmati kopi di pagi hari. Rasanya yang khas dan bisa dinikmati kapan saja membuat semua orang di dunia mencintai kopi, termasuk juga Indonesia. namun tahukah anda jenis – jenis kopi yang ada di Indonesia…?

Berikut ini 7 kopi Indonesia yang go internasional :

 

1. Kopi Luwak

Kopi Luwak

Kopi Luwak adalah salah satu kopi termahal saat ini, proses pembuatannya yang cukup aneh membuat kopi ini memiliki cita rasa yang unik. kopi harus dimakan oleh luwak terlebih dahulu, biji kopi yang keluar dari kotoran luwak kemudian diambil dan dijadikan kopi. karena proses fermentasin inilah yang membuat rasa kopi luwak eksotik.

2. Kopi Jawa

Kopi jawa
Kopi Jawa adalah kopi yang berasal dari pulau Jawa dan memiliki pengaruh yang besar di dunia sampai – sampai kata ‘Java’ dijadikan simbol kopi. meskipun cita rasanya tidak sekaya kopi sumatra dan sulawesi, namun kopi jawa memiliki aroma rempah yang tipis sehingga membuat kopi ini lebih baik. Kopi Java ini pertama kali dikenalkan oleh bangsa belanda pada tahun 1696 dan ditanam di lahan pribadi milik jendral VOC Willem Van Outhoorn yang sekarang dikenal Pondok Kopi, Jakarta Timur.

3. Kopi Toraja

Kopi Toraja

Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari Tana Toraja disekitar daerah Kalosi. Kopi yang berasal dari Sulawesi ini sangatlah terkenal di penjuru dunia dan memiliki tempat khusus saat dijual di cafe – cafe. negara – negara eropa seperti Islandia, Finlandia, Denmark hingga Belanda telah memasarkan kopi ini.

4. Kopi Sumatera

Kopi Aceh Gayo
Kopi Sumatera adalah kopi yang berasal dari sumatera dan dikenal dengan teksturnya yang halus dan kaya akan rasa. Kopi Sumatera sendiri terdapat 5 jenis yaitu Kopi Aceh, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang Kopi Besemah dan Kopi Lampung.

5. Kopi Bali

Kopi Bali
Kopi Bali atau Kopi Kintamani adalah jenis kopi arabika yang bercita rasa lembut dan manis. karena keunikannya ini kopiyang diproduksi dalam sistem subak abian ini telah memiliki sertifikasi indikasi geografis dari salah satu lembaga internasional di paris.

6. Kopi Lanang

Kopi Lanang
Kopi yang berbentuk bulat dan tidak terbelah dua ini memiliki harga yang tak kalah mahal dengan kopi luwak, bahkan varietas tertentu dari Kopi Lanang bisa mengalahkan harga Kopi Luwak. kelangkaan dan khasiat dari kopi ini menjadi faktor mahalnya harga kopi lanang.

7. Kopi Wamena

Kopi Wamena
Kopi Wamena ini tumbuh di daerah pegunungan Jaya Wijaya, Wamena tepatnya di Lembah Baliem. kopi arabica wamena ini kopi organik karena tidak menggunakan pupuk kimia, Kopi ini beraroma harum, lembut dan memiliki rasa after taste yang manis.

7 Kopi Indonesia yang Go Internasional |Masgala |4.5 |