Wisata Coban Talun yang Tak Boleh Dilewatkan saat Berkunjung ke Kota Batu- Malang

Coban Talun merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kota Batu. Secara administratif air terjun ini terletak di Dsn. Junggo, Ds. Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Batu. Kawasan wisata Coban Talun kerap digunakan sebagai tempat perkemahan  sehingga sering dikenal juga sebagai bumi perkemahan Coban Talun.
Wisata Coban Talun


Untuk menuju ke lokasi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi. Keadaan jalan telah beraspal dan halus. Sedangkan bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan publik, dapat naik angkot ungu dari terminal Landungsari, kemudian turun terminal batu naik angkot berwarna orange arah Sumberbrantas.

Tidak sampai disitu, untuk menikmati pesona Coban Talun, pengunjung harus tracking terlebih dahulu sekitar tiga puluh menit lamanya. Selama tracking akan dijumpai banyak pepohonan seperti pohon pinus, buah kesemek, dan sebagainya. Juga lalu lalang penduduk yang mencari kayu bakar akan sangat ramah menyapa kita. Kondisi jalannya sangat berkelok- kelok, curam, dan sangat licin jika hujan datang sehingga harus hati- hati agar tidak tergelincir.

Oya, tidak perlu takut untuk tersesat, sebab pengelola telah memasang arah tanda dibeberapa pohon. Sesampainya di Coban Talun, mata juga jiwa akan dimanjakan dengan panorama ciptaan Tuhan yang begitu memukau. Bebatuan besar mendominasi dan mempercantik sungai. Hutan yang mengelilinginnya juga menambah kesejukan yang tak berperi. Selain itu saat cuaca cerah, butiran air terjun yang turun akan terhempas oleh angina dan memunculkan warna pelangi. Rasanya usaha tracking benar- benar dibayar lunas.

Air terjun merupakan salah satu pariwisata di Indonesia yang sering dikunjungi, terutama oleh kaum muda-mudi sekaligus melakukan pendakian ke Gunung-gunung yanga ada di indonesia. Banyak Wisata Indonesia yang merupakan wisata asli indonesia sebagai kekayaan alam yang perlu dijaga kelestariannya dan kebersihan di area wisatanya.

Wisata Coban Talun yang Tak Boleh Dilewatkan saat Berkunjung ke Kota Batu- Malang | Masgala | 2017