7 Bisnis Berbau Kematian

Sebagian dari kita pasti takut akan kematian dan kita tahu bahwa kematian adalah sesuatu yang pasti akan kita hadapi, yang bijak akan berkata jika kematian adalah perpindahan ke tempat terbaik bagi para arwah sedang bagi yang ditinggalkan kematian adalah masa paling sedih untuk mereka. Tapi tidak bagi beberapa orang kreatif yang justru memanfaatkan kematian untuk meraup keuntungan, bagaimana bisa? Apa saja bisnis yang bisa dikembangkan dari kematian? Inilah 7 bisnis berbau kematian.

Terapi Kematian di Korea

terapi kematian
Di korea selatan angka kematian karena bunuh diri meningkat dari tahun ke tahun, data pemerintah korea selatan mencatat bahwa setidaknya ada 40 orang yang melakukan bunuh diri setiap harinya. Hal ini membuat salah satu klinik di korea seoul hayowon healing center membuka kelas terapi kematian. Tidak disangka terapi kematian ini menjadi populer dalam waktu singkat, masyarakat dari berbagai kalangan seoul tertarik dan ingin mencoba terapi kematian ini.

Pada terapi ini klinik akan memberikan pengalaman ditinggalkan sendiri didalam peti mati, bagaimana rasanya seseorang ditinggal sendirian dalam kegelapan. Banyak yang penasaran dengan terapi ini, dan setelah menjalaninya sebagian besar dari peserta semakin menghargai kehidupan. Merasakan kematian membuat peserta terapi lebih semangat untuk berjuang dan memberikan segala yang terbaik untuk hidupnya. Klinik ini membuat program terapi kematian untuk menekan jumlah kematian karena bunuh diri di korea.

Terapi Peti Mati di Tiongkok

terapi peti mati
Tahukah anda jika terapi kematian seperti di korea ternyata bukanlah konsep baru, di tiongkok dengan konsep terapi yang mirip dinamakan terapi peti mati. Metode ini ditawarkan oleh klinik psycoterapy di tiongkok. Metode ini bertujuan agar pasien mendapatkan pencerahan dan mendapatkan yang terbaik setelahnya.

Pada terapi ini pasien akan diantar kedalam sebuah ruangan seluas 5 meter yang berisi sebuah peti jenazah, mereka diminta untuk menuliskan pesan terakhir setelah itu mereka dipersilahkan berbaring di peti jenazah. Setelah berbaring, wajah pasien akan ditutupi oleh secarik kain putih. Selama prosesi, pasien akan diputarkan lagu pengiring prosesi pemakaman.

Terapi ini berlangsung selama lima menit dan berakhir dengan suara tangisan bayi. Setelah berakhir sang terapis akan membuka tepi mati jenazah dan menyambut pasien. Proses ini akan membuat pasien merasa seperti terlahir kembali dan merasa segar. Banyak warga tiongkok mengikuti terapi ini dan setelah itu merasa lebih positive dalam kondisi kejiwaan.

Terapi Simulasi Kematian di Ukraina

terapi simulasi kematian
Seorang pengrajin kotak dari ukraina juga menawarkan konsep yang hampir mirip yang bernama terapi simulasi kematian. Satu sesi terapinya berlangsung selama 15 menit dan pasien bebas memilih peti tertutup atau terbuka. Ide ini didapat dari tradisi keluarganya yang menyimpan peti mati di rumah. Suatu hari sang nenek meminta untuk membuatkan perabot yang ditempatkan di apartemennya, iriani memilih peti mati yang disimpan di rumahnya disulap menjadi sofa untuk neneknya. Sang nenek senang sekali menerima hal itu dan menggunakan peti mati itu untuk berduduk santai setiap sore. Kegiatan ini membuat sang nenek merasa lebih rileks dan segar.

Akhirnya sang pengrajin membuat terapi simulasi kematian dengan mengadaptasi kebiasaan sang nenek yang tidur di peti mati buatannya.

Bisnis Pabrik Jenazah

pabrik jenazah di jerman
Seorang ahli anatomi di jerman bernama von hagen mengembangkan teknik plastination untuk menyuplai jasad lainnya. Orang – orang menyebut bisnisnya sebagai pabrik jenazah, jasad yang dikerjakan oleh von hagen bukan hanya berasal dari jerman tetapi juga Negara lain seperti rusia, tiongkok bahkan india.

Ketiga Negara ini menjadi pengimpor jenazah bagi von hagen karena lebih mudah mendapatkan jenazah yang dibutuhkan. Ternyata dokter ini banyak melayani permintaan dari industry perfilman, jasad hasil plastination buatannya menjadi salah satu property favorit bagi pembuat film karena penampakannya nyata dan tidak perlu dirias lagi.

Berkutat dengan tubuh manusia membuat von hagen menjadi dokter miliuner, saat ini ia tak hanya melayani jasad manusia saja tetapi juga jasad hewan.

Hotel Penginapan Jenazah di Jepang

penginapan jenazah
Jika mendengar hotel penginapan jenazah anda pasti bertanya – Tanya untuk apa jenazah menginap di hotel? Tapi kenyataannya bisnis hotel penginapan jenazah sangat di minati di jepang. Angka kematian di jepang sangat tinggi namun banyak warga jepang yang tidak bisa membuat upacara pemakaman yang layak di rumah atau apartemen karena lokasinya yang sempit.

Hotel penginapan jenazah ini kemudian menjadi solusi kesulitan masyarakat jepang, jasad – jasad menginap di hotel tersebut sambil menunggu giliran di krenasi. Pihak hotel menyediakan tabung pendingin jasad, peti mati, bunga serta perlengkapan yang dibutuhkan.

Dalam hotel ini juga menyediakan dapur dan ruang tunggu bagi keluarga dan tamu yang hendak melayat.

Bisnis Batu Nisan Berbicara

batu nisan berbicara
Rindu berbicara dengan orang yang sudah meninggal membuat kita sering membuka album fotonya untuk mengenang kenangan indah bersamanya. Keadaan ini membuat Robert menciptakan sebuah inovasi untuk mengobati kerinduan bagi para peziarah pada sanak family yang dimakamkan.

Robert menciptakan sebuah batu nisan berbicara dengan remote control sebagai pengendali. Batu nisan ini dilengkapi dengan video yang akan memutar pesan pesan mendiang ketika masih hidup. Jika keluarganya ingin melihat sang mendiang mereka tinggal memutar videonya saat berjiarah.

Sangat optimis dengan penemuannya ini Robert pun mendaftarkan hak patennya, saat ini bisnisnya masih berbasis di kalifornia (amerika serikat). Mungkin inovasi ini bisa meningkatkan kunjungan kita untuk berjiarah.

Kursus Membuat Peti Mati Sendiri

kursus membuat peti mati sendiri
Mempersiapkan kematian sendiri bisa dimulai dengan membuat peti mati sendiri, di inggris ada sebuah kursus yang menawarkan keterampilan membuat mati sendiri. Kursus bernilai 4 juta rupiah ini mengajarkan para pesertanya untuk tidak takut menghadapi kematian. setiap peserta diberi batang pillow untuk memahat peti matinya sendiri. Jika sudah selesai, peti mati tersebut bisa dibawa pulang.

Sebelum digunakan sebagai mana mestinya peti mati ini bisa disimpan atau dialih fungsikan sebagai meja, rak buku dan lain sebagainya. Hanya saja tempat penyimpanannya harus kering agar tidak lapuk.

7 Bisnis Berbau Kematian | Masgala | 2017