7 Kisah Ajaib dan Sedih dibalik Gempa Nepal

25 april 2015 menjadi hari paling buruk bagi warga Nepal. Sekitar pukul 11 lewat 56 menit waktu setempat terjadi gempa bumi dahsyat terjadi di ibu kota Nepal antara khatmandu dan pokhara dengan kekuatan 7,9 skala ritcher. Setidaknya 7040 orang dikabarkan tewas dan sekitar 14.103 orang lainnya luka luka akibat gempa bumi yang mengguncang Nepal dan beberapa wilayah di india, tiongkok, dan Bangladesh. Sementara itu dari 97 warga Negara Indonesia yang berada di Nepal 6 orang masih belum dapat di hubungi. Dari 31 WNI yang menetap di Nepal 1 WNI belum dapat di hubungi dan dari 66 WNI yang berkunjung ke Nepal 5 orang belum dapat dihubungi. Sedangkan 38 WNI yang diketahui sudah berada di luar Nepal.

Upaya pencarian dan penyelamatan pun masih dilakukan, sementara bantuan dari berbagai Negara termasuk Indonesia terus mengalir untuk korban gempat. Dan kali ini kami akan membahas kejadian dibalik gempa Nepal.

Bayi Berumur 5 Bulan Selamat Setelah Tertimpa Bangunan Selama 22 Jam


Seorang bayi mungil yang baru berumur 5 bulan tertimpa bangunan saat gempa Nepal melanda 25 april kemarin. Bayi malang yang diketahui bernama son awal berhasil selamat setelah tertimpa runtuhan bangunan selama 22 jam. Sebuah kejaiban dan kekuasaan tuhan masih menghampiri bayi malang tersebut. Ia berhasil diselamatkan dari reruntuhan puing puing bangunan di bhaktapur Nepal oleh tim penyelamat pada 26 april.

Saat menyusuri daerah reruntuhan untuk kedua kalinya mereka mendengar tangisan samar samar dari bawah puing puing bangunan yang runtuh. Dan benar saja, tim penyelamat menemukan soni terperangkap dibawah reruntuhan dan terselamatkan karena lemari yang melindunginya dari reruntuhan bangunan. Tim pennyelamat sangat berhati hati dalam mengeluarkan soni dari reruntuhan bangunan.

Setelah dikeluarkan dari bawah reruntuhan bangunan, soni dibawa kerumah sakit untuk melakukan perawatan. Beruntung soni awal berhasil selamat dan telah berkumpul lagi dengan sang ibu rasmisa awal serta keluarganya bersyukur karena bayi mungilnya selamat.

Pemalama Selamat Setelah Tertimbun Reruntuhan Selama 5 Hari

Sebuah keajaiban juga menghampiri remaja berusia 15 tahun bernama pemalama yang selamat setelah lima hari tertimbun reruntuhan bangunan saat gempa dahsyat melanda wilayah itu. Ia berhasil diselamatkan oleh tim penyelamat dari Nepal dan amerika serikat yang bekerja selama berjam jam untuk membebaskan pemalama dari puing puing bangunan di khatmandu.

Dengan diselimuti debu, pema yang berhasil dievakuasi langsung dilengkapi dengan penyangga leher dan terhubung infus diangkat diatas tandu dan kemudian dilarikan dirumah sakit terdekat. Beruntung pema hanya mengalami luka ringan dan mengalami memar.

Pelma yang bekerja sebagai bell boy di sebuah hotel saat gempa melannda mengatakan bahwa dirinya sedang menikmati makan siang saat tanah yang dipijaknya bergetar. Saat mencoba lari, sesuatu menimpa kepalanya dan ia langsung tak sadarkan diri. Andrew alfera pejabat dari badan pembangunan internasional amerika serikat mengatakan anak itu terjebak diantara reruntuhan lantai bangunan. Sementara itu juru rumah sakit palmela dirawat mengatakan palmela tidak memiliki luka serius dan mengatakan mereka tidak mempunyai penjelasan logisnya karena ini suatu keajaiban.

Bangunan Bersejarah Menara Dharahara dan Maju Deval Hancur Karena Gempa

Sebuah situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO di Nepal dilaporkan runtuh dan hancur akibat gempa dengan kekuatan 7,9 Skala Ritcher 25 april lalu. Salah satu situs yang menonjol di Nepal adalah menara dharahara yang sudah berdiri dari 180 tahun di ibukota Nepal tersebut benar benar hancur. Dilaporkan sebanyak 200 orang berada didalam bangunan saat tragedy gempa tersebut terjadi. Dan 150 jiwa dilaporkan tewas akibat tertimpa reruntuhan menara.

Menara dharahara merupakan salah satu landmark bersejarah khatmandu yang diakui UNESCO yang dibangun pad 1932 oleh perdana menteri bim sentapa sehingga terkadang biasa disebut bim sen. Menara setinggi 20,5 meter itu sempat roboh akibat gempa dahsyat yang terjadi pada 1934. Dan kemudian dibangun ulang sebelum diguncang gempa pada 25 april lalu.

Selain itu bangunan bersejarah lain yang telah ditetapkan UNESCO sebagai cagar budaya di Nepal yaitu Maju Deval. Juga telah hancur dan rata dengan tanah, padahal bangunan yang dibangun 1690 tersebut merupakan lokasi favorit warga khatmandu Nepal.

Longsoran Salju Menimpa Basecamp Para Pendaki

Sebuah video amatir menangkap moment menegangkan saat gempa bumi Nepal terjadi 25 april lalu di basecamp para pendaki gunung Everest. Dalam video yang diunggah oleh yos cobus seorang pendaki asal jerman memperlihatkan detik detik ketika lonsoran salju menimpa kemah para pendaki. Dalam video yang berdurasi 2 menit 7 detik itu terdengar suara pendaki merasakan tanah yang bergetar. Dan seketika melihat orang orang berlarian menyelamatkan diri dari longsoran salju di gunung Everest.

Gempa berkekuatan 7,9 ritcher itu mengakibatkan longsoran salju di gunung Everest. Sebanyak 22 pendaki dilaporkan tewas, dan 217 lainnya dinyatakan hilang didekat basecamp gunung Everest. Dimana ratusan pendaki termasuk banyak orang asing terdampar setelah salju longsor di picu gempa besar Nepal menyapu puncak tertinggi di dunia itu. 32 orang berhasil diselamatkan dari kawasan itu. Mereka diselamatkan dengan 5 helikopter dan beberapa yang terluka juga telah diangkut dengan pesawat ke ibu kota.

Salah Satu Petinggi Google Tewas Saat Mendaki Gunung Everest

Dari 22 korban yang tewas, Salah satunya adalah petinggi situs pencarian terbesar dunia google yakni Daniel freedenburg. Daniel yang menjadi pemimpin keamanan google ads menjadi korban tewas gempa Nepal saat mendaki gunung tertinggi di dunia itu bersama 3 karyawan lainnya akibat tertimbun longsoran salju.

Selama hidup Daniel dikenal sebagai sosok pendaki. Diketahui ia membentuk tim petualang google dan memetakan lokasi eksotis untuk google streetview. Daniel yang telah bekerja di google sejak 2007 itu terlibat dalam beberapa ekspedisi google di Nepal. Ia juga pernah melakukan beberapa ekspedisi di girimanjaro, dan gunung elsbrus untuk keperluan kerja.

Dua Pendaki Indonesia Hilang Saat Bulan Madu di Nepal

Keberadaan pendaki Indonesia yang berada di Nepal masih belum diketahui, dua diantaranya adalah pasangan suami istri kadek andana dan alma gita yang baru menikah pada sabtu maret 2015 lalu. Mereka diketahui memiliki hobi yang sama yaitu mendaki gunung. Maka dari itu keduanya memutuskan untuk berbulan madu ke gunung naya kanga dan yalavik di Nepal.

Selain untuk berbulan madu, menurut sang ibu kadek mereka berencana akan melakukan sesi photo pernikahan di puncak gunung itu. Sang ibu yakin bahwa anak dan menantunya itu selamat dan baik baik saja . ia juga berharap pemerintah kota bandung atau kementrian luar negeri RI segera melakukan pencarian menuju lokasi hilangnya kadek beserta istri dan temannya.

Pengemudi Traktor Selamat Setelah Nyaris Tertimpa Bangunan

Sebuah video momen menegangan saat detik detik gempa berkekuatan 7,9 ritcher terjadi di Nepal. Dalam rekaman tersebut terlihat beberapa orang mulai keluar dari kendaraan mereka dan menyelamatkan diri. Dan yang mengejutkan adalah adanya pengendara yang sedang mengemudikan traktor dijalan tersebut terlihat melompat dari kendaraannya ketika bangunan yang ada disebelahnya runtuh dan menimpanya. Dan saat bangunan itu runtuh, beberapa orang langsung lari menuju ke puing puing bangunan dan menghampiri pengemudi traktor untuk melakukan upaya penyelamatan.

Dalam rekaman tersebut terlihat sang pengemudi yang dibantu hati hati dari reruntuhan dan berhasil ditarik keluar.

7 Kisah Ajaib dan Sedih dibalik Gempa Nepal | Masgala | 2017