7 Kuliner Unik Saat Bulan Ramadhan

Dibulan ramadhan, salah satu hal yang paling ditunggu adalah moment berbuka puasa. Saat berbuka dianjurkan memakan yang manis manis. Sebab, setelah seharian menahan lapar dan dahaga, metabolism dalam tubuh jadi melambat dan energy berkurang. Makanan atau minuman manis ini berperan dalam mengembalikan energy atau stamina tubuh yang hilang.

Di Indonesia, beragam kuliner manis yang khas dihidangkan saat ramadhan seperti kolak pisang atau bubur biji salak atau candil yang rasanya manis dan gurih dengan tambahan santan. Selain gula dan santan, ada juga kuliner manis yang menggunakan susu sebagai salah satu bahan utamanya. Selain menyehatkan juga membuat anda segar dan bertenaga kembali.

Berikut ini 7 kuliner unik saat bulan ramadhan

Burfi Strawberry (India)

Yang pertama ada burfi strawberry, burfi atau disebut juga bufi adalah hidangan manis tradisional yang cukup populer di india. Bahan utama burfi adalah susu kental manis full cream dicampur dengan bahan bahan lainnya. Di Negara asalnya, burfi biasanya dibuat dengan berbagai variasi. Dan salah satunya adalah burfi strawberry.

Saat bulan ramadhan seperti sekarang, hidangan manis asal india ini bisa menjadi alternative pilihan untuk anda berbuka puasa. Bahan bahan yang digunakan adalah sekitar 18 buah strawberry berukuran sedang, setengah cangkir butter, seperempat sendok bubuk kapulaga, seperempat cangkir gula pasir, seperempat cangkir tepung terigu durung atau tepung semolina, setengah cangkir kelapa parut kering, satu cangkir susu bubuk, satu cangkir panir atau keju india, satu cangkir susu kental manis yang full cream, sepertiga kacang mede, dan beberapa butir kacang pistacio sebagai penghias.

Sebelum membuat, pertama blender kacang mede hingga halus lalu pisahkan kemudian blender strawberry yang sudah di cuci bersih. Cara membuatnya adalah masukkan butter ke dalam wajan lalu masukkan tepung terigu durem atau semolina. Aduk pelan diatas api sedang sekitar 2 menit. Kemudian masukkan susu bubuk atau keju india dan aduk rata. Lalu masukkan susu kental manis yang full cream. Setelah semua tercampur, masukkan strawberry yang telah di blender tadi lalu aduk terus sekitar 15 hingga 20 menit. Selanjutnya masukkan gula pasir, kelapa parut dan bubuk kapulaga. Aduk terus agar tidak gosong hingga adonan semakin mengental. Masukkan bubuk kacang mede.

Setelah selesai, masukkan adonan ke dalam adonan yang telah diolesi mentega atau butter. Tambahkan kacang pistachio atau bahan lainnya sebagai penghias. Dinginkan lalu masukkan kedalam kulkas sekitar 2 jam. Dan burfi strawberry yang lezat dan creamy pun siap dihidangkan.

Teh Tarik (Melayu)

Kemudian ada teh tarik yang populer di berbagai Negara di asia tenggara khususnya Malaysia dan singapura. Minuman ini juga dapat ditemukan di beberapa tempat di Indonesia antara lain di riau, kepulauan riau, dan aceh. Terbuat dari bahan sederhana yakni minuman tea dan susu kental manis yang full cream yang diaduk.

Namun cara membuat tea tarik ini sangat unik dan berbeda dari tea susu biasa. Caranya adalah tuangkan tea dan susu yang telah dicampur ke cangkir lain sambil ditarik ke atas udara. Lalu tuang ke cangkir lagi dan ditarik lagi. Dalam proses penarikan ini, kandungan kandungannya menjadi semakin pekat dan membuat aromanya keluar. Proses penarikan juga membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan busa lembut di bagian atasnya.

Pembuat tea yang terampil akan terlihat bak seniman. Setelah mencium aromanya yang khas, siapa yang tak ingin dibuatkan minuman ini saat buka puasa.

Es Buah

Selanjutnya ada es buah atau juga dikenal dengan sop buah. Ini merupakan salah satu kuliner segar yang wajib hadir saat berbuka puasa terutama di Negara yang tropis seperti Indonesia. salah satu alasan kepopulerannya adalah karena cara membuatnya yang mudah namun kesegaran dari buahnya sangat menyejukkan.

Cara membuatnya adalah potong beberapa buah yang diinginkan dengan berbagai bentuk, bisa bentuk bulat atau segitiga. Siapkan sekitar 500 gr es serut, satu liter air, lima sendok makan sirup vanili dan 100 ml susu kental manis yang full cream. Setelah itu campurkan air dengan susu kental manis yang full cream. Aduk rata, masukkan semua buah buahan yang telah dipotong menjadi berbagai bentuk tadi. Terakhir, tambahkan sirup vanili dan es serut untuk menambah kesegarannya.

Es buah susu kental full cream yang manis ini memang memiliki rasa yang sangat nendang, sehingga siapa yang mau menolaknya? Apalagi disantap saat berbuka puasa.

Puding Susu Roti Panggang

 

Selanjutnya yaitu kuliner yang terbuat dari roti. Siapa bilang roti hanya bisa disajikan hanya saat sarapan pada olesan mentega atau selai. Faktanya, roti juga bisa diolah menjadi kuliner lezat bila dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Seperti menu pudding roti panggang.

Bahan bahannya adalah 5 lembar roti tawar yang disobek sobek, 125 ml susu cair, 2 butir telur ayam, 30 gr keju parut, 80 gr susu kental manis yang full cream dan kismis sesuai selera. Campur susu cair, susu kental manis full cream dan telur. Aduk sampai rata. Tata roti yang telah disobek sobek bersama keju parut dan kismis dalam pinggang tahan panas. Tuangkan campuran susu diatasnya, diamkan selama 2 hingga 3 menit sampai roti mengembang. Ratakan adonan saat masuk kedalam pinggang dengan menggunakan sendok atau sepatula. Taburan sisa kismis dan keju diatas adonan. Lalu panggang dalam oven selama 30 menit dengan suhu 130 derajat dengan menggunakan api bawah.

Es Johor (Medan)

Kemudian ada es johor, meskipun namanya johor namun minuman segar yang satu ini berasal dari medan sumatera utara yang sering dijumpai terutama saat bulan ramadhan seperti sekarang ini. minuman segar ini berisi buah buahan, agar agar, susu kental manis full cream. Disebut dengan es johor karena pada saat terciptanya tahun 1957 bahan buah es ini masih di impor dari johor Malaysia. Namun sekarang bahan yang digunakan tak perlu dibeli di johor, karena siapapun dirumah bisa membelinya di pasar atau supermarket terdekat.

Bahan bahan yang digunakan adalah buah papaya dipotong kecil kecil, buah leci, kolang kaling warna merah, agar agar putih, buah nanas yang dipotong kecil kecil, buah anggur yang dipotong belah dua, sirup koko pandan dan susu kental manis full cream.

Caranya, siapkan beberapa gelas atau mangkok. Masing masing masukkan buah papaya, buah nanas, agar agar, kolang kaling, buah leci dan buah anggur. Lalu masukkan es serut tambahkan sirup aroma koko pandan dan terakhir tambahkan susu kental manis full cream diatasnya.

Es Palu Butung (Makassar)

Es palu Butung makasar
Beralih ke Makassar, selain es pisang hijau yang terkenal. Ada juga es palu butung yang tak kalah enaknya apalagi disantap berbuka puasa. Es palu butung mirip dengan es pisang hijau. Hanya saja pisangnya tidak dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Pertama kali ditemukan oleh kerajaan goa di Sulawesi selatan pada abad ke 14 bersamaan dengan conto Makassar.

Bahan bahan untuk membuat es palu butung diantaranya adalah 6 buah pisang tepoh, sebaiknya pilih yang tua atau matang dan rasanya manis. Kukus kemudian dipotong potong. Setelah itu 150 ml sirup merah, 150 ml susu kental manis full cream dan es serut. Sementara itu untuk bubur sum sumnya 75 gr tepung beras, 100 gr gula pasir, 750 ml santan dari satu butir buah kelapa , dua lembar daun pandan dan setengah sendok tea garam.

Cara membuatnya, campur semua bahan bubur sum sum yakni tepung beras, gula pasir, santan, daun pandan, dan garam. Kemudian masak sambil diaduk aduk hingga mendidih dan kental. Angkat dan dinginkan. Siapkan mangkuk atau gelas saji. Masukkan bubur sumsum secukupnya lalu potongan pisang, tutup dengan es serut dan tambahkan sirup serta susu kental manis full cream.

Es Cendol Cokelat

Dan yang terakhir adalah es cendol cokelat. Es cendol yang selama ini dikenal dan kita nikmati berwarna hijau dengan rasa dan aroma daun pandan dan diberi kuah santan. Tapi pernahkah anda mencicipi atau membuat sendiri cendol dengan rasa cokelat dan diberi kuah susu?

Bahan yang digunakan yaitu 150 gram tepung hankwe, 10 gram atau satu sendok cokelat bubuk, setengah sendok vanili bubuk, 600 ml air, 100 ml susu kental manis putih full cream gold dan es batu serut.

Cara membuatnya, masukkan tepung hankwe, cokelat kedalam air. kemudian larutkan, rebus diatas api kecil sambil aduk aduk hingga kental. Setelah itu angkat. Tuangkan kedalam cetakan cendol, gosok gosok dan tamping cendol kedalam wadah berisi air dingin atau air es. Biarkan hingga dingin dan mengeras lalu tiriskan. Tambahkan cendol dalam gelas saji selanjutnya masukkan susu kental manis gold dan es batu serut yang nantinya akan mencair menjadi kuah susu untuk menggantikan kuah santan.

7 Kuliner Unik Saat Bulan Ramadhan | Masgala | 2017