Pantai Aparallang, Surga Kecil di Bulukumba

Berbicara tentang pantai yang indah, indonesialah tempatnya. Begitu banyak pantai indah yang belum tersentuh dan terekspose di negeri ini. Salah satunya adalah pantai yang berada di bulukumba, Sulawesi selatan. Bulukumba tidak hanya ada tanjung bira, ada satu lagi pantai yang belum terekspose. Namun memiliki keindahan yang sangat sempurna.
makasar
Meskipun Pantai Aparallang tidak memiliki pasir, tetapi kejernihan air lautnya sangatlah terjaga. Anda tidak akan menemukan sampah di laut. Yang ada malah orang orang yang sedang snorkeling menikmati keindahan bawah laut pantai ini. Lautnya yang tenang membuat pantai sangat cocok untuk olahraga air seperti snorkeling. Dan alamnya yang masih asri membuat anda betah berlama lama di tempat ini.

Pantai Aparallang terletak di desa ara, Kecamatan bontobahari, kabupaten bulukumba. Sangat sayang sekali bagi anda yang tinggal di Sulawesi selatan tapi belum pernah kesini. Memang lokasinya terpencil. Justru itulah yang membuat pantai ini seperti surga yang belum terjamah oleh manusia.
Sayang seribu sayang, pantai ini belum dilirik oleh pemerintah. Dan masih dekelolah oleh warga lokal. Meskipun masih dikelolah oleh warga sekitar. Pantai ini tetap banyak didatangi oleh wisatawan. Khususnya yang berada di daerah bulukumba dan di kawasan Sulawesi selatan sekitarnya. Karena masih dikelola warga lokal. Pantai ini tidak memiliki fasilitas yang memadai. Seperti tempat berganti pakaian dan penginapan. Yang ada hanyalah sebuah gazebo untuk berteduh. Sedangkan untuk berganti pakaian pengunjung melakukannya di mobil sendiri.
Akses menuju Pantai Aparallang sangatlah mudah. dari perjalanan makassar – jeneponto – bantaeng – bulukumba – belok kiri ke SMK 6 Perkapalan, dan jalan terus sampai anda menemui sebuah Gapura warna hijau yang bertuliskan pantai appalarang, belok kanan dan ikuti saja jalan utamanya masuk lebih dalam hingga dapat jalanan agak rusak belok kanan, setelah itu ikuti terus jalannya hingga anda berada ujung tebing maka kamu akan menemukan pantainya. Jarak dari kabupaten bulukumba ke Pantai Aparallang sekitar 35 kilometer. Dan ada jalan yang kurang mendukung untuk roda 4 sepanjang 5 kilometer.
Bagi anda yang ingin bermalam di Pantai Aparallang. Anda bisa camping disini. Banyak pecinta alam yang senang camping di sini. Jika anda ingin menguji adrenalin anda. Anda bisa meloncat dari tebing yang curam dan berenang di laut yang dalamnya sekitar 10 meter.

Berikut ini foto foto aparallang bulukumba
makasar

makasar
makasar

makassar

Pantai Aparallang, Surga Kecil di Bulukumba | Masgala | 4.5