Selain Nama Orang,6 Nama Kuliner Indonesia Ini Unik dan Aneh

Indonesia memiliki keragaman kuliner yang taka da bandingannya, cita rasa makanan tanah air terbukti mampu memanjakan lidah setiap penikmatnya. Selain keragaman dan cita rasanya beberapa kuliner di Indonesia diketahui memiliki nama yang unik. Anda pastinya akan merasa aneh ketika mendengar nama kuliner nasi kentut atau roti ketawa. Bukan sembarang nama yang diberikan namun memiliki arti dan sejarah tersendiri yang membuat makanan ini begitu terkenal di mata masyarakat Indonesia maupun turis manca Negara.

Makanan makanan ini biasanya mudah ditemukan dan dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Kira – kira apa saja makanan makanan Indonesia yang memiliki nama unik tersebut? Berikut ini daftarnya

Nasi Kentut

Nasi Kentut
Nasi Kentut
Nasi kentut itulah namanya, makanan berbahan nasi ini berasal dari medan . agar lebih nikmat nasi kentut bisa disantap dengan berbagai macam lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe dan tak ketinggalan sambal sebagai penyedap rasanya. Nasi kentut hampir sama dengan sego kucing namun nasi khas daerah Sumatra utara ini tidak dibungkus dengan daun pisang melainkan dengan daun kentut.

Jangan berfikir kalau nasi kentut beraroma seperti kentut, nama dari kentut sendiri dari daun pembungkus nasinya. Daun pembungkus inilah yang justru memberikan aroma nikmat pada nasi kentut. Selain membuat aroma makanan menjadi nikmat, daun kentut mempunyai fungsi lain yaitu untuk melancarkan pencernaan dan peredaran darah.

Kuku Macan

Kerupuk Kuku Macan
Kerupuk Kuku Macan
Kuku macan sangatlah tajam dan panjang, oleh karena itu macan menggunakan kukunya guna menerkam mangsanya. Namun beda dengan orang – orang di Kalimantan. Mereka menggunakan kuku macan sebagai makanan mereka. Tapi jangan kaget dulu, kuku makan yang dimakan bukanlah kuku makan yang sebenarnya melainkan hanya namanya saja yang kebetulan sama. Kuku macan merupakan makanan seperti kerupuk khas Balikpapan.

Kerupuk yang juga dikenal dengan nama kerupuk amplang ini dibuat dari bahan tepung tapioca dan ikan tenggiri. Bentuknya yang sama seperti kuku macan membuatnya terkenal dengan sebutan kuku macan.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal Semarang
Tahu Gimbal Semarang
Kuliner berikutnya adalah kuliner khas kota semarang yaitu tahu gimbal. Makanan ini terdiri dari campuran tahu yang digoreng, toge, telur serta lontong dan disajikan dengan siraman bumbu kacang yang begitu khas karena menggunakan bumbu petis udang. Lalu mengapa diberi nama gimbal?

Nama gimbal disini bukan diambil dari penjualnya yang berambut gimbal melainkan gimbal adalah sebuah gorengan yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung sampai menjadi garing. Makanan yang renyah ini disajikan bersama dengan campuran lontong dan tahu.

Sate Kere

Sate Kere
Sate Kere
Dalam bahasa jawa kere berarti miskin, walaupun mempunyai nama kere rasa dari hidangan bernama sate kere ini jauh dari kata kere. Tidak hanya namanya yang terkesan nyleneh, sate ini juga unik dibandingkan dengan sate pada umumnya. Sate kere menggunakan daging sapi yang dalam setiap penyembelihannya ada bagian daging yang banyak tercampur lemak. Daging inilah yang dibuat untuk sate kere.

Meskipun daging yang digunakan banyak mengandung gajih atau lemak, sate kere tidak tertahan di tenggorokan. Berbeda dengan kebanyakan olahan gajih yang rasanya seperti tertahan di tenggorokan. Bila sate lain menggunakan sambel kecap ataupun sambel kacang sate ini tidak menggunakan kedua sambal tersebut. Sebelum dibakar, daging sapi yang telah tertusuk sate akan dilumuri dengan bumbu yang terbuat dari bawang putih, ketumbar, merica, gula jawa dan beberapa bumbu lainnya. Selain dibumbui, sate langsung dibakar tanpa ada proses perebusan daging terlebih dahulu.

Disebut sate kere karena harganya yang murah membuat siapapun yang menikmati nya termasuk orang orang yang benar kere sekalipun.

Sate Lalat

Sate Lalat Madura
Sate Lalat Madura
Pasti anda heran mengapa makanan ini dinamai dengan sate lalat, jangan berfikir kalau daging yang disate adalah lalat. Bahannya bukan lalat melainkan ayam dan kambing persis seperti sate pada umumnya. Lalu kenapa dinamakan dengan sate lalat? Ini dikarenakan dagingnya dipotong kecil – kecil berbeda dengan sate biasanya hingga menyerupai lalat.

Sate khas Madura ini dilengkapi dengan bumbu kacang yang nikmat dan memiliki ciri khas dagingnya yang lembut karena proses pembakaran yang tak terlalu lama.

Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat
Kerupuk Melarat
Rasanya mengerikan sekali ketika mendengar kata melarat, bagaikan mimpi buruk ketika seseorang dinyatakan melarat. Tapi melarat yang satu ini hampir disukai oleh setiap orang. Kerupuk melarat adalah camilan berbahan dasar tepung tapioca khas kota Cirebon. Disebut melarat karena camilan yang satu ini tidak digoreng dengan minyak melainkan dengan pasir panas yang telah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya.

Karena harga minyak pada saat itu sangat mahal, maka masyarakat menemukan inovasi baru dengan memanfaatkan pasir . warna kerupuk melarat identic mencolok seperti merah, kuning , hijau namun ada pula yang berwarna putih.

Selain Nama Orang,6 Nama Kuliner Indonesia Ini Unik dan Aneh | sirot | 4.5