Yuk Keliling Kota Malang Gratis dengan Bus MACYTO

Kota pelajar malang mempunyai sejarah dan keindahan kota yang menarik.  Perpaduan antara bangunan tua dan modern membuat kota malang tampak indah. Untuk bisa menikmati keindahan kota malang ini. Pemerintah kota Malang memfalitasi warganya dengan membeli bus pariwisata yang digratiskan untuk mengelilingi kota malang.  Bus ini tampak seperti bus yang ada di kota London, desain bus yang bertingkat dua dan memiliki kabin yang terbuka membuat penumpang bisa leluasa menikmati keindahan kota malang. Hal ini menjadikan wisata kota malang sebagai salah satu destinasi wisata indonesia yang layak dikunjungi.
Bus MACYTO
Bus yang bernama MACYTO (Malang City Tour) ini Cuma ada dua. Yang didapat dari bantuan salah satu perusahaan yang ada di kota malang. Diharapkan bus ini dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung ke malang. Serta mengenalkan sejarah kota malang. Di dalam bus MACYTO terdapat pemandu yang menceritakan sejarah dari bangunan bangunan yang sedang dilewati. Bus ini menjadi langkah awal kota malang untuk mengembangkan pariwisatanya.

Saat dilakukan pengujian oleh walikota malang, masih ada beberapa kendala dalam pengoperasian bus ini. Seperti rintang daun yang terlalu pendek. Membuat penumpang yang ada di tingkat dua harus berhati hati, agar tidak mengenainya. Bus berwana hijau ini sudah bisa anda nikmati pada jam 9 pagi saat hari weekend. Bus ini hanya berkapasitas 40 orang. Jadi cepat cepatlah mengantri agar bisa kebagian tempat.
Rute bus MACYTO berawal di balai kota malang. Di depan balai kota terdapat monument yang berbentuk seperti bamboo runcing.  Bamboo runcing merupakan senjata pertama yang digunakan untuk melawan kolonialisme belanda. Senjata ini sangat ampuh untuk mengusir para penjajah.disana juga terdapat teratai yang menggambarkan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sedangkan tangga yang membentuk 4 dan 5 menunjukkan tahun kemerdekaan Indonesia. tugu ini  berada di tengah tengah lingkaran kolam yang menggambarkan Negara Indonesia merupakan Negara maritime yang dikelilingi oleh laut. Didalam kolam tersebut terdapat teratai berwana merah putih yang melambangkan warna bendera Negara Indonesia.

Selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan ke kayutangan. Disana terdapat bangunan tua yang berada di sebrang kantor BCA. pada jaman dulu bangunan ini digunakan untuk show room mobil yang ada di kota malang. Menuju jalan semeru, disana aka nada monument adipura. Dimana kota malang sudah meraihnya sebanyak 5 kali.

Setelah itu. Bus akan melewati stadion gadjayana. Stadion ini pernah menjadi salah stadion terbesar se asia dikala selesai dibangun pada tahun 1925. Memasuki jalan ijen boulevard anda akan melihat monumen yang berbentuk seperti bunga. Monument itu bernama monument seroja yang dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang merelakan nyawanya untuk sebuah kemerdekaan.

Di jalan ijen boulevard juga terdapat museum yang bernama museum brawijaya . museum ini dibangun sejak tahun 1962 oleh brigjen TNI soerachman dan di danai oleh Sdr,Martha, pemilik hotel di tretes pandaan. Arsitek museum brawijaya adalah kapten Czi ir. Soemandi, nama brawijaya diambil berdasarkan keputusan pangdam VIII/Brawijaya pada tanggal 16 april 1968. Sebulan setelahnya tepatnya tanggal 4 mei 1968 musium ini diresmikan.
setelah ke museum brawijaya. Perjalanan dilanjutkan ke gereja ijen dan menuju simpang balapan.

Disana terdapat monument Hamid roesdi. Komandan Hamid Roesdi adalah seorang yang ditakuti lawan, dihormati kawan dan dipatuhi oleh anak buahnya. perjalanan pun selesai sampai disini, bus kemudian berputar arah kembali ke balai kota malang lewat jalur yang sama.

Perlu diingat bahwa bus MACYTO beroperasi pada weekend jam 9-11 pagi saja. Jika ingin naik bus ini di hari biasa anda harus membuat surat permohonan kepada kepala dinas pariwisata kota malang. Yang membutuhkan waktu 2 hari untuk persetujuannya.

Yuk Keliling Kota Malang Gratis dengan Bus MACYTO |Masgala |4.5 |