Pantai Parang Ireng, Jamrudnya Pantai di Banyuwangi

Pantai apa yang akan anda bayangkan jika mendengar Alas Purwo? Pasti pelengkung,pantai yang terkenal dengan ombaknya yang besar dan mendunia.  Akan tetapi alas purwo tidak hanya memiliki pantai pelengkung saja, ada lagi pantai yang tak kalah cantik dengan pelengkung. Yaitu pantai parang ireng. Pantai cantik ini masih belum di pandang oleh masyarakat banyuwangi. Karena, selain letaknya yang berada di alas purwo yang akses jalannya rusak. Pantai parang ireng tidak ada plang penunjuknya. Jadi sebaiknya anda bertanya ke warga dulu sebelum pergi kesana.

Pantai dengan keindahan pasirnya yang putih dan banyak batu karang yang berwarna hijau karena ditumbuhi lumut ini  berada di dekat pantai G-Land,  letaknya sekitar 2-3 kilometer sebelum pantai G-Land. Di pantai ini tidak ada orang yang berjualan dan sepi akan pengunjung. Jadi pantai ini serasa milik anda. Karena tidak ada yang berjualan di pantai parang ireng, sebaiknya anda membawa perbekalan dahulu.

Keindahan pantai ini dibagi menjadi dua bagian, bagian kanan dan kiri. Bagian kanan pantai ini di isi oleh banyak batu karang yang mempunyai tekstur sangat tajam.  jadi anda harus berhati hati hati kalau melewatinya. Keunikan dari batu karang ini adalah warnanya yang berwarna hijau. Ini dikarenakan banyaknya lumut yang tumbuh di batu karang. Hal ini yang membuat pemandangan semakin eksotis.
Sedangkan di bagian kiri parang ireng adalah hamparan pasir putih yang panjang. Warna dari pasir pantainya agak kecoklatan. Ini karena kontur pasirnya yang berupa bulir bulat, seperti merica.  Anda bebas melakukan apa saja disini karena hanya ada kamu di pantai ini,anda bisa berlari menyusuri pantai, foto selfie, berjemur dan bermain air. tidak ada turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung disini.

Untuk menuju ke pantai ireng anda cukup mengikuti arah ke alas purwo. Kondisi jalan dari arah kota banyuwangi ke alas purwo cukup bagus, namun setelah pos pertama yang membayar karcis masuk. Kondisi jalan mulai tidak bagus. Setelah sampai di pos kedua, kondisi jalan semakin buruk dan anda harus menyewa jeep setempat. Meskipun anda kesini memakai mobil jeep, mobil anda tetap tidak boleh masuk karena yang diperbolehkan masuk hanya mobil jeep pemandu. Jika anda tetep ngotot ingin masuk dengan mobil jeep anda. Anda harus membayar tiket yang harganya sama dengan anda menyewa mobil jeep.
ingatlah selalu kata kata berikut
“Do Not Leave Anything but Footprint!!
Do Not Take Anything but Picture!!”

berikut foto foto Parang Ireng Banyuwangi

photos by @marischkaprue

Pantai Parang Ireng, Jamrudnya Pantai di Banyuwangi | Masgala | 4.5