Cara Efektif Mencegah Bau Mulut Disaat Puasa

Bulan puasa adalah bulan dimana umat muslim tidak boleh makan dan minnum di waktu tertentu, selama itu tidak boleh ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh melalui lubang – lubang yang ada didalam tubuh, salah satunya mulut. Karena jarangnya mulut beraktivitas disaat bulan puasa, hal ini mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap dan membuat kurang percaya diri.

Dalam dunia medis, bau mulut juga disebut dengan halitosis yang disebabkan oleh kurangnya perawatan pada gigi dan juga tanda masalah kesahatan lainnya. Bau mulut juga dapat disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat serta jenis makanan yang dikonsumsi.

Disaat berbuka kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis – manis namun hal ini juga dapat memberikan efek negative lainnya seperti menyebabkan nyeri pada gigi dan berkontribusi pada bau mulut. Agar bau mulut tetap segar sepanjang hari meskipun berpuasa dibutuhkan cara untuk menjaga mulut tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Berikut ini 5 cara efektif mencegah bau mulut disaat puasa :

1. Minum Air Putih yang Cukup

Kondisi mulut yang kering bisa menjadi penyebab bau mulut, maka dari itu disaat buka dan sahur dianjurkan untuk minum yang cukup agar cairan ludah (saliva) dimulut tidak kekeringan.

2. Menggosok Gigi Dipagi hari dan Setelah Buka

Penyebab bau mulut yang kedua adalah bakteri dan sisa makanan yang membusuk, oleh karena itu diperlukan perawatan mulut dengan cara menggosok gigi dan berkumur dengan penyegar mulut agar sisa – sisa makanan dan bakteri yang menempel di mulut bisa hilang.

3. Minum Teh Hijau Saat Puasa

kandungan zat polyphenol yang ada didalam teh hijau diketahui dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Oleh karena itu setelah berbuka puasa, anda dapat menggunakan cara ini untuk menghilangkan bau mulut.

4. Mengurangi Makanan Manis

makanan yang banyak mengandung gula dapat menyebabkan nyeri pada gigi sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

5. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

makanan seperti cokelat dapat memicu bau mulut yang tidak sedap, cokelat adalah makanan yang bisa merangsang pengeluaran urin, semakin banyak urin yang keluar maka semakin banyak pula cairan tubuh yang hilang sehingga mulut juga akan kekeringan.

Cara Efektif Mencegah Bau Mulut Disaat Puasa | Masgala | 4.5