Hotel di Pekalongan

Category : Unik
Hotel di Pekalonganby siroton.Hotel di PekalonganBatik Time in Pekalongan Well, Sobat Traveler…. Saatnya Anda untuk mengunjungi Kota Pekalongan! Kota Pekalongan adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Jika Sobat Traveler berangkat dari Kota Semarang, jaraknya hanya sekitar 101 km saja. Kota ini memiliki 4 kecamatan di dalamnya, yaitu Pekalongan Selatan, Pekalongan Barat, Pekalongan Timur dan Pekalongan Utara. Ada […]

Batik Time in Pekalongan

Well, Sobat Traveler…. Saatnya Anda untuk mengunjungi Kota Pekalongan!

Kota Pekalongan adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Jika Sobat Traveler berangkat dari Kota Semarang, jaraknya hanya sekitar 101 km saja. Kota ini memiliki 4 kecamatan di dalamnya, yaitu Pekalongan Selatan, Pekalongan Barat, Pekalongan Timur dan Pekalongan Utara.

Ada banyak ciri khas dari Kota Pekalongan, misalnya saja dari segi adat istiadatnya. Terdapat Syawalan yang merupakan perayaan selama tujuh hari setelah lebaran dengan diikuti oleh pemotongan lopis raksasa yang pernah mendapatan rekor MURI oleh wali kota di sana. Dari segi makanan pun terdapat Megono sebagai makanan khasnya. Makanan ini berbahan dasar irisan nangka yang dilumuri oleh sambal bumbu kelapa dan siap disantap bersamaan dengan ikan bakar.

Yang lebih khasnya lagi adalah dari segi seninya, Sob. Kota Pekalongan dijuluki sebagai Kota Batik. Selain Sobat Traveler mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal yang ada di Pekalongan, di sini bisa belajar mengenal lebih dalam tentang Indonesia yaitu dari Batiknya.

Ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan Batik, Sob, seperti belajar dan melihat proses membatik dari pewarnaan, penjemuran, pemberian motif, dan juga membelinya sebagai souvenir. Yaa, saatnya Batik Time in Pekalongan! Ini bakal jadi pengalaman baru selama Traveler ke kota-kota yang ada di Indonesia.

Salah satu tempatnya adalah Kampung Batik Kauman Pekalongan. Letaknya tepat di pusat kota sehingga tidak akan sulit untuk menemukannya. Kampung Batiknya dekat dengan beberapa spot rekreasi, Sob yaitu Alun-alun Kota Pekalongan dan Masjid Jami Kauman Pekalongan. Jadi, Sobat Traveler bisa berbelanja dan pulangnya bersantai di alun-alun menikmati suasana sore hari di Pekalongan.

Sumber: direktori-wisata.com

Buat Sobat Traveler yang ingin terjun langsung, diharapkan membawa pakaian ganti karena di sana pewarnaan kain batik bisa dilakukan sendiri. Pengrajin batik di sana juga akan menjelaskan asal mula batik dan bagaimana perbedaan batik khas Pekalongan dengan batik dari daerah lainnya.

Kain yang biasa digunakan untuk membatik adalah Kain Sutera, Kain Primisma, dan Kain Katun baik dikelola oleh mesin atau secara manual. Ada beberapa teknik membatik yang harus diketahui, nih Sob, di sana sering memakai teknik cap, printing, tulis maupun kombinasi dari beberapa teknik.

Sampai saat ini, teknik membatik yang paling banyak digunakan adalah teknik tulis dengan media kain primisma. Karena caranya yang masih tradisional ini, maka harga kain pun mahal. Harga disesuaikan dengan tingkat kesulitan dalam membatik maupun jenis kain. Selain kain batik, barang-barang produksinya bervariasi seperti kemeja, sendal batik, Blouse Tas dan lainnya yang bisa Sobat pilih dan membelinya. Masyarakat di sana sangat ramah, Sob. Jadi pastikan Sobat Traveler yang baru datang dan disambut dengan kehangatan yang luar biasa, jangan kaget yah!

Di sekitar Kampung Batik Kauman ini terdapat banyak rumah makan, Sob. Jadi, selain Sobat bisa belajar dan belanja batik, juga bisa memanjakan perut dengan makanan yang lezat. Makanan khasnya seperti Garang Asem, Nasi Megono, Lontong Opor dan masih banyak lainnya.

Untuk Sobat Traveler yang datang dari jauh daerah misalnya dari Jakarta, di Kota Pekalongan terdapat banyak hotel dengan spesifikasi fasilitas yang lengkap nan terjangkau harganya. Salah satunya adalah Namira Syariah Hotel.

Sumber: namirasyariah.com

Sobat Traveler bisa menginap di hotel berbasis syariah bintang tiga yang ada di Pekalongan ini. Letaknya di Jl. Dr. Cipto No. 70, Pekalongan. Sobat traveler bisa pesan hotel ini melalui beberapa situs online yang ada, dan salah satunya yang terpercaya adalah traveloka.

Hotel yang diresmikan dan dibuka pada tanggal 14 Juni 2014 ini memiliki ketinggian hingga 7 lantai. Sobat Traveler bisa memilih jenis kamar dengan jumlah sebanyak 73 ruangan. Terdapat 5 jenis kamar yang bisa Sobat pilih sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan dan harga yang terjangkau.

Untuk urusan beribadah, di sana paling diutamakan, Sob. Namanya juga hotel Syariah, terdapat sajadah dan Al-Quran yang siap sedia. Di sana terdapat restoran yang menarik perhatian Sobat semua yaitu Khazanah Restaurant. Dan terdapat lounge yang sama seperti longe hotel lain yaitu Jumeirah Lounge.

Harga kamar terendah adalah Rp. 370.000. Nikmati istirahat dan manjakan badan di kasur setelah seharian berada di luar dengan tema Batik Time in Pekalongan, Sob!

Related Posts