Tanggal 28 Maret 2015, Banyuwangi Akan Mengadakan 3 Festival Sekaligus

banyuwangi festival

Banyuwangi sedang gencar gencarnya dalam mempromosikan wisatanya, berbagai cara telah di lakukan. Salah satunya mengadakan event – event nasional maupun internasional. Selain untuk menarik minat wisatawan liburan ke banyuwangi. Hal ini juga dilakukan untuk memperkenalkan banyuwangi ke kancah nasional maupun internasional. Dan pada tanggal 28 maret 2015, banyuwangi mengadakan tiga festival sekaligus. Apa saja festivalnya?

1. Festival Sego Tempong

Setelah melehat festival rujak soto, banyuwangi juga akan mengadakan festival makanan khas bumi blambangan lainnya. Yaitu festival sego tempong. Sego tempong merupakan makanan khas banyuwangi yang terkenal dengan pedasnya. Sampai sampai pedasnya bagaikan habis ditampar. Festival ini di adakan untuk membranding sego tempong, selain itu festival ini juga mengajarkan penjual sego tempong cara menyajikannya kepada wisatawan. Diharapkan setelah adanya festival ini, wisatawan yang berkunjung ke banyuwangi selalu mencari sego tempong.

Festival ini dimulai jam 8 pagi dan diselenggarakan di depan hotel blambangan banyuwangi. Sebelum lomba dimulai, akan ada demo dari chef marinka yang akan mendemokan sego tempong. Festival ini akan di bagi menjadi 4 kategori, kategori A untuk pedagang warung dan umum, kategori B untuk restoran dan hotel, kategori C untuk SKPD, perbankan dan koperasi, sedangkan kategori D untuk organisasi wanita.

Para peserta lomba nanti akan mengenakan celemek bertuliskan I Love Banyuwangi dan penutup kepala ala chef.

2. Banyuwangi Art Week

Banyuwangi tidak hanya memfestivalkan budaya dan kulinernya. BAW merupakan festival yang memamerkan produk produk dari banyuwangi, seperti batik, ornament bamboo, kaos, seni lukis dll. Festival ini diadakan untuk menggali potensi produk,kerajinan, dan kesenian yang ada di banyuwangi. Selain itu festival ini diadakan untuk membuka mata masyarakat banyuwangi bahwa banyuwangi memiliki keanekaragaman khas banyuwangi.

festival yang telah di gelar dua kali ini akan dimulai pada jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Dan festival ini akan lebih menarik daripada festival BAW yang kemarin karena aka nada panggung apresiasi seni dan budaya untuk atraksi beragam seni dan budaya selama berlangsungnya pameran. Atraksi ini akan dimulai pada malam hari, akan ada fashion on the street, dimana UMKM seperti batik dan fashion memperagakan model lokal untuk menunjukkan produknya. Selain itu ada show menyanyi untuk penyanyi bertalenta di banyuwangi yang menyanyikan lagu osing,dangdut, dan POP.

3. Festival Buah Lokal

Setelah festival kuliner dan produk banyuwangi, rasanya tidak lengkap jika tidak ada festival buah lokal. Festival yang akan menjajakan beragam buah lokal banyuwangi seperti buah naga, buah durian, melon, semangka dan papaya. Dari sekian banyak buah yang ada. Buah yang lagi booming adalah buah naga. Terkenal dengan kualitas dan produksinya yang bagus, buah naga menjadi primadona di bumi blambangan. Apalagi buah naga tidak ada musim panen yang tentu. Hampir disetiap bulan ada, bahkan setiap minggu ada yang panen.

Festival ini akan diadakan di gesibu belambangan. Disana akan disediakan stand yang menampilkan buah buahan lokal banyuwangi. Masyarakat tinggal memilih buah mana yang disukainya.

Ayoo jangan lewatkan tangal 28 maret 2015 di kota banyuwangi. Bakalan banyak pameran yang bakal bikin kamu puas.

Tanggal 28 Maret 2015, Banyuwangi Akan Mengadakan 3 Festival Sekaligus | Masgala | 4.5