Tips Menghemat BBM Saat Mudik Lebaran

Sebentar lagi lebaran akan tiba, masyarakat Indonesia pun melakukan tradisi tahunan yaitu mudik ke kampung halaman. Disaat mudik, banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi, tiket transportasi umum yang sudah habis serta banyaknya barang yang dibawa menjadi alasan kenapa masyarakat memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini tentunya membuat biaya mudik membengkak karena harus membeli bahan bakar yang cukup mahal. Tips berikut ini dapat anda lakukan untuk menghemat BBM.

1. Perhatikan Cara Mengemudi Anda

cara mengemudi anda mempengaruhi habisnya BBM kendaraan, jika anda berkendara dengan santai (datar) tidak kebut – kebutan maka BBM anda akan awet. Namun jika, anda terlalu sering mengerem dan menarik gas kembali dengan cepat hal ini membuat kendaraan anda boros BBM. Sering membuat suara knalpot nyaring juga dapat membuat boros BBM.

2. Isi dengan BBM yang berkualitas

kualitas BBM yang dipakai juga mempengaruhi boros tidaknya kendaraan anda, jika anda terlalu sering menggunakan BBM berkualitas rendah, premium misalnya maka akan cepat habis. Sebaliknya, jika anda menggunakan petralite atau pertamax yang kualitasnya semakin bagus dan harganya selisih sedikit, BBM anda akan awet atau tidak cepat habis.

3. Buat Mobil Anda Ringan

Banyaknya barang bawaan yang dibawa saat mudik membuat kendaraan anda menahan berat yang berlebihan. Hal ini tentunya membutuhkan tenaga yang ekstra untuk berjalan atau gas lebih ekstra. Jika kendaraan sering di gas terlalu dalam maka kendaraan akan mengonsumsi BBM yang banyak pula.

4. Matikan Fasilitas Kendaraan yang Tidak Perlu

Pemakaian fasilitas seperti AC, TV, Radio, Charger dll juga dapat mengurangi BBM kendaraan. Meskipun disaat mudik anda merasa bosan di jalan apalagi kondisi sedang macet, alangkah baiknya tidak sering memakai fasilitas tersebut karena dapat BBM kendaraan cepat habis.

5. Isi BBM di Pagi Hari

pengisian BBM di pagi hari juga mempengaruhi BBM kendaraan anda, hal ini dikarenakan suhu di pagi hari tidak terlalu panas sehingga BBM yang diisikan tidak banyak yang menguap.

6. Servis Terlebih dahulu Sebelum Mudik

sebelum memulai perjalanan mudik anda sebaiknya cek kesahatan kendaraan anda dengan menservisnya di bengkel langganan anda. Pastikan tidak ada kebocoran tangki dan pipa saluran BBM agar tidak ada BBM yang terbuang percuma.
Tips Menghemat BBM Saat Mudik Lebaran | Masgala | 4.5